Tuesday, March 17, 2015

R25 laris manis tapi kok di banyak dealer masih banyak yang terpampang seakan kurang laku? begini penjelasannya

Banyak bikers yang susah percaya kalau penjualan yamaha R25 sukses di pemberitaan blogger/ media news lainnya yang menyatakan R25 laris manis. salah satunya karena para bikers yang sering melihat - melihat di dealer yamaha ada R25 dan terus menerus tetap saja di pajang seakan gak ada yang beli/gak laku. soalnya mereka berpikir kalau sudah laku pasti unitnya sudah gak ada untuk sementara kosong dan kembali terisi di pajang jika gantinya datang. di sidoarjo juga begitu kalau sudah laku unitnya gak ada, kemudian kalau ada lagi pasti kembali terlihat biasanya dengan warna berbeda.

perlu di inget gak semua dealer yamaha seperti itu. karena tempat aku membeli R25 dulu memang unit contohnya ada tapi kalau beli kita akan di bawa ke gudang dan diperlihatkan unitnya yang akan dikirim ke rumah. jadi untinya yang di depan gak selalu dikirim biasanya hanya contoh saja, kalau beli dikirimkan yang ada di dalam gudang dalam dealernya itu. jadi itu penjelasan menurutku kenapa terlihat itu-itu saja unitnya gak berubah. kalau sampai di diskon sampai 5 juta cash dan 7 juta kalau kredit itu dari stock 2014. nah ini yang aneh juga aku mikirnya gak nyambung. kalau selaris yang diberitakan mencapai 11.527 unti 2 bulan terakhir kok sampai ada stock lama? kan stripnya sama gak ada bedanya tahun 2014-2015 unitnya, kemudian juga sama-sama di dealer selama belum di kirim kerumah konsumen kan barang termasuk baru jadi kalau sampai ada diskon ya aneh saja, kan unitnya juga laku keras. 

tapi kita gak boleh salah sangka dulu bro, mungkin dengan penjualan fantastis itu mereka masih ingin meningkat lagi dengan nambahnya diskon biar tambah laku lagi. untuk alasan overstok ada penjelasannya. yaitu inden mengular. dahulu aku saat ke kawasaki mau beli ninja selalu menginden lama nah yamaha mungkin gak ingin konsumennya menungu lama seperti itu jadi stocknya diperbanyak agar inden mengular tidak terjadi karena lama dikit bisa bikin konsumen berpaling dengan stock merk lain yang ada. yamaha memiliki kekuatan produksi yang besar bahkan sampai di expor keluar negeri R25/R3 nya jadi kekutan produksinya dimanfaatkan daripada terjadi pengindenan mereka mengakali dengan memperbanyak stocknya agar bila konsumen beli setiap saat bisa langsung bawa pulang unit motornya. contoh kayak Vixion saja biarpun penjualan banyak stock di dealer juga tetap banyak nah R25 kurang lebih seperti itu karena kekuatan produksi tadi. biarpun banyak yang terbeli stock di dealer juga banyak untuk menghindari pengindenan. jadi jangan buruk sangka bro ya kita boleh sih berpendapat apa saja tapi ada baiknya kita berbaik sangka saja. salah bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: