Friday, January 6, 2017

Vario 150 mengejar Suzuki Shogun jadul

kemarin pulang dari Surabaya aku isi bbm di daerah Tanggulangin - Sidoarjo. setelah isi pertamax setengah tangki ternyata jadi enteng kembali tarikan Vario 150 ini. saat berangkat waduh lemot rasanya, di gas gak seperti keinginan karena serasa ada jeda dan akselerasi kurang jos. nah setelah isi pertamax tadi seakan diruku kembali bersemangat tarik gas lebih dalam soalnya makin enteng rasanya. setelah lewati rel kereta tanggulangin aku tancap gas dan terlihat sebuah motor jadul. awalnya aku kira supra lama tahun 90-an. ya paling larinya 80km/h mentok. akupun gas makin dalam dan motorpun makin kencang soalnya lagi sepi banget gak kayak biasanya rame. gas penuh aku lakukan dan gak kerasa motor mencapai 80km/h tapi anehnya kok gak tambah dekat motor jadul di depan? biasanya kan lari 80km/h sudah mulai dekat kan akselerasinya biasanya lebih lambat motor lama, lari 80km/h mentok, 100km/h pun pasti sangat lama. nah si vario ini lagi kencang-kencangnya kok gak sampai-sampai ya ngejarnya. 

gas makin dalam 90km/h sudah terlampaui motor jadul itu kok tetap jaraknya, kencang amat ini motor ya? dari sini aku sudah yakin pasti ada yang gak beres pada motor jadulnya alias sudah modifan hehehehehe. aku penasaran gas terus sampai lewat 100km/h. tuh kan masih tetap jaraknya. coba deh aku lari 110km/h dan semakin mendekat dikit banget tapi masih agak jauh. semakin dekat semakin kelihatan itu bukan supra series. ternyata itu motor Suzuki jadul dan aku browsing setelah itu ternyata Shogun generasi pertama dengan body Tornado GS. gila motor jadul bisa sekencang itu, padahal terlihat biasa saja hehehehehe. makin dekat persimpangan dia melambat dan terlihat jelas memang motor suzuki. awalnya aku kira 2 stroke kok panajng banget top speednya, setelah lihat kenalpotnya 4 stroke ternyata. padahal buat adu akselerasi beberapa motor sport 150cc bisa aku salip dengan vario 150 ini, bahkan gak jarang malah susah ngejar sportnya bila sudah lurus panjang. tapi ngejar Shogun 110 tahun 90-an susah, berarti memang bukan motor standard. 

motor modifan itu gak kelihtan, sekilas kayak motor biasa saja, tapi setelah di trek lurus panjang dan yang punya motor ngeladenin baru tau itu bukan motor biasa. buat ngece motor yang sok kencang lumayan juga hehehehehehe. seperti Tiger yang aku lawan dengan CBR250R generasi 1, powernya nyaris sama, beda tipis. bahkan cuma kalah di gear 5-6 saja Tigernya, itupun kecepatan sudah nyentuh di atas 140km/h. terus Byson  punya temanku juga akselerasi mantap bisa nyalip Ninja 250 tapi menang akselerasi, topspeed masih kalah katanya. walaupun begitu, byson bisa lawan ninja dari segi akselerasi kan hebat. standardnya saja di gebukin sama matic seperti vario 125 / adik-adiknya Byson seperti Jupiter Z apalagi lawan MX-135 ya lewat deh Bysonnya. jadi motor biasa jangan di anggap remeh nih, siapa tau modifan hehehehehehe. aku cerita begini karena sangat terkesan bisa melihat langsung motor jadul di modif bisa kencang seperti itu, salut buat yang modif. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

3 comments:

Rodagila said...

Bro boleh ente adu Vario ente Ama Shogun kebo ane full standar mesin koklok ane.
Kalau ente masih bilang itu modif ente gak tau sejarah berarti.

Risdiken said...

jujur saja bro saya gak ngerti motor lama soalnya. maklum baru seneng motor lulus SMA, itupun jaman Shogun 125 karbu mulai ganti yang injeksi. karena topspeednya tinggi aku kira modifan gak tau kalau aslinya memang hebat hehehehehe. berarti itu yang aku kejar kemarin-kemarin standard ya? hebat kalau begitu. oke trims infonya ya.

Unknown said...

Shogun kebo mah standar aja tembus 130,cdi nya biasa di aplikasikan untuk balap