Sunday, February 28, 2016

beberapa alasan Byson FI tidak sesukses dulu

Dulu saat pertama kali Byson karbu di perkenalkan pemintanya begitu tinggi, bahkan penjualan vixion yang laris terlampaui. karena terlalu laris sampai-sampai indeng mengular dan motor ini sangat jadi rebutan di berbagai daerah. karena itu jangan heran terjadi upping price oleh pihak sales nakal. bahkan teman baikku membeli byson dari jeri payah sendiri smapai rela nambah uang 1 juta agar byson bisa langsung kirim tanpa inden. tapi lucunya kalau kredit biasanya ada stock, kalau cash inden lama.

byson laris manis seperti itu gak mengherankan karena desainnya sangat beda dan baru. di bandingkan vixion dan motor kompetitor yamaha jelas paling keren si byson jadi laris itu wajar. dengan body besar dan ban juga lebar yang bikin byson ini gagah sebenarnya ada efeknya yaitu performanya jadi gak sehebat vixion dan motor kompetitornya. walaupun begitu byson tetap laris karena modelnya yang memang bikin bikers ngiler melihatnya.

kini sudah bertahun-tahun berlalu sang byson ternyata gak seganas dulu yang mendobrak dunia otomotif roda dua sampai inden mengular dan harus kredit belinya. hal itu karena vixion sang saudara byson sudah berbody gambot dan ban juga gak kalah besar. untuk dapat gagah-gagahan Vixion gak kalah apalagi dengan perfoma yang dimaksimalkan yamaha sehingga body tambah besar tapi malah performa optimal. byson sempat dapat ubahan dan dengan pengapian sudah injeksi tapi masih belum bisa kembali seperti dulu. kenapa bisa begitu?

menurutku ada beberapa alasan kenapa bisa begitu :

1. Byson cukup lama modelnya gak ganti, setelah Vixion generasi ke 2 rilis (NVL) yang bodynya bisa di bilang keren dan gagah karena dimesinnya bertambah besar yang menambah keggahannya membuat bikers harus mikir ulang antara ambil byson atau vixion. apalagi vixion saat pertama rilis kan terkesan masih baru sedangkan byson walau terlihat besar dan gagah tapi sudah lama modelnya. jadi gak heran banyak yang beralih ke vixion.

2. peralihan dari karbu ke injeksi juga berdampak sebenarnya. memang dengan pengapian injeksi saat ini lebih efisien tapi bikers yang suka motor gagah seperti byson tapi ingin performa tinggi jadi susah opreknya. kalau susah opreknya ya jelas bikers yang suka byson dengan perform tinggi tadi jadi selera beli karena sudah gak kayak dulu, susah di oprek karena motor karbu lebih gampang di oprek dan lebih gampang di optimalkan performanya dengan berbagai cara memodif mesinnya.

2 hal itu tapi cukup membuat byson kurang disukai oleh bikers. yang pertama tadi biker mulai bosan dengan si byson dan sang saudara sudah bisa bikin bikers lebih tertarik dari byson. kemudian masalah pengapian tadi, banyk sekali bikers byson yang mengoprek motornya agar bisa tambah kencang karena performa standardnya kurang untuk ukuran motor sport bahkan bisa di salip jupoiter MX 135 dan vario 125. dengan pengapian karburator hal itu bisa dengan mudah di utak atik mesinnya oleh bengkel rumahan yang menghasilkan performa yang prima bahakan lebih cepat dari satria F. 

berhubung sudah injeksi ya bengkel rumahan spesialis oprek motor yang selama ini jago dalam oprek motor pengapian karburator kini gak berdaya. akibatnya bila bikers beli byson sudah gak bisa di oprek lagi karena sudah fi jadi kalau ingin performa prima pada motor dimensi besar bermesin 150cc sudah gek memungkinkan, kalaupun bisa kebengkel yang sudah modern dan itupun biayanya gak sedikit sehingga bikers untuk menjatuhkan pilihan pada si byson makin kecil.

ya jangan heran kalau jarang/hampir gak pernah lihat byson fi di jalan dan alasan yang aku tulis sebagian saja mungkin ada alasan lain yang bisa tambah sahabat bikers sekalian di kompter ^_^. aku menulis ini karena terinspirasi saat melihat byson fi secara langsung. saat launching dan lihat di beberapa blog senior aku lihat ya keren tapi biasa saja kelihatannya. kemudin beberapa bulan lalu aku melihat byson fi untuk yang pertama kalinya dan belum lihat lagi sampai saat ini.

saat itu lampu merah dan semua motor berhenti, kemudian lampu hijau menyala semua motor pada maju dan mulai membut jarak. setelah ada jarak aku bisa selap selip sedikit dan meilihat motor yang lain dari yang lain. dari desainnya setelah aku dekati aku makin heran, motor apa ini? kayaknya sih motor yamaha dari desainnya. bagus banget nih (lihat bagian belakang). aku penasaran dan mengejarnya. ya aku yang memakai supra x 125 helm in bisa ngejar soalnya byson fi sedang gak terlalu kencang. 

saat aku lihat lah ini kan byson fi, baru pertama kali aku melihatnya. kesan pertama melihat secara langung ternyata bagus. sebenarnya layak beli ini motor, tapi sayang sepertinya bikers sini sudah terlanjur tidak terlalu minat. apalagi sekarang ada Xabre yang segagah byson malah bisa di bilang lebih gagah karena dimensinya hapir sama, ban lebih lebar dan desain lebih keren lagi membuat byson makin terjepit. akankah nasib motor sport Byson ini akan sama dengan saudaranya si Scorpio, lawannya si megapro, atau amalah di suntik mati seperti tiger? semua itu waktu yang akan menjawab. lam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

gambar dari pesonaroda.wordpress.com

No comments: