Friday, January 29, 2016

Sebuah produk tanpa kompetitor pasti jalan di tempat tidak ada perkembangan

 Apapun itu sebuah produk kalau gak ada kompetitornya pasti hsilnya produk terebut jalan di tempat tak ada perkembangan yang berarti. barang itu bisa berupa barang elektronik, motor atau mobil dan lainnya. banyak sekali contoh-contohnya. contoh aku ambol dari duni otomotif saja yang aku tau. yang pertama dari roda dua yaitu Suzuki. Suzuki sebelum ada New Sonic ya motor andalannya si Satria F jalan di tempat dari 2004 sampai 2015! coba bayangkan 11 tahun gak ada perubahan, adapun cuma body di rubah dikit dari 2004-2015, cuma kepala di gonta ganti dan ganti tripping itu saja gak lebih padahal sudah 11 tahun ini motor. setelah Sonic Muncul baru deh kebakaran jenggot si Suzuki baru mau upgrade Satria ke Injeksi dengan penambahan power signifikan. 

gak cuma Satria, sebenarnya Thunder 125 juga begitu, walau penjualannya gak begitu banyak tapi masih tetap laku, dan tentu gak ada upgrade si thunder 125 ini dari pertama rilis sampai sekarang. ya akrena gaka da kompetitor terus jalan di tempat seperti itu sampai akhirnya Verza muncul. dengan harga yang yang relatif terjangkau tentu emmbuatthunder 125 tersingkir. sama-sma sport entry level tapi versa modelnya lebih baru, sudh injeksi dan mesin sudah 150cc sedangkan thunder masih karbu, mesin juga cuma 125cc padahal jaman sekarang bebek dan amtic sudah 150cc. kalau saja suzuki lebih inovatif dari awal pasti pasarnya gak akan terusik. seperti rilis motor entry level kayak di India dengan nama Gixxer 150cc model keren dan ban besar walau mesin masih karbu. kalau keren kan konsumen gak bakal ninggslin.

kemudian dari brand terkenal yang menguasai 70% lebih pasar motor di indoesia yaitu honda. dulu mereka juga itu-itu saja sampai yamaha berani inovasi ngeluarin matic dan menjadi sukses, akhirnya honda jadi sukses ngikutin yamaha. klu yamhagak jualan amtic pasti jualan bebek terus honda bisa-bisa. dari segment sport juga begitu, selalu ngandalin Tiger yang gak kunjung di update dan Megapro. model, mesin dan performa gitu-gitu sja bhkan kan terus berlanjut kalau gaka da kompetitornya. berhubung yamaha kemuding menggebrak dunia motor sport 150cc dengan Vixion cerita pun berubah! Mega Pro dan Tiger lama-lama menysut poluliasinya di jalan yang menandakan sudah gak begitu laku setelah bertahun-tahun sukses. 

kini mereka gak mau ketinggalan dan selalu berusaha menampilkan yang terbaik. kompetitor bikin motor menarik dan keren honda gak mau ketinggalan dan ikutan update terus motornya. sampai sekarang pertarungan honda vs yamaha memanas belum jelas kapan usainya. gak cuma dunia roda 2, roda 4 juga ada dan pasti semua orang sudah tau. siapa lagi kalau buka Isuzu panther. dari tahun 2000 sampai sekarang peruahan modelnya hampir gak ada! kijang emmang bisa ngerecokin tapi gaksignfikan akrena kijng punya penggemar sendiri sedangkanpanther juga ada begitu jadi sendiri sendiri tanpa saing. aklau sudah begitu bisa anda lihat sampai 15 tahun gak ada model baru sama sekali! dan saat di wawancarai pentigngi isuzu oleh media katanya belum ada dalam waktu dekat updatenya. 

begitulah kalau mobil/motor dan produk lainnya kalau gaka da pesaing pasti akan selalu jalan di tempat dan yang aku tulis di atas adalah bukti nyata hehehehe. salam ^_^


No comments: