Saturday, March 28, 2015

Begal bagi bikers lawan sekaligus kawan

Mungkin agak aneh judulnya tapi itulah kenyataan. begal memang menjadi musuh biker, dan orang-orang bawa motor apalagi motor baru pastinya takut kena begal jika lewat jalan yang sepi. tapi mereka juga kawan bikers karena barang hasil curian mereka di jual ke penadah dan di pretelin kemudian di jual di pasaran sparepartnya dengan harga murah. tentu harga murah bikin bikers yang ingin memodifikasi motornya pasti akan membelinya, tak peduli itu barang curian atau tidak yang penting mereka dapat sparepart yang mereka cari dengan harga miring. jadi jangan salahkan begal saja, karena mereka begitu sebab permintaan pasar sangat tinggi akan sparepart-sparepart motor dengan harga miring. kalau saja gak ada yang minat barang curian otomatis gak laku. kalau susah payah begal gak dapat apa-apa pastinya gak melakukan begal karena susah payah curi motor gak dapat apa-apa.

nah masalahnya bikers sendiri doyan barang curian kadang ada yang beralasan : "kan kita gak tau mencurinya yang penting kitanya beli dan gak mencuri" nah itu contoh-contoh bikers yang doyan barang harga miring yang biasanya sebagian besar barang curian. dunia otomotif roda 2 memang gak ada matinya urusan modif motor. nah karena kebutuhan sparepart tinggi untuk keperluan modif biasanya para bikers membeli sparepart hasil curian itu untuk modif motornya biar murah gak mahal-mahal. kalau pakai sparepart beli di bengkel atau toko pastinya kena biaya lebih banyak jadinya sparepart motor hasil curian tadi laris manis bak jajan gorengan di kala hujan, hangat dan nikmat di santap hehehehe. memang perbuatan begal sangat keji dan terkadang sadi karena gak segan melukai korbannya tapi tentu kita sebagai bikers juga harus sadar, kalau kita masih suka hasil rampokan mereka sama saja kita mendukungnya. memang kalau kita gak kehilangan motor seakan gak perduli bukan motor kita, tapi kalau kita yang mengalaminya barulah sadar. jadi daripada seperti itu mending kita sadar dari awal. sehingga angka pembekalan bisa turun drastis. 

aku sendiri sebagai bikers dan kenal banyak teman memang mereka rata-rata yang memodifikasi motornya entah bodynya atau mesinnya biar kencang rata-rata membeli barang gelap seperti itu dan banyak sekali yang begitu. seperti yang aku bilang berulang ulang tadi mereka-mereka ini tanpa sadar mendukung aksi pembegalan. tapi gak semuanya barang yang di jual di pasar barang bekas terutama sparepart adalah barang curian sih tapi kebanyakan begitu. makanya saat aku baca koran di malang di grebek pasar jaulan sparpart motor banyak. padahal cuma grebek 1 toko tapi pemilik toko/lapak lainnya juga ikut kabur karena takut tertangkap polisi. nah kalau bukan barang curian kenapa lari? so begal adalah lawan sekaligus kawan bagi bikers ada benarnya. jadi jangan biarkan hal itu terjadi bro mari kita berusaha bersama agak begal tidak merejalela dengan berbagai cara. dan semoga para begal-begal ini insaf dan dapat pekerjaan lebih baik. salam bikers salam persaudaraan, apapun kotor dan merknya bikers adalah saudara!

4 comments:

ZN said...

pencurian adalah masalah yg kompleks, saya jadi ingat teori paretto, dengan menyelasai 20% masalah utama, maka 80% masalah akan teratasi, mungkin jika polisi bisa menangkap para penadah dan penjual barang curian, maka pencurian akan berkurang drastis, karena mereka tidak bisa menjual barang curian. mereka akan malas mencuri karena resiko lebih besar dari pada hasilnya. saya yakin para penadah itu masuk dalam 20% masalah utama itu.

Risdiken said...

iya bro. seperti yang di malang, digrebek satu toko yang jualan barang curian, penjual yang lainnya juga kabur, berarti lainnya juga kayaknya. lapak/tokonya di tinggal begitu saja ^_^

ZN said...

Sampeyan tinggalnya di malang ya bro?

Risdiken said...

gak bro, aku tinggal di sidoarjo sebenarnya. maaf bro telat banget balesnya yang ini