Wednesday, April 6, 2016

membeli motor dengan system kontrak

kalau membeli motor secara kredit atau cash pasti sahabat bikers sekalian sudah pernah, nah kalau secara kontrak pernah gak? mungkin ada yang pernah tapi pastinya sangat jarang. gimana sih beli secara kontrak? sebenarnya beli motor secara kontrak itu seperti kredit tapi cuma angsurannya gak belasan atau sampai puluhan cuma beberapa kali. jadi seumpama sahabat bikers mau beli motor secara cash tapi duit cuma ada 50% dari harga motor dan baru akan ada uang tambahan lagi beberapa bulan kedepan tapi sudah pengen motor. nah daripada kredit setahun kelamaan dan bunganya juga lumayan kemudian uang belum cukup buat beli cash sudah pengen motor baru ya beli secara kontrak ini solusinya.

nah seumpama motor dengan harga 20 juta kita cuma punya uang 10 juta saja tapi sudah pengen banget motor baru, tinggal datang ke dealer motor kemudian ke sales bernegosiasi soal pembelian. bilang mau beli secara cash tapi uang gak cukup cuma punya uang 50% dari harga motor dan sisanya akan di angsur 2-3x dalam 2-3 bulan. apa mau sales/dealer melakukan sistem seperti itu? tentu mau kan kita cuma bawa STNK motor saja bila belum lunas semua, jadi BPKB di bawa dealer sampai sudah 100% dilunasi hutang pada dealernya, kalau begitu kan kita gak bisa macem-macem. kalau macem-macem kan dealer pegang BPKB jadi ada jaminan buat dealernya makanya dealer berani melakukan transaksi pembelian secara kontrak ini. bila terjadi sesuatu (seumpama di bayar gak sampai lunas) dealernya gak bingung karena pegang BPKB tadi. 

tapi sayangnya gak semua dealer mau melakukannya, tergantung kebijakan dealernya. jadi kita harus pinter-pinter ngomongnya ke sales agar meyakinkan. tau darimana bro beli motor sistem kontrak begini? iya pengalaman pribadi. ceritanya ya seperti yang aku tulis di atas tadi. punya uang luamyan banyak 40-50% dari harga motor sudah berani ke dealer dan mengajukan pembelian dengan sistem seperti itu. beberapa motor yang sudah aku beli secara kontra lumayan banyak. yang pertama  kalau tidak salah Revo generasi pertama, kemduian Supra X 125 karbu, vario 125. itu semua aku ambil di 1 dealer saja. kalau dealer lain aku coba sepertinya bisa tapi harus meyakinkan salesnya seperti yang aku bilang tadi. CBR 250R punyaku dulu juga begitu mau aku bikin secara kontrak belinya tapi setelah pikir-pikir dan beberapa pertimbangan aku beli secara kredit dengan angsuran 11x. 

nah sudah tau kan bagaimana beli motor secara kontrak? bila mau mencoba silahkan hehehehe. istilah secara kontrak ini sebenarnya dari pihak dealernya sendiri yang kasi nama sistem pembelian ini dengan nama sistem secara kontrak. awalnya sih aku kalau bilang ya setengah cash karena gak beneran cash, tapi bayar 3x saja dan itupun juga gak bisa di bilang kredit karena gak pake bank karena bayarnya cuma 2-3x saja. sistem kontrak ini tentu ada bunganya tapi gak sebanyak secara kredit. mungkin kalau motornya 20 juta bunganya cuma 1 jutaan saja. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: