Friday, January 22, 2016

nambah performa motor standar dengan busi racing ternyata efeknya lumayan juga

kali ini hanya sekedar menuangkan ceritaku saat ganti busi motor bebek dengan busi racing. sebenarnya aku gak ada niatan ganti busi racing cuma sekedar ganti oli saja. berhubung aku terlalu repot aku minta saudaraku untuk di gantikan oli, biasanya sih ganti di bengkel. maklum belum bisa ganti oli sendiri jadi minta tolong saudaraku. nah saudaraku bilang apa gak ganti busi sekalian? kan busi motorku sudah lama gak ganti. ya aku iyakan saja memang sudah lama belum ganti busi. sodaraku ini tiap 2000 km ganti busi soalnya.

kemudian dia menyarankan aku sekalian busi racing saja, harga cuma 2x lipat dari harga busi biasa kan masih bisa di bilang murah. ya aku penasaran juga seperti apa peningkatan performanya jadi aku belikan yang racing. dulu saat memakai vario 125 seri lama aku juga ada niatan tapi belum kesampaian. soalnya teman yang gunakan vario 125 di ganti busi racing performanya ningkat. aku beneran penasaran, soalnya saat keadaan standard saja sudah oke apalagi kalau di ganti busi racing.

akhirnya sampai motor terjual belum ganti hehehe gak kesampaian ^^. baru kesampaian saat memakai supra x 125 helm in punya adik ini. nah saat oli sudah di ganti hmm rasanya lebih halus mesinnya ku kasi oli favoritku. kemudian saat aku gas lebih dalam wah kerasa nih performa luamyan nambah, kerasa peningkatannya. tapi motor belum 100% prima soalnya ada yang perlu di perbaiki jadi kurang signifikan peningkatannya. kalau saja saat prima beneran ini jadi sangat kencang motornya.

biasanya saat performa memble karena dulunya kurang di rawat sama adik, ngejar honda beat saja gak bisa malah tertinggal jauh. sekarang saat habis di service dulu lalu ganti oli dan busi racing wuih mantap. beat yang biasanya ngacir sendiri kekejar dan tertinggal jauh. kemudian aku kembali ke bengkel untuk beresin beberapa lampu yang mati dan bersihkan bagian motor biar lebih ringan. setelah itu aku kembali menjajalnya. hasilnya ternyata lebih dahysat lagi ternyata. akselerasi nambah ningkat lagi dari sebelumnya. tarikan kerasa bedanya dari sebelumnya.

jadi motor-motor standar kelas 110-125cc bisa di libas dan bikin tertinggal susah mengejar. hehe bukannya balapan sembarangan, di jalan arteri baru pororng memang trek lurusnya super panjang. dan arteri lama wilayah tangglangin ke porong juga super panjang jadi biasanya di sana motor-motor pada betot motor sampai gas top speed mentok. nah di sana pada gas pool aku ikutan ternyata bisa ngejar dan menyalip setelah ganti busi racing, dulu malah makin keitnggalan. hehehe lumayan deh performanya ganti busi racing. 

padahal ini motor masih belum 100% fit jeroannya ada yang minta di ganti tapi sudah bisa sekencang ini padahal dulu memble akselerasi dan top speednya. tapi saudaraku bilang ini efeknya cuma sampai 2500 km saja, setelah itu harus ganti lagi biar akselerasinya terus kayak gitu, kalau tidak walau businya racing akan balik normal setelah 2500 km tadi. jadi menurutku busi racing memang kerasa perbedaannya tapi jadi sering-sering ganti busi dan oli ^_^. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: