Monday, April 25, 2016

Vario series makin lama makin hilang kepraktisannya.

Mungkin yang gak ganti-ganti motor vario dari seri pertama hingga sekarang gak begitu bisa merasakan, tapi yang gonta-ganti bisa merasakan makin lama kepraktisan dan kemudahan yang ada di vario series makin menghilang. bukannya aku suka gonta ganti motor, tapi karena keadaan jadinya begini. yang pertam kenyamanan dan enjoynya makin lama makin berkurang. entah kenapa saat aku mencoba vario 125 dulu rasanya masih enak yang 110 karbu saat dikendarai, roda berputar motor melajur beneran enjoynya kerasa. sedangkan di vario 125 kurang kerasa dari ergonominya. parahnya lagi versi yang sekarang (125 & 150) malah jauh lebih enak yang dulu dikendarainnya. nyaman sih nyaman tapi saat motor melaju perasaan enjoynya kurang kerasa versi yang sekarang ini. kemuingkinan hal itu juga disebabkan karena batikan roda pada motor yang beda dari yang dulu.

kemudian bila yang suka bawa barang di depan nah ini agak menyempit dari versi yang 110cc karbu. yang 125 generasi pertama sudah mulai menyempit, yang generasi kedua dan 150cc makin menyempit lagi. aku kan biasanya bawa kertas HVS ukuran folio, dulu saat memakai vario 110 karbu aku masukin langsung pas 10rim kertasnya, sedangkan yang versi 125 generasi pertama agak sesak aku masukin kertas yang sama. kemudian yang 150cc makin sesak lagi. waduh sayang sekali ini, fungsi matic yang bisa bawa barang lebih banyak mulai berkurang walau bagasinya tetap luas.

kemduian yang berikutnya pengisian air radiator yang makin ribet. varsi 110cc karbu dan 125cc genersi pertama masih enak ada di pinggir pengisian bahan bakar, sedangkan yang sekarang waduh di sebelah depan atas roda bagian belakang. itupun kalau mau isi harus buka baut dulu! jelas malah gak praktis ini. biasanya tinggal buka bagasi dan buka tutup air radiator dan isi, kini kita harus buka baut untuk isi air radiator & dibawah pula, beneran kurang praktis. seharusnya honda mengembangkan vario series gak sekedar makin bagus saja modelnya, tapi funsional dan kepraktisan jangan sampai terabaikan. aku bisa bilang begini karena sudah punya vario series dari yang 110 karbu sampai 150cc! dan aku rasa-rasakian kepraktisannya makin lama makin berkurang. semoga di generasi vario berikutnya diprbaiki. salam bikers salam persaudaraan, papun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: