Tuesday, February 7, 2017

cara sales menghabiskan stock motor lama bila yang baru keluar tidak selalu andalkan diskon



sebenarnya posting ini sudah pernah aku tulis, ini hanya tulis ulang plus ada update cerita yang aku lebur jadi satu. lanjut ke topik ya. Motor baru keluar tapi seri yang lama stok di dealer banyak ya pihak dealer & sales tidak selalu andalin diskon. lalu bagaimana? ya bikers-bikers yang tidak begitu sering browsing di internet apalagi yang di desa plosok yang internet jarang kan susah dapat informasi. nah di sana merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan stok motor. seperti yang aku bahas dulu, masih banyak orang gak tau ada motor keluaran terbaru yang mau di beli. kemudian dia ke dealer datang dan mau beli kemudian di iming-imingi bonus lebih banyak akhirnya beli. 

setelah di beli eh tetangganya ambil motor yang sama tapi versi paling baru dia jadinya kaget dan nyesel (jaman Vario techno 110cc). kemudian CBR150R juga begitu, saat tetangga saudaraku pengen, dia ke dealer untuk beli CBR 150R lokal versi 1. padahal saat itu sudah keluar yang versi terbaru. karena stok masih ada ya gak di kasi tau, setelah beli dan plat nomer belum ada sudah kelihatan motor lain yang lebih keren ya gak lain CBR150R versi 2 lokal. ya dia jadinya nyesel. apa boleh buat sudah terlanjur nasi sudah jadi bubur hehehehehe. setelah aku posting pertama kali tulisan seperti ini ternyata masih ada saja yang kena jebakan sales hehehehehe. 

hal ini membuktikan masih gak sedikit yang belum tau perkembangan dunia otomotif. di bilang gaptek teknologi ya enggak kok, dia malah punya smartphone yang dengan mudah bisa internetan. jadi bikers/konsumen yang seperti ini yang kerap jadi sasaran habisin stok oleh sales. ya kasian juga tapi mau gimana lagi kan gak tau. apalagi kemarin saat lihat R15 V3 keluar dan sudah gembar gembor kemudian aku ada kerjaan ke Surabaya melihat R15 V2 masih numpuk banyak di dealer. wah gimana nih yang baru sudah keluar stok versi lama di dealer masih banyak? jaman Vario 125 dulu juga gitu, model sebelum yang sekarang aku lihat di dealer honda nupuk banyak bahkan 30-35% jumlahnya dari yang baru yang di pajang di dealer. 

jadi memang diskon jadi andalan menghabiskan stok, tapi selain itu ya gak pakai diskon juga bisa seperti yang aku bahas di atas. mungkin kalau yang mau beli punya teman, saudara/tetangga yang update dunia otomotif roda 2 masih enak ada yang ingetin, kalau gak ada ya siap-siap saja jadi beli motor versi lama. semoga saja kedepan gak seperti itu, kasian juga kalau banyak yang seperti itu. namanya sales kan gak mikir macem-macem cuma mikir bagaimana motor bisa laku, ya itu sudah pekerjaannya wajar kalau begitu walau kadang merugikan konsumen. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: