Thursday, March 5, 2015

persaingan yamaha vs honda kian menarik dan menguntungkan konsumen

sudah biasa kalau yamaha dan honda bersaing demi mendapatkan konsumen lebih banyak gak sedikit pula BC dari keduanya yang saling menyerang bikin geleng kepala dan lucu lihatnya. walaupun itu bukan dari pihak yamaha dan honda secara langsung tapi dari pihak dealer tertentu. berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan konsumen. dari berbagai promo dan diskon sampai membuat produk lebih baik dari kompetitornya dan juga segi harga. 

dari kubu honda tampaknya masih tenang-tenang saja saat ini sedangkan yamaha sudah mulai menjalankan rencanya mereka untuk merebut kembali kepercayaaan konsumen pada produk mereka. hal yang menarik dari yamaha ialah dengan membuat motor dengan kubikasi lebih besar dari kompetitor tapi harga di bawa kompetitornya (Mio M3 125) atau kubikasi sama tapi spesifikasi pada motornya menawarkan yang lebih. seperti lebih banyak lampu led dan ban sudah lebih besar dari sebelumnya (New Soul GT 125), N-Max 150 juga dengan fitur yang banyak dan kaki-kaki motor juga besar bannya spesifikasi diatas kompetitor tapi harga selisih jauh. nah hal ini mungkin bagi konsumen bisa ajdi pertimbangand ari sisi harga. jadi terlihat yamaha bermain harga disini.

sedangkan honda sudah gak diragukan lagi masih merajain penjualan motornya jadi walaupun mereka terlihat biasa saja tapi sebenarnya pruduk emreka walau cc lebih kecil dibandingkan kompetitor (New Beat fi) tapi tentu fiturnya lebih banyak dari kompetitornya seperti teknologi agg starter yang gak pake bunyi dinamo seeprti vario 125-1250 series, idling stop, dan cbr remnya. jadi walaupun terlihat tidaks eimbang tapi sebenarnya seimbang karena tiap merek motor baik honda dan yamaha memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. hal ini menmbuat konsumen diuntungkan karena semakin keras persaingannya mereka semakin giat membat produk yang lebih baiklagi agar bisa bersaing. lalu manakah yang pada akhirnya memimpin penjualan motor di tanah air ini? apakah honda tetap kokoh? atau akan di rebut yamaha kembali? mari kita lihat serunya persaingan  kedua kubu tapi menguntungkan bagi konsumen/bikers yang niat membeli motor karena semakin banyak kelebihan dari motor yang ditawarkan setiap pabrikan demi mendapat banyak konsumen. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: