Sunday, April 3, 2016

Beli motor secara kredit harus berani dan tegas agar dapat motor dengan cepat dan murah

Memang lebih enak beli motor secara cash daripada kredit, tapi terkadang finansial tidak memungkinkan secara beli cash, bisapun harus nabung lama membut beberapa orang gak sabar dan memutuskan beli secara leasing/kredit. satu lagi alasan yang membuat orang untuk memilih kredit daripada cash karena keterpksaan. memang sebagian ada yang cuma alsan, tapi sebenarnya ada juga beli secara kredit karena beneran terpaksa. maksudnya beli untuk kebutuhan transport kerja dan sehari-hari dan kendaraan umum gak bisa jangkau lokasi yang di tuju, jadinya keinginan beli motor semakin kuat tapi pada saat belum cukup uang. ya mau gimana lagi jalan terkahir ya secara kredit. dengan jalan kredit motor bisa di pakai kerja untuk menunjang hidup dan memenuhi kebutuhan transportasi lainnya. 

aku cuma memberi saran siapa tau bermanfaat. tapi mungkin ini berlaku pada kredit motor yang sudah terkenal seperti Honda & Yamaha. tentu yang pertama kita harus berani dan jangan sungkan bertanya kepada sales buat refrensi, jangan langsung beli saat bertemu satu sales saja. jadi setelah ketemu harganya berapa biasanya bisa di nego. ya aslinya salesnya pasang harga tinggi jadi kita harus pinter-pinter nego jangan sungkan. seumpama sudah nemu harga murah jangan senang & ambil motor disitu dulu, coba tanya ke tempat lain bagaimana harganya lebih murah atau mahal? saat bertanya di tempat lain juga begitu, negolah paling murah. setelah ketemu harga mentoknya coba bandingkan. kalau sudah baru deh menego ke sales dan bilang menemukan di tempat lain harga yang lebih murah. biasanya sales tersbut beranikasi lebih murah lagi dari yang paling murah.

jadi sebaiknya tanya banyak di dealer untuk mengecek harganya. dan jangan lupa menego cicilan perbulannya. nanti kalau nemu yang paling murah jangan keburu ambil, coba ke tempat yang lebih mahal tadi (di sms/telp) bilang ada yang lebih murah, berani gak kasi harga di bawahnya? nanti biasanya sales kan ngejar target jadi mungkin akan di pertimbangkan. kalau beruntung ya dapat dengan cicilan paling murah selisih banyak dari tawaran awal. kalau gak ya sudah lumayan yang terakhir sudah yang paling murah. kemudian sebelum sepakat jangan lupa lihat banknya. bank mana yang memberi pinjaman, terus pembayarannya bisa di beberapa loket pembayaran listrik, minimart dan lainnya gak? kalau bisa kan lebih praktis.

sebagai pembeli yang jadi rebutan banyak dealer atau sales tentu calon pembeli adalah raja yang bisa memilih, jadi jangan gentar dan malu bertanya secara detail mengeni spesifiksi, harga dan prosesnya cepat atau tidak. terkadang porses kredit lama tergantung banknya jadi tiap bank beda-beda. bila ada yang sehari setelah pesan, survei langungsung selesai jadi enak, bila lolos motor langsung datang motornya, bila tidak kan bisa nyari bank lainnya. tipsku saat tim survei datang jangan takut atau gelisah malah bisa-bisa gak lolos survey dikira gak meyakinkan dan malah di coret. jadi bila survei datang harus tegas dan jangan segan bertanya, lalu baca secara teliti persyaratannya. yang paling penting bilang dengan nada tegas kapan keputusan keluar?

bukannya ngajarin jelek tapi kita kan gak buat salah cuma biar dapat layanan yang memuaskan harus bisa ngacem tim surveynya. sebelum tanda tangan bilang prosesnya harus cepat kalau lama batal dan ambil di bank lainnya. mendengar itu mungkin pihak survei takut kehilangan calon pelangggan jadinya dia akan memberi jawaban secepatnya. tapi ancaman itu jangan cuma buat gertak, kalau lama prosesnya cari saja banyak lainnya yang prosesnya gak ribet dan bisa secepatnya proses aga motor cepat datang. bank yang memberi kredit untuk motor kan banyak dan salespun juga jadinya calon pembeli diperebukan untuk dapat pelanggan maka dari itu kita sebagai calon pembeli menang memilih! ribet dikit tinggal dan cari yang lain yang cepat.

ini berdasarkan kisah nyada dikehidupan sekitarku. ada 2 orang kredit motor dengan merk yang sama, tapi beda bank. beda bank saja prosesnya beda. satunya sehari selesai satunya gak selesai-selesai sampai beberapa hari bikin galau calon pembeli lolos atau gak surveinya. lucunya ada calon pembeli yang memenuhi syarat malah di tolak, menurutku itu ada yang gak beres. mungkin ada kesalahan dari harga yang dibayarkan terlalu murah sehingga bank keberatan karena utnungnya terlalu sedikit, dibuatlah alasan gak lolos survey. atau ada masalahlainnya yang gak bisa aku jelaskan. satu lagi tips, bila sudah dapat harga mentok coba tanya sales mana bank yang paling murah dan tanya juga prosesnya lama atau tidak? mintalah pada sales yang terbaik banknya dan jangan mau di dikte dengan alasan bank ini mahal bank itu mahal karena baisanya cuma trik saja. 

aku tau soalnya banyak teman kredit motor dan bercerita. sehingga pengalaman mereka teserap olehku dan dapat menyimpulkan kalau sales milihkan bank terkadang lihat-lihat situasi. kalau bank A sudar terlalu banyak mungkin di arahkan ke bank B bair seibang dan dapat komisi dari bank bila target tercapai. sebenarnya gak masalah juga kalau harganya sama, tapi kalau beda kan kita yang rugi bila beda tapi lebih mahal. nah itulah beberapa tips dariku bila mau kredit motor semoga dapat bermanfaat. satu lagi tips biar lolos survei hehehe, tapi ini cara kotor dan aku gak anjurin karena dosa ^_^. sudah rahsia umum sih tapi bila belum tapi biar tahu hehehe. apa itu? ya biasalah orang sini, sogok saja tim surveinya, biasanya lewat sales atau langsung tim surveinya dijamin langsung lolos tanpa kendala dan banyak juga yang begitu fisini hehehehe. bila sahabat bikers sekalian ada yang perlu di share mengenai pengalaman membeli motor secara kredit silahkan di bagi pengalamannya tulis di komentar. salam biker salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: