Wednesday, April 27, 2016

CBR 250RR sangat berpotensi gagal di pasaran (terutama Indonesia)

Dari judul di atas mungkin sahabat bikers bertanya tanya kok bisa sangat berpotensi gagal dipasaran? dirilis saja belum kan. iya sih tapi dari pengamatan seorang pengamat otomotif sepertiku dan teman-teman yang suka ngobrol soal otomotif potensi gagalnya tinggi, apalagi bila honda terlalu remeh dan pede (kejadian pada Yamaha dengn R25nya). memangnya remeh gimana bro? iya motor lokal di bandrol terlalu mahal padahal ini motor gak kena pajak bea cukai dan lainnya seharusnya bisa di tekan walau dengan alasan material bagus sekalipun. lebih jelasnya baca disini deh bila ada yang belum baca ^_^. 

kemudian performanya jangan tanggung, tanggung maksudnya mepet-mepet dengan kompetitor walau lebih tinggi, beda 1-2 hp gak kerasa malah belum tentu menang yang lebih banyak hpnya karena tergantung perawatan dan pengendaranya. percuma saja dong fitur saja kayak moge tapi kecepatan gak lebih cepat dari motor 250cc lain, mubazir deh. mungkin kalau double cakram rem depannya buat bagus-bagusan gak masalah keren di lihat, lah kalau fitur moge tapi speednya biasa saja kan gak bisa di lihat ya percuma!

seperti Ninja 250FI dan R25, walau suspensi biasa tetap laku, yang penting tampilan oke performa gak mengecewakan. terlalu mahal karena fitur tapi gak bisa dilihat mata ya percuma jadinya seperti yang aku bilang di atas. ride by wire & settingan kecepatan tapi powernya biasa saja buat apa? apalagi fitur setting kecepatan sangat mubazir banget. kenapa bisa begitu? ya jelas, aku sendiri memakai motor 250cc powernya ya gitu-gitu saja malah kurang menurutku, gak ada istimewanya. kecepatan kayak gitu kan beneran gak berguna dikasi setitngan power, standardnya saja gampang di dinakin. iya kalau moge powernya besar masih masuk akal pakai gituan.

jadi tambah panas saat baca tmcblog.com dan iwanbanaran.com yang membahas kemungkinan powernya gak lebih dari 39hp. ini motor mahal sudah ber USD suspension, fitur moge tapi powernya biasa saja dan harga mahal. kalau begitu jangan heran bila dipasaran kurang direspon. modal body keren tapi kemahalan ya tetap saja sulit. apalagi Ninja 250 FI sudah saatnya ganti baju dan tentu fitur dan powernya akan nambah. katakanlah harga sama dan fiturnya juga, keren juga gak kalah tapi power lebih mumpuni pasti CBR gak akan dilirik  oleh bikers, apalagi nama Kawasaki di kelas motor sport 250cc sudah besar.

dengan nama besar itu plus fitur, power dan desain lebih unggul tapi harganya sama jelas ini motor akan diburu bikers pecinta motor sport fairing! alasan material harus bagus biar bisa lari kencang tapi awet mesinnya kurang logis menurutku. memang aku ini gak begitu ngerti jeroan motor tapi aku kan berpikir. coba kita pikir bersama bila honda beralasan begitu, apa R25 & Ninja materialnya biasa saja jadinya gak bisa terlalu kencang? jawabannya tidak. coba lihat R25 dan Ninja 250 FI yang di modif, cuma ganti ecu, knalpot dan beberpa part sedikit gak ganti mesin bisa lari begitu kenang malah bisa tembus 200km/h dan gak ada kendala apa-apa tuh apalagi mesin rewel/rusak. 

padahal itu motor biasanya di aja touring jarak jauh atau di pakai harian. mungkin kalau terlalu sering dibetot keras di rpm tinggi ada efeknya tapi kan gak mungkin setiap hari begitu, apalagi kalau touring kan biasanya gak terlalu cepat karena rombongan. jadi kalau powernya beneran mepet R25 atau ninja si CBR 250RR ini akan sangat mengecewakan. gak lebih dari motor 250cc biasa yang di kasi baju baru dan beberapa fitur pemanis saja. ya jangan heran kalau akan ramai sesaat saja kemudian kedepannya biasa saja seprti R25 kalau seperti itu. 

apalagi seperti yang aku tulis di atas dan berkali-kali di artikel yaitu kompetitor siap-siap menggebrak balik dengan motor yang lebih superior (kawasaki/yamaha) setelah CBR 250RR rilis karena sudah tau motor lawan jadi dibikin lebih bagus lagi. masa iya sih honda membiarkan hal itu terjadi? kalau iya kan sama saja bunuh diri sebaiknya mending gak usah bikin motor 250cc saja kalau begitu bikin motor lain yang sudah jelas laku seperti super matic. motor matic tapi juga kencang kan mulai banyak yang suka. 

kalaupun nekat sudah bisa di baca berarti ini motor untuk pasar eropa dan negara maju lainnya sedangkan disini mau beli silahakan, gak beli juga gak apa-apa ini pasar laur negri. mungkin seperti itu gambarannya. coba lihat pada yamaha juga seperti itu. di luar laris manis disini kurang laku ya adem ayem saja kan? sama saja imingi-iming saja honda tapi nanti yang laku motor lain karena yang lainnya akan pada serius. tapi ini berita kalau power mepet kompetitor kan sekedear bocoran, bisa saja cuma mancing reaksi bikers. semoga saja gak, kalau beneran hee gak kepengen jadinya hehehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

1 comment:

Unknown said...

bener banget bro , cbr 250 rr kurang peminat. gw ga beli cbr 250 rr malah beli ninja karena malu sama merek hondanya hehe..sebab honda identik dengan merek2 motor matic dan motor2 yang diporsir tiap hari ...para biker pasti tau lah..