Saturday, March 21, 2015

kalau PCX 150 mau dilokalkan kira-kira berapaharganya yang pas?

Pasar matic kini semaking meninggi di dunia motor tanah air, semakin lama semakin banyak varian/pilihan. bayangkan dari 1 brand saja bisa sampai 5 jenis motor matic berbeda. nah bagi orang yang punya duit yang mencari eksklusifitas biasanya pengen yang beda. nah kalau yang lain dari yang lain maticnya tentu pilihannya pada big scooter minimal 150cc. Honda terlebih dahulu merilis eksklusif matic premium yaitu PCX 125. saat itu harganya menyentuh angka 30 jutaan. bagi orang suka eksklusifitas uang segitu gak masalah walau dibelikan motor 125cc. kemudian PCX 125 digantikan dengan PCX 150 dengan harga yang gak seberapa kenaikannya nyaris sama dengan  yang 125. dengan berubahnya kubikasi menjadi 150cc PCX semakin banyak diminti oleh kalangan bikers yang mempunyai uang lebih buat beli matic.

setelah lama berada disini tanpa saingan PCX melenggang bebas. tapi kini N-Max muncul dan memporak-porandakan PCX. dengan fitur lebih wah (ada sistem ABS, rem belakang sudah cakram dan ban juga besar) dengan harga yang lebih murah membuat PCX terlihat kemahalan. selisihnya nyaris 13 jutaan lebih murah dari PCX dan fitur N-Max seabrek begitu banyak dan komplit membuat banyak yang melirik. memang dari ulasan beberapa blogger dari segi bahan materlial memang beda (PCX lebih oke), tapi harga terpaut terlalu jauh sedangkan penampilan gak kalah keren plus fitur lebih bikin penggemar matic besar semakin memburu saingan PCX dalam big scooter ini. 

tapi tentu gak bisa di adu head to head kan PCX itu CBU dan N-Max lokal. tapi orang memang gak mandang gitunya. ya lihat spesifikasi dan harga lebih pas tentu akan lebih dipilih oleh bikers. tapi walaupun PCX sudah ada lawannya tentu masih ada yang lebih milih PCX apalagi aliran desainnya beda. walau lebih mahal kalau suka ya beli. tapi tentu gak bisa terus terusan gini bisa-bisa bernasib kayak CBR250 nih. nah sepertinya honda indonesia (AHM) gak tinggal diam, ada banyak isu di berbagai blogger kalau PCX mau dilokalkan agar harga bisa lebih murah dan tentu bisa menarik potensial buyer lebih banyak dan untuk bisa bersaing lawan N-Max. nah kira kira seandainya isu kalau PCX dilokalkan kira kira berapa harganya yang pantas? mengingat ban tidak segede N-Max, rem belakang masih tromol dan belum ABS.  kalau harganya sedikit lebih mahal dari Vario 150 paling tidak 2-3 juta pasti banyak yang ngiler dan pada pengen beli penyuka motor matic yang premium.

kalau selisih 4 juta dengan vario 150 agak berat untuk PCX melawan N-Max karena harga berdekatan fiturnya masih dibawah N-Max.  jadi harga masuk akalnya mungkin kira-kira selisih 3 jutaan dari vario 150, kalau cuma selisih 2 juta dengan vario 150 bisa-bisa yang mau beli vario ambil PCX saja karena nambah dikit sudah dapat premium matic. walaupun kalau tetap selisih 4 juta bisa karena brand honda begitu kuat. tentu juga potensial buyernya agak kurang karena masalah harga tadi. so kira-kira berapa harga pasnya ya seandainya beneran dilokalkan? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

3 comments:

ZN said...

Kalo dari segi design saya lebih suka PCX , menurut saya NMAX kurang elegan bentuknya , tapi kalo fitur dan harga, jelas NMAX lah... ABS nya itu lho yang bikin kepingin. Pengalaman beberapa kali jatuh gara2 ban depan ngunci.

ZN said...

satu lagi, kayaknya NMAX bagasinya kurang besar , kalo bisa muat 2 helm fullface pasti keren...

Risdiken said...

iya bro, memang gak bisa head to head N-Max sama PCX. kalau sering jatuh gara2 ban depan ngunci make matic aku juga sering bro salah satu kelemahan matic biasa nih.