Saturday, March 28, 2015

Balap ngawur di jalan raya CBR250 standar VS Tiger modif

Sebenarnya ini cerita lama, mungkin kejadiannya sekitar tahun 2012-2013 an. dan aku ingin menceritakan pengalaman saat adu kebut di jalan itu tapi selalu lupa. baru ingat kemarin malam jadi aku tulis sekarang. saat itu di siang hari entah jam berapa aku lupa. aku pulang dari surabaya menggunakan CBR250. saat di surabaya memang macet dan gak bisa lari cepat motornya pean-pelan dan santai. sampai di daerah gedangan ada tiger lewat ya aku biasa saja. sesama pengguna jalan ya gaka da masalahs esama bikers juga. aku gak bakalan tau akan balapan ngawur sama itu tiger di jalan. kemudian ada cbr250 warna biru lewat ya aku biarin saja hehehe 100% gak ada niat balapan saat itu.

aku lihat-lihat cbr biru itu gak terlalu kencang jalannya, santai kayaknya ya sudah aku salip saja. karena situasi jalan agak sepi ya aku agak kencang dan anehnya tiger yang lewat tadi tancap gas ninggalin aku yang mulai menyusul. aku masih santai saja. biarpun dia tancap gas dan lari kencang tetap saja ketemu lagi di lampu merah. awalnya saat aku jauh terlihat santai, begitu dekat lagi dengan aku si tiger kembali tancap gas belok kanan kiri bermanuver dengan cepat. nah timbulah rasa penasaran. dalam hati aku aku bicara: : "ini tiger disalip gak mau kayaknya" nah aku penasaran aku salip gimana reaksinya. sementara cbr250 warna biru plat N di belakangku. saat lampu merah lagi kembali berhenti dan hijau, akupun mulai ada niat balapan ngawur itu. aku gas dengan cepat cbrku dan langsung melesat. saling kejar-kejaran. dan adrenalinku mulai meningkat saat si tiger itu gak trima dan balik ingin menyalip.

saling salip menyalip di jalan raya, ini bukan balap liar karena tidak di lombakan tapi lebih tepatnya balap ngawur hehehehe. aku heran kok kencang banget si tiger ini. Satria F 150 saja dapat kulibas dengan mudah apalagi tiger, tapi kali ini tigernya kencang nih. karena agak ramai dan aku kurang lihat aku agak tertinggal. wah gimana ini tertinggal aku sama si tiger saat aku bicara dalam hati. ya akhirnya ketemu lampu merah berhenti sama-sama. oke aku all out deh aku serius kali ini. tanpa basa basi aku tancap gas dan ternyata si tiger gak bisa ngejar, kalah start dianya. tapi karena aku lengah karena ada yaang mau nyebrang jalan tapi aku dengan kecepatan tinggi aku ngerem. setelah itu si tiger ambil kesempatan untuk menyalip. kemudian akupun tersalip. gila ini motor tigernya dalam hati aku berkata. 

nah disinilah climaxnya. aku tancap gas pol cbrku dan si tiger juga di depanku. aku gas pol susah nyalipnya, padahal itu sudah gear 4 wih tigernya sekencang ini! aku terus gas pol dan si tiger modif itu juga, jadi kayak motor balapan beneran saling beriringan.  saat itu adrenalineku sangat tinggi dan meningkat, padahal aku gak segila ini di jalan tapi kali ini sangat gila. karena di jalan tengah sepertinya sepi gas penuh kedua motor ini gak terhalangi jadi bisa maksimal kecepatannya. nah gear 4 kurang cepat buat unggulin si tiger modif aku masukin gear 5. kecepatan cbrku semakin bertambah kencang sedangkan si tiger kayaknya menang di akselerasi yang imbang, di top speed sudah lumpuh di kecepatan di atas 145km/h. saat itu aku lihat sebentar speedoku tembus 147km/h dan masih naik. dengan gas penuh di gear 5 ternyata aku bisa mengungguli si tiger karena semakin mepet mendekat dan si tiger kayanya sudah mentok. dengan gear 5 gas pol ini kalau aku gas terus bisa menabrak tigernya jadi aku kurangi cuma setengah gas saja.

kenapa kalau bisa menyalip gak aku salip saja? jelas karena di jalan tengah memang masih kosong tapi di pingir banyak motor dan mobil pelan-pelan jadi walaupun motorku lebih cepat tapi gak bisa menyalip ke kanan atau kiri karena banyak kendaraan di pinggir. ya karena si tiger yang posisi di depan sudah mentok top speednya sedangkan aku yang dibelakangnya pas terus naik tapi sengaja aku turunkan speednya agar gak senggolan. tapi karena aku lebih kencang seharusnya bisa nyalip tapi gak bisa karena samping kanan dan kiri  banyak kendaraan sehingga aku menahan gasnya dan aku klakson si tiger agar minggir soalnya sudah terlampaui kecepatannya tapi gak bisa menyalip karena  terhalang di pinggir dan si tiger menjadi penghalang jalan untuk terlus melaju lebih cepat. 

kemudan mendekati tanggulangin jalan mulai sepi aku menyalip samping kiri dan mulai menyalip sedikit dan mualai menyalip sepenuhnya eh ada mobil nyebrang dari arah kanan. dengan kecepatan setinggi itu mengerem mendadak si tiger panik dan langsung rem dan hampir jauh, untungnya tidak sampai jauth dan dia pasti deg-degan jantungnya kayak mau copot. sedangkan aku masih bisa tenang mengantisipasinya karena tentu kecepatan tinggi remnya juga mumpuni jadi seimbang karena sudah di setting dari pabrikannya sesuai keceptan motor. sedangkat tiger tadi kecepatan boleh bertambah tapi kemampuan rem masih tetap gak berubah jadi saat rem mendadak gitu jadi kaget dan rem gak mau di ajak kompromi dan kacau, untung gak sampai menabrak dan dan jatuh si tigernya. ya aku yang bentar lagi nyalip ngalahin si tiger jadi batal. aku gak terima dan kurang puas aku tunggu si tigernya dengan jalan pelan-pelan nunggu dia menyalip lagi baru aku salip lagi kemudian karena di jalan tanggulangin-porong jalannya super panajng dan sepi aku bisa menyalip dengan mudah di sana. tapi sang bikers pengendara tiger modifan itu berkata lain dia kayaknya masih shock hampir nabrak mobil tadi dan gak berani balapan ladenin aku. 

ya sudah aku agak kecewa sih hehehe mau menyalip sang tiger modifan tapi terhalang ada mobil menyebang tadi si tigernya sudah gak berani karena tinggal dikit banget sudah crash dan hampir saja menghantam itu mobil. ya aku lanjutin lagi. gila rasanya adrenalin meningkat, aku yang masih pemula naik motor kopling langung make motor 250cc gak begitu lihai tapi terpacu adrenalin skillku jadi meningkat. sebenarnya kalau aku lihai aku pasti bisa nyalip si tiger lebih cepat dan mudah tapi karena baru 2 bulan megang motor kopling aku masih adaptasi sedikit - sedikit jadi gak benar-benar lihai menguasai motorku saat itu. itulah pengalamanu yang paling mengesankan dan tak terlupakan. ya balapan di jalan memang sangat berbahaya apalagi banyak kendaraan lain. aku sadar betul itu tapi adrenalin dan semangat tinggi membuatku berkata lain. apalagi aku gak benar-benar fokus karena konsen sana-sini agar tidak sampai crash dengan motor/kendaraan saat melaju dengan cepat. sedangkan si tiger kayaknya gak pikir panjang laangung gas saja. nah kesempatanku ada pada jalur kosong tadi. sementara cbr biru jauh tertinggal karena santai jalannya ^_^

aku hanya menulis pengalamanku yang tak terlupakan saja, bagaimanapun balapan ngawur seperti tadi sangat berbahaya dan bisa menimbulkan korban. hal yang gak bisa di contih cuma share cerita saja ^_^ jadi buat bro sekalian jangan balapan di jalan agar safe sampai di rumah. ya kalau adu betot gak masalah lihat situasi dan kondisi bro jangan asal kencang tapi buntut-buntutnya crash. aku dan si rider tiger tadi pastinya senang karena adrenalin berpacu, kalah dan menang biasa, rasa puas bisa terasa sata adrenalin meningkat saat adu pacu tadi gak pedulu menang dan kalahnya. tetap hati-hati di jalan ya bro salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!




4 comments:

ZN said...

pernah ada pengalaman yang kurang lebih sama, tapi yang jadi lawan saya adalah bapak2 yg sudah lmyan tua, pakai motor shogun 110 yang udah geal geol roda belakangnya. saya sendiri pakai supra 125x boncengan sama istri. awalnya bapak2 itu menyalip sambil motong jalan saya dari sebelah kanan pada waktu saya belok kanan setelah lampu merah. pertama saya biarin aja .bapak itu tetap di depan saya dengan kecepatan sedang, mgkin sktr 50-60.

menjelang tikungan ke arah kiri saya menyalip dia karena dia sudah mulai melambat, eeh bapak itu malah menaikan kecepatan dan mau nyalip saya dari sebelah kiri, padahal saya sudah siap2 mau belok kiri. kemudian saya tutup saja celah di sebelah kiri supaya dia tidak bisa nyalip. setelah tikungan saya tetap di depan , tapi kemudian ada lampu merah. setalah lampu merah dia jalan di depan , kemudian saya salip, eh kayaknya dia tidak terima dia buntuti saya dari belakang , karena sudah dekat dengan rumah saya turunkan kecepatan , dia langsung nyalip dengan kecepan tinggi.

setelah sampai dirumah istri saya bilang , itu orang tua koq kelakuannya masih kaya anak muda, masak di salip aja di kira nantang balapan. masih mending sih kalo motornya baru, ini motornya juga udah tua je. hehhh. ada2 aj ya...

Risdiken said...

iya, namanya bikers di jalan sifatnya ada2 saja. ada ayng bikin lucu, ada yang bikin sebel ada yang bikin salut. nah bikin salutnya gini bro. saat itu aku ke surabaya kebetulan bawa barang banyak jadi bawa mobil. kemudian saat itu ramai aku lewat samping kiri, ternyata ada tulisan khusus roda 2 dan MPU tapi aku pikir gak masalah mobil pribadu lewat polisi kelihatan cuek kok. nah itu sebuah jebakan dan aku hampir saja termakan bro.

saat masih merah ada bikers ngetok kaca mobilku, aku kira mau tanya jalan ternyata mengingatkan aku. dia bilang : Mas mau lurus ya? kalau mas lurus terus nanti kena polisi yang di depan jadi lebih baik masnya ini belok kiri setelah hijau lalu cari jalan lain" mendengar itu aku ebrsyukur dan berterimakasi pada bikers itu orangnya baik dan bijak. setelah lampu hijau aku belok kiri langsung dan aman, mobil yang di belakangku lurus dan kena tilang kasian juga.

ZN said...

iya kayaknya masih banyak koq biker yg baik, contoh sederhana , coba jalan pakai motor dengan standar samping tidak di naikan, pasti banyak biker yg akan mengingatkan... :)

Risdiken said...

haha iya bro, aku sering gitu lupa tidak naikin banyak yang ingetin.