Monday, January 9, 2017

Makin lama harga motor baru makin tinggi, motor bekas akan lebih laku dari biasanya?

hehehe bagi bikers yang mau beli motor sekarang pasti ada yang agak pusing mikirn bandrol motor yang makin mahal setelah kenaikan biaya pengurusan BPKB & STNK yang melambung tinggi. sebelum melambung saja sudah mahal, apalagi pajaknya makin melambung, pastinya akan makin tinggi lagi. memang sekarang masyarakat sudah bisa di bilang lebih sejahtera daripada dulu semenjak UMR buruh di tinggikan. bila suami-istri sama-sama kerja dengan UMR minimal Rp. 3 jutaan kan sudah jadi Rp. 6 jutaan 1 keluarga, segitu bisa kredit mobil. apalagi motor ya bisa lah hehehehe. ya tergantung juga sih bagaimana mengatur keuangannya. itu yang UMR segitu ya bisa di bilang harus bersyukur mungkin gak kekurangan bila bisa menata keuangan. yang penghasilan di bawah UMR (gak buruh saja, pekerjaan lainnya juga ada) itu yang akan kerasa banget dampak kenaikan harga motor.

makin melambungnya harga motor baru bila yang nekat sih bisa ambil motor secara kredit  gak perduli bulanannya kebayar atau gak, tapi bila yang seirus gak main-main ingin punya motor buat kerja dan keperluan sehari-hari akan mikir juga karena harga motor baru tinggi otomatis angsuran kredit juga akan makin tinggi. kalau sudah begitu alternatifnya ya cuma beli motor bekas. apalagi bila motor baru naik tinggi bekas tentu akan makin tinggi nilainya. contoh saja Vario 125cc generasi pertama. belinya dulu sekitar Rp.16,5 jutaan kini harganya tembus Rp.18,6 jutaan. memang sih baru, tapi kan bedanya cuma penambahan lampu led saja ya rugi naiknya banyak. itu belum kena pajak kenaikan STNK & BPKB ya. sedangkan yang seken sekarang Rp.10-12 jutaan ada, bayangkan kita beli baru sama seken bisa selisih 8-6 jutaan.

katakanlah harus ganti ini itu paling gak sampai 1,5 jutaan sudah sehat motornya dan bisa ganti led kalau perlu sekalian. dengan kondisi sama-sama prima tapi lebih hemat ya kemungkinan akan banyak yang memilih motor bekasnya. bekasnya lebih murah otomatis bila kredit kan juga turun hargannya, ini akan menjadi solusi tempat bagi yang duit pas-pasan mau beli motor tanpa peduli harus beli baru atau gak yang penting bisa buat kerja dan kebutuhan sehari-hari. masalah utamanya bila motor bekas akan lebih banyak yang terjual dari biasanya ya yang kena tipu bisa juga banyak, kan sekarang banyak motor sudah rusak parah di modif dikit biar kelihatan bagus dan halus mesinnya saat di bawa pulang beberapa hari sudah kerasa gak enaknya. jadi bila beli motor bekas mending lebih hati-hati dan enaknya ngajak yang ngerti mesin.

kita lihat saja apa beneran lebih laku atau biasa saja motor bekas ini setelah kenaikan harga motor makin tinggi plus kena tambahan kenaikan biaya pajak STNK & BPKB ini. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: