Saturday, April 2, 2016

motor 250cc tembus 80 juta? mending beli moge sekalian!


Setelah Ninja 300 yang harganya tembus Rp.80 juta lebih kini ada lagi yang lain. gak lain CBR 250RR yang kemarin-kemarin juga aku bahas disini. kan isunya ada kemungkinan di bandrol deengan kisaran 80 jutaan, ya menurutku kalu beneran mending moge sekalian walaupun bekas sekalipun. kan biasanya moge jarang banget di pakai, se sering-seringnya pasti gak sesering motor 250cc kebawah. urusan jarak tempuh walau bekas moge ya gak terlalu banyak, kemudian biasanya juga body sangat kinclong, maklum motor mahal biasanya di rawat baik-baik. sekalipun terkadang cuma buat mainan oleh orang kaya tetap saja di rawat dengan bener. biarpun moge yang tanpa suspensi USD tetap saja keran. ban standardnya sudah lebar, rem depan sudah double cakram dan 1 yang baling penting kecepatannya tentu jauh dari motor 250cc.

jadi biarpun kita beli motor 250cc dengan harga Rp. 80 jutaan dapat fitur bagaikan supersport & kecepatan mumpuni dikelasnya sekalipun tetap saja itu motor 250cc yang gak lebih cepat dari motor moge. di lihat gagah, apalagi bagaikan supersport, body besar dan ban gambot, suara juga merdu (karena 2 silinder) sudah sama dengan moge. sudah pasti motor kayak gitu banyak yang merasa wah saat melihatnya.  gak ada yang kurang dari motor 250cc ini karena sudah pasti banyak yang suka. beli moge asli masih sangat berat motor 250cc 2 silinder alternatifnya, tapi bila harga menyamai moge walaupun bekas ya rugi. tampilan memang keren seperti motor suspersport tapi tetap saja moge asli lebih keren. secara dimensi hampir sama, tapi coba lihat dari depan sudah terlihat perbedaannya.

apa itu perbedaannya? tentu lihat kaki-kainya. ban bagian depan remnya gak double cakram kalau motor 250cc, kalau moge sudah double cakram (kecuali CB 500 series), kemudian rodanya juga lebih besar dan lebar. satu lagi saat lari tentu juga beda. model keren yang terlihat bak moge beneran sekalipun ya akan malu ketemu moge asli dan di ajak adu betot gak brani. diladeninpun akan kalah telak. jadi kalau harga sama tapi dapat motor yang sama-sama keren tapi satunya kubikasi lebih besar yang tentu tenaga beda jauh dan lebih gagah juga kan kan mending yang lebih besar kubikasinya (moge). masalahnya barang bekas kan gak selalu bagus sehingga kita harus ngerti mesin. 

karena gak jaminan juga jarak tempuh rendah mesin masih bagus. kalau jarak tempuh rendah tapi yang memakai kasar kan mesin sudah gak enak. tinggal kitanya jeli apa gak milih motor bekas, kalau gak bisa ngerti mungkin ngajak orang yang sensitif dengan mesin. jadi ada suara yang beda dari biasanya walau dikit akan ketahuan. itu termasuk resiko beli bekas, tapi kalau moge kemungkinan besar mesin masih oke bila di bandingkan dengan motor bekas biasa hehehe. kesimpulannya meneurut pendapatku beli motor 250cc dengan harga Rp.80 jutaan ya terlalu berlebihan, uang segitu mending yang moge bekas saja walau beberapa part yang di supsesport gak ada di moge entry level. sebagai tambahan dengan harga segitu ingin motor 600-1000cc pun bisa walau tahunnya sudah bisa di bilang lama. 

setua-tuanya moge tetap saja larinya jauh lebih kencang dari motor 250cc. saranku kalau ingin dapat motor supersport dengan harga yang masih bisa dibilang murah untuk ukuran moge ya beli yang supersport 600-1000cc bekas dengan tahun yang sudah bisa di bilang lama tinggal dirombak total bodynya. seumpama CBR1000RR yang ganti dengan model baru. rangka sama, nama juga sama di BPKB/STNK, sehingga bila melakukan perubahan menurutku aman jadinya. gak jauh-jauh ninja 250r karbu saja banyak yang ganti baju ke model 250FI dan gak ada bedanya karena yang bikin body motornya sudah profesional. ninja 250cc saja bisa pasti lebih bisa untuk moge. 

nah itu tipsnya untuk dapat moge supersport tapi harga masih bisa di bilang murah. paling-paling nambah Rp.10 jutaan saja ganti body moge karena partnya sudah asli besar-besar gak perlu ganti lagi, cuma rubah desain saja yang berubah sehingga ongkospun gak setinggi rubah motor 250cc yang dibikin mirip moge. itu lebih baik daripada beli motor 250cc/300cc harga terlalu overprice 80 jutaan. menurut sahabat bikers sejakian gimana? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: