Wednesday, February 15, 2017

Supra X FI kalah kuat saat menanjak dengan Blade 125 FI



Supra X 125 injeksi atau yang helm in pasti sudah sangat familiar. di manapun melangkah sering kelihatan selain motor matic yang makin membludak. jenis Supra series memang lebih familiar dari motor honda lainnya. tapi selain Supra X 125 & helm in, mesin si Supra juga di pakai oleh Blade 125 Fi. kebetulan aku punya si helm in saudaraku punya blade 125, jadi cobak aku bandingkan. joknya ternyata sama, gak lebih nyaman dari si helm in menurutku ini rugi, soalnya blade harga lebih murah tapi kok yang mahal si helm in gak lebih nyaman. cuma ergonomi saja yang mungkin agak beda. mesin sama semua sama cuba beda body kenapa helm in lebih mahal, ya kan? cuma beda bedy saja, dan bagasi lebih luas gak lebih. setelah di pikir-pikir saudaraku menemukan celanya, plastik dan cat lebih tipis katanya dari si helm in. jadi karena itu lebih murah blade. tapi bukan berarti yang murah sudah pasti kalah dengan yang mahal. blade kan bebek racing dari honda jadi setingan beda. gak sekedar di setting di ecu saja, ternyata gearnya juga lebih besar jadi lebih bertenaga. karena itu pula di tanjakan si Blade 125 lebih unggul daripada helm in. 

aku bandingkan saat sendirian naik helm in ke Bromo tanjakan curam yang sering aku sebut di posting. saat aku sendiri dengan berat yang sama dengan saudaraku dan melewati tanjakan tajam yang dari lautan pasir ke jalan balik lewat Pasuruan aku kesulitan banget. agar kuat menanjak sendirian gak berboncengan aku harus putar kanan kiri motor agar kuat, itupun sangat memforsir mesin motor. memang keadaan kurang sehat motornya, tapi urusan tenaga aku kira masih jos sebenarnya. lalau di jalan yang sama saudaraku dengan blade 125 bisa tanpa belok kan sentir kanan dan kiri. ya sama-sama kesulitan tapi gak separah motorku dulu saat lewat situ. setelah aku analisa kembali ternyata gear blade sedikit lebih besar dari supra x helm in. si helm in gear belakangnya 36, si blade 39 kalau gak salah denger kemarin. jadi mungkin karena itu blade lebih kuat menanjak daripada supra x helm in. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: