Saturday, February 6, 2016

Honda bisa menjadi yang terdepan kenapa harus menjadi selalu di belakang dalam inovasi? (motor sport)

 Kita tau AHM kini menguasai penjulan motor di Indonesia lebih dari 70% walau pasar motor di sini lesu. tapi urusan inovasi pada motor menurutku Honda masih tertinggal selangkah dari lawannya. mulai dari motor matic sampai sport selalu di belakang kompetitor walau yang akhirnya paling mndulang sukses honda. seperti matic pertama keluar dulu, yamaha dengan Mio yang sebenarnya imagenya buat kaum hawa. mottonya saja " wanita jangan mau ketinggalan " tapi lama kelamaan gak cuma kaum hawa saja, pria juga memakai motor mio ini, gak peduli gak terlihat gagah yang penting kerasa nyaman. seketika mio langsung booming. melihat itu honda gak tinggal diam dan ikutan terjun dengan rilis vario dan beat. lama kelamaan malah menggusur mio kesuksesan matic honda ini.

di segment sport juga begitu, dulu terus menerus mengandalkan sang macan Tiger 200cc dan Megapro dengan spesifikasi seadanya dan merasa gak ada kompetitor yang hebat honda cuma gitu-gitu saja sampai Vixion datang di tambah Byson mulai menurunkan pamor duo sport honda karena terlihat modelnya kurang oke. apalagi spesifikasi motornya juga terkesan gitu-gitu saja. barulah setelah benar-benar kerasa menurunnya penjualan sport andalan mereka, honda mau berbenah dan mulai berusaha bangkit di segment motor sport dengen merilis CB150R generasi pertama. di rasa kurang ampuh sampai akhirnya merilis generasi kedua baru bisa imbang. dari segi mesin mereka bisa di bilang lebih maju karena sudah mengadopsi DOHC walau di jalan gak begitu kerasa perbedaanya.

di segment motor bebek sebenarnya dulu antara honda dan kompetitornya yang kini hanya yamaha saja punya perbedan aliran. yamaha lebih ke performa sedangkan honda kenyamanan, makanya setirnya yamaha agak pendek sedangkan honda agak tinggi. kini melihat penjualan Jupiter MX King tinggi, honda gak tinggal diam dan langsung meramba ke bebek sport. mereka mempersiapkan bebek super yaitu Supra X 150 yang akan menantang MX-King. di kelas ayago juga begitu, Sonic dirilis agar bisa menahan atau merebut pasar Satria F 150. jadi semua segment di serbu tanpa ampun oleh honda. kita bisa lihat semua motornya sudah mengdopsi teknologi & fitur yang bisa di bilang cukup bahkan lebih baik dari kompetitor.

nah di lihat dari kemampuan honda membuat motor yang bisa bersing bahkan bisa lebih hebat dari kompetitor tapi kenapa minta di dahului dulu? kalau dari awal bisa kenapa gak buat saja duluan agar selalu terdepan? memang sih cara seperti sekarang ini main aman dan keuntungan sudah pasti di tangan, tapi imagenya jadi kurang baik karena di anggap selalu meniru kompetior. padahal kompetitornya dulu berani berinovasi dan sukses (seperti ninja 250cc pada kawasaki dan vixion pada yamaha), kenapa honda gak? padahal seharusnya sudah pasti bisa.

contoh honda bisa di depan bila mau kita bisa lihat gambar di atas, yaitu CX-02 motor konsep dari honda di India. desainnya menurutku sangat bagus dan mantap, teknologi juga pastinya bisa di jamin dengan nama besar honda. seumpama kalau bikin CB250R dari mesin CBR250RR kan model itu bisa di pakai sebagai CB250/CBX250 pasti laku model sekeren itu dengan spesifikasi yang mumpuni. jadi CX-01 & CX-02 hasil desain honda bisa sebagus itu, kenapa gak di desain sebagus itu saja motor-motor honda dari dulu sebelum kompetitor bikin desain yang bagus dan bikin motor honda terasa tertinggal? menurutku sudah gak terbantahkan honda bisa bikin desain motor yang gak kalah dengan motor lain tapi jangan selalu di dahului, jadilah yang mendahului! lalu kenapa selalu di belakang bukan di depan dalam inovasi di dunia roda dua tanah air? sahabat bikers sekalian ada yang bisa kasi pendapat? salam bikers salam persaudaran, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: