Wednesday, January 18, 2017

Anak di bawah umur di kasi Motor 250cc sama saja di kasi pistol!



ya ikutan membahas kasus kecelakaan yang ternyata rider motor 250ccnya adalah anak SMP. sebenarnya anak di kasi motor belum saatnya sama saja kasi anak antar nyawa sendiri, tapi banyak orang tua malah bangga. aku pernah ingat tetangga punya teman yang punya motor bebek 135cc gak lain Jupiter MX 135 generasi pertama. itu motor sudah gak normal, di oprek biar lebih kencang. memang yang punya joki balap, dan anaknya pun ternyata bisa naik motor padahal masih anak-anak malahan naik motor saja gak bisa kurang tinggi. cara naiknya ya pas motor di depan pintu samping rumah, kebetulan kan rumahnya tinggi jadi anak naik motornya dari situ lalu turun ke motor. itu saja sudah berani ngebut. gimana gak gila itu, belum cukup tinggi sudah berani naik motor, mungkin untuk berhenti bisa, tapi naiknya harus manjat dulu. 

kemudian sama kasus kayak kemarin yang melibatkan motor 250cc. di Mojokerto seorang pelajar sekolah bawa ninja kayaknya gak bisa ngendalikan motornya sehingga oleng menyenggol pengguna jalan lain dan yang di senggol motornya jatuh dan tertabrak truk. sedangkan rider ninjanya yang masih 16 tahun aman karena jatuhnya gak di poisisi yang membahayakan. kemudian berita yang masih hangat Ninja putih nabrak sampai ada yang meninggal. berita-berita macam begini ya pasti banyak, cuma sebagian saja yang terekspos di internet dan ramai. sudah kasi anak jalan untuk antar nyawa, sama juga bikin orang lain juga ikutan setor nyawa. jadi gak aneh aku bilang bila oang tua kasi motor 250cc atau 150cc 2 stroke ke anak di bawah umur sama saja kasi pistol ke mereka yang bisa meletus di jalan dan menimbulkan korban. 

bawa motor biasa sih walau banyak yang bilang gak boleh anak-anak ya bagiku boleh saja bila benar-benar terpaksa (badan sudah besar bisa nikin motor dan hampir 17 tahun), soalnya tidak semua anak-anak ngawur naik motor. malah ada yang tertib, tau haluan dan lebih baik dari orang dewasa sekalipun. tergantung individunya seperti yang pernah aku balas dulu. itu akan berbeda bila motornya 250cc. kan itu motor berat, sekali ada kesalahan bisa fatal dan orang lainpun bisa ikutan kena imbasnya. punya duit bisa belikan anak motor bagus seperti motor 250cc? jangan dulu deh, tunggu bila sudah waktunya baru gak masalah. punya pendapat lain sahabat bikes sekalian? silahkan di bagi juga di komentar. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: