Saturday, July 1, 2017

Adu kebut di jalan raya sangat berbahaya tapi lebih seru dari film atau balapan resmi (jangan di lakukan)

Kemarin aku lihat video tentang motor di youtube yang jumlahnya banyak sekali gak terhitung. apalagi sekarang motovlog juga mulai populer. setelah puas lihat banyak video motor aku melihat video CBR250RR VS Ninja 250 fi duel di jalan raya. walau secara spesifikasi si CBR250RR unggul dari Ninja termasuk handlingnya, tapi bukan jaminan CBR250RR menang karena tergantung joki atau ridernya. walau motor lebih oke sekalipun kalau jokinya/rider memble ya di sikat oleh motor lawannya walau motor lawan lebih lambat kecepatannya. jadi rider/joki sangat menentukan di sini. aku melihatnya deg-degan banget. bagaimana tidak, adu kebut di jalan raya yang penuh kendaraan motor atau mobil gak di hiraukan tetap balapan disana. srempet kanan-kiri, ada kosong dikit gas pool!

lihatnya hmm jadi ngeri sendiri karena ini jelas bukan film, tapi kenyataan! salah langkah sedikit nyawa sudah di ambil malaikat hehehehehe. situasi seperti itu jelas lebih seru dari balapan resmi seperti motoGP dan Superbike sekalipun dan film action balapan. karena di balapan resmi seperti Moto GP dan lainnya tadi, jalannya gak ada halangan sama sekali. tinggal gas, pinter-pinteran cara bermanuver dan beloknya, kemudian jalan lurus gas pool beres. apalagi safety gear atau perlengkapan keselamatannya sudah yang paling bagus. jadi ada insiden kecelakaan sekalipun dampaknya sangat terminimalisir signifikan. itupun kalau nyalip juga gak sembarangan ada aturannya.  sedangkan di jalan gak ada namanya aturan.

intinya balapan bagaimanapun caranya bisa menang. gak sekedar di jalan saja, tapi ada pengguna mobil dan motor seliweran memadati jalan, jadi lebih sulit dan menantang daripada di moto GP kan. maut menanti bukan karena sebab kurang perhitungan saja, tapi keberuntungan juga jadi faktor. seumpama sudah benar eh tiba-tiba ada yang motong jalannya kan bisa kecelakaan, karena itu keberuntungan juga menentukan. apalagi safety gearnya seadanya. kalaupun bagus juga gak sebagus di motoGP safety gearnya walau di jalan raya sangat jauh berbahaya. salah langkah/perhitungan sedikit bisa tabrakan sangat fatal dan meninggal di tempat sangat mungkin. karena itu aku sebut lebih seru dari balapan resmi karena lebih jauh menantang dan mematikan alias maut.

begitu juga aku bilang lebih seru dari film karena sedahsyat apapun adegan di film tentu saja itu bohong kan namanya film. sedangkan balapan liar di jalan saat keadaan ramai tadi seru-seru tapi beneran nyawa taruhannya! nyawa di pertaruhkan di pertontonkan benar-benar mendebarkan. jadi karena itu aku sebut lebih seru daripada film dan balapan resmi. memang balapan itu sepintas di lihat sangat merugikan, menang gak dapat apa-apa, tapi resiko jauh lebih tinggi dari balapan asli. lalu kenapa mereka melakukannya? tentu mereka gak mencari tropi, uang & popularitas. yang mereka cari kepuasan/kenikmatan sensai saat melakukan balapannya. apalagi saat menang walau gak dapat apa-apa hati sangat puas sekali.

akhir cerita balapan yang mengerikan ini akhirnya di menangkan CBR250RR dengan mode sport saja. si Ninja sempat memberi perlawanan sengit walau akhirnya kalah. dapat memberikan perlawanan karena gak sekedar lurus, ada banyak motor dan mobil harus pinter-pinter ambil celah. bila gak bisa ngatur ya bisa tertinggal. aku lihatnya deg-degan dan ngeri banget karena ini bukan film tapi nyata dan sangat mudah sekali nyawa tercabut dari raga bila terjadi kesalah sedikitpun. memang asik bisa melakukan atau melihat saja, tapi jangan di lakukan hal smacam ini karena sama saja mencari mati. itu hak mereka begitu, tapi kalau begini terus kan gak baik. selain bisa merugian diri sendiri, orang lain juga kena imbasnya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: