Monday, February 6, 2017

Motor matic buat adventure? bila terlalu empuk akan sering terjadi benturan di bagian bawah



Bagi yang suka Touring/ngetrip pakai matic pasti sudah meraksakan ada plus minusnya. plusnya ya tinggal gas, medan yang susah-susah ya gak masalah masih bisa jalan gak perlu oper gear tinggal gas saja. bebatuan keras, berlumpur, menanjak di sikat semua. minusnya ya kalau saat turun tanjakan harus pintar-pintar mainin rem kalau gak mau rem ceplos dan gak bsia ngerem karena terlalu panas. jalan terlalu licin dan ban gak mendukung bisa bikin mesin matic terlalu over. tapi secara keseluruhan mantap memang, seperti yang aku alami touring bersama matic Vario 125 & 150. nah masalahnya di sini suspensinya. kali ini aku menitik beratkan pada Vario & Beat ya soalnya pernah pakai  ya itu, kalau matic yamaha belum pernah coba buat touring soalnya.

 Nah kelebihan honda beat suspensi agak keras jadi buat jalan makadam/jalan penuh bebatuan motor gak terlalu membentur bagian bawahnya dengan batu-batu besar di jalan. jadi buat adventure jalan gak enak cocok, masalahnya tempat duduknya gak se'empuk Vario 125-150 menurutku, jadi bila buat perjalanan jauh kerasa pegal bokongnya. kalau Vario 125-150 buat jarak jauh sangat nyaman, buat adventure seperti tadi juga gak masalah bisa di lewati cuma akan lebih sering mengalami benturan di bagian bawah body karena terlalu empuk suspensinya (harga beda ya jangan protes bila beat & vario beda hehehehe). ya kan memang di utamakan kenyamanan ya gak heran empuk banget si vario biar lebih enjoy, tapi sebagai gantinya bila libas polisi tidur atau jalan makadam yang batunya lebih tinggi sering membentur motor bagian bawah. lalu aku pilih mana enaknya yang seperi Vario atau Beat?

beat lebih enak di buat jalan makadam atau ekstrim untuk ukuran motor biasa, tapi bila jaraknya jauh ya sama saja kan akan lebih kerasa capek soalnya dalam perjalanan yang jauh sudah kurang nyaman duduknya dibandingkan Vario. sedangkan si vario memang sering membentur bagian bawahnya bila polisi tidur/jalan makadam lebih tinggi batunya tapi ya bisa di akal lebih pelan jalannya, kalaupun cepat dan membentur juga gak masalah, itu yang kena kan standard tengah. jadi jalan di makadam bisa di akalin jalan pelan terus di jalan yang normal bisa lebih enjoy kan lebih baik. tapi bila kurang puas mending diganti yang agak keras suspensi varionya bila suka advanture. ya empuk tempat duduknya tapi suspensi agak keras seperti beat, buat melibas jalan makadam/jalan gak enak ya lebih baik. bukannya beat kurang oke ya walau aku bandingkan, apalagi segi harga beda. 

bila ada yang bilang gak seimbang di bandingin ya benar, tapi gak sepenuhnya bener. walau jelas beda dari harganya saja sudah beda, tapi beat punya keunggulan makanya walau ada banyak beda tapi tetap aku compare/bandingkan bila urusan lewat jalan yang bsia di bilang gak cocok untuk motor biasa. jadi beat secara keseluruhan ya okelah. harga lebih ringan, motor bandel, bertenaga irit pula. masalah tempat duduk ya bisa di akal kasi saja jaring jok biar lebih empuk, selebihnya mantap juga buat toruing/ngetrip (jajal di Blitar ke umbul waru yang ke 2x). tempat duduk sepeti itu ya biasa sih sama saja bila di banding Supra x helm in & Blade 125, jadi bukan pilihan salah milih beat. jadi keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan bila di bandingkan saat melakukan perjalanan.

oke, kembali ke judul ya. saranku buat yang touring pakai matic, coba dulu di polisi tidur di kampung-kampung. pilih yang paling tinggi coba lewati jangan terlalu pelan, membentur apa gak bagian bawahnya motor maticnya? kalau iya di bikin sedikit keras lagi biar pas buat jalan makadam, kalau sudah gak membentur berarti pas bisa bepetulang di jalan-jalan yang lumayan memantang untuk di lewati motor biasa. contoh di Malang kan banyak wisata yang pemandangannya asik nan indah tapi harus menuju ke sana dengan motor dengan jalan yang bisa di bilang ekstrim untuk motor biasa. nah setinggan suspensi yang aku bilang bila lewat jalan yang aku maksud tadi menurutku pas. nambah plus lagi ya rodanya di ganti roda kayak motor trail pasti lebih lengket di tanah. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: