Monday, January 30, 2017

Kisah nyaris di tipu mekanik nakal, bukti jarangnya mekanik jujur

gambar ngambil acak di google



dulu aku pernah bahas tentang ini, tapi kini aku akan kembali membahasnya sebagai tambahan. kali ini lebih ke cerita dari diriku sendiri dan orang-orang terdekatku. oke di mulai dari motor dulu ya soalnya ini juga terjadi pada mobil gak motor saja. saudaraku yang rumahnya gak jauh dari rumahku, mungkin sekitar 500m dari rumah. dia memiliki 1 motor yaitu Supra Fit edisi terkahir sebelum di ganti Revo 100cc. nah motornya kan sudah tua dan sudah kerasa gak enak, dia perkirakan ada beberapa part yang perlu di ganti. kemudian dia berinisiatif ingin ke bengkel resmi mengganti partnya di sana sekalian karena gak begitu ngerti tentang motor. apa itu yang di ganti aku lupa, intinya setelah di bengkelnya dan di analisa katanya kena biaya Rp.800.000 termasuk ongkos psangnya. 

 ya saudaraku jadi keder kemudian membatalkan service dan ganti saprepart di bengkel itu. akhirnya setelah konsultasi pada suadra-saudara yang lain ternyata ada toko sparpart asli honda di Sidoarjo, saudaraku yang lain menyuruh si F sebut saja demikian untuk beli sparepart. setelah beli di situ ternyata sparepartnya murah gak sampai 300 ribuan kalau gak salah saat itu, dan ternyata ketemu mekanik yang mau ngemplang Rp.800 ribu tadi, dia malu ketahuan mau nipu jadi diem saja setelah ketemu. akhirnya setelah beli di toko saprepart honda langsung di bawa ke bengkel emperan yang terpercaya dan ahli,. sampai akhirnya motor kembali normal cuma biaya RP.300.000-an. kalau di bengkel resmi bilangnya Rp.800.000 kan gak masuk akal banget.

Kemudian saat motor CBR250R punyaku mogok tiba-tiba di rumah juga begitu, aku mendatangi bengkel yang sama dan menjelaskan kalau CBR250R punyaku mogok tiba-tiba gak mau jalan koplingnya, di masukan gigi 1 malah motor mau melompat dan mati, kayak ada yang gak beres dengan koplingnya. ya aku tanya ke mekanik dan bilang mau service di rumah saja karena motornya gak bisa di bawa gara-gara berat dan gak punya mobil buat angkut. lalu tanpa cek dulu sang mekanik bilang kalau kena kampas koplingnya dll, lah jarang pakai masa kena kampas koplingnya sih? agak gak masuk akal. ya aku bingung, saat itu duit lagi nipis juga. kemudian saudaraku si Mr. P yang anjurin si F tadi dan malah kena murah motor normal bilang padaku untuk bawa ke bengkel resmi di Surabaya.

karena katanya di Surabaya ada yang ahli, siapa tau gak semahal yang di bilang mekanik di Sidoarjo tadi. oke kalau begitu aku turutin dan kebetulan paman ternyata punya mobil box, ya aku angkut CBR250R dengan motor box ke Surabaya. sampainya di sana langsung sang mekanik ahli spesialis CBR mengecek, dan gak pakai lama oli di kuras di utek-utek dikit di kembalikan olinya kemduian di nyalain dan di coba normal kembali, dan gak kena biaya service sama sekali 100% gratis-tis. ya aku girang gak kena banyak, cuma bensinin motor si paman Rp.100 ribu, buat pulang dari Surabaya pakai motor dan kasi tanda terimakasih (duit gak seberapa ke mekanik) sudah masalah beres gak sampai keluar di atas Rp.500 ribuan lebih. untung nurut, gak nurut tadi kena Rp.500 ribuan belum termasuk ongkos pasang.

kini beralih ke mobil. kejadian ini masih fresh masih bisa di hitung hari. mobilku kan sudah berumur 3 tahun semenjak beli dulu, otomatis sparepartnya ya sudah ada yang kalah. kerusakan awalnya sudah mulai kerasa karena kipas AC dan radiator yang jadi satu (mobil ertiga) mulai bunyi berisik. lama-kelamaan gak ada masalah eh tiba-tiba AC gak dingin kalau keadaan berhenti. ya aku suru pak Supir untuk ngecek, dia bilang akan di cek besoknya dan sekarang di pakai dulu keluar sama ortu untuk ke Surabaya. nah untungnya si pak supir ini teliti, dia merasa memang ada yang aneh, AC gak dingin dan tempratur mobil sudah melewati ambang batas normal, jadinya kepaksa motor gak boleh di teruskan. 

ya karena keadaan malam gak bisa di cek gak kelihatan, terpaksa menginap di Surabaya rumah seseorang mobilnya. untung Bapak punya kenalan di sana jadi mobil di titipkan di sana. kebetulan di sana ada mekanik spesialis mobil di sana. dia sangat ramah banget dan baik hati. kemudian dia cek kerusakannya apa, setelah di cek dia bilang kipas radiator dan AC yang jadi satu rusak, ya biasanya sih 2 tahun harus ganti, lah ini sudah 3 tahun jadi wajar sudah saatnya ganti. karena bengkel tempatnya bekerja tutup dia sanggup ngerjakan mobilnya besok pagi. dan biayanya 600 ribu untuk saprepart gak ori Suzuki belum termasuk ongkos pasangnya, dan Rp.1 jutaan untuk yang ori belum termasuk ongos pasangnya. 

wah banyak juga nih biayanya. kemudian ortu kontak adik yang sekarang di Surabaya karena kuliah dan minta panggilkan taksi online. setelah di panggilkan dan perjalanan pulang, ortu dan supir bercerita ke sopir taksi online dan ternyata sparepart itu gak mahal, orinya gak sampai Rp.300 ribuan dan yang gak ori cuma Rp.150 ribuan saja. ortu shock dan suruh pak supir kembali besok pagi-pagi sekali biar belum sampai di tangani lalu di tangani sendiri biar gak kemahalan. ya aku di telp pagi-pagi suru ke rumah lama dan bersiap berangkat minjem mobil si paman yang minjemin mobil box tadi, sekarang minjem MPVnya hehehehe. 

pagi-pagi sekali aku berangkat dan menjelaskan kalau di tangani supir sendiri saja, kemarin gak ngerti karena gelap gak kelihatan jadi gak bisa betulin kemarin malam. ya merasa akan batal gak dapat duit hasil nakal mau nipu keluargaku dia mulai bersikap gak enak. kemarin ramah banget sekarang jadi agak gimana gitu. ya sebel rahasianya akan terbongkar dan gak akan dapat duit banyak dari hasil ngelabui keluargaku. sampai pinjam peralatan bengkel saja gak mau di bilang gak ada, kata pak supir kalau mekanik gak mungkin gak bawa alat mekanik di rumah, biasanya selalu bawa bila ada keadaan darurat seperti ini. ya sudah di cek dan pergi ke toko saprepart mobil, dan bener sparepartnya gak sampai Rp.300 ribuan. 

di pasang sendiri sama supir eh sudah bisa normal kembali. ya hemat jadinya, cuma modal bensinin mobil si paman dan bayarin si supir dan sparepart gak sampai Rp.600.000 sudah normal dan saprepart ori Suzuki (siapa bilang sparepart suzuki mahal? wkwkwkwkwkwk). akhirnya pulang bawa 2 mobil dengan perasaan lega. dari kisah panajng di atas membuktikan jarangnya mekanik jujur di sini. gak perduli resmi atau bengkel biasa sama-sama mau nipu konsumen. jadi bila service motor atau mobil ya paling tidak harus lebih waspada. sebelum ke bengkel pastikan dulu ke tetangga/orang yang kita kenal bengkel yang mau kita tuju ini enak apa gak? suka nipu apa gak? 

bila gak ada info mending ke yang lain yang teman/saudara kita tau tempatnya aman gak ada mekanik nakalnya. ya memang susah, apalagi bila gak ada yang tau mana yang enak, kita sendiri harus sigap, bila ada yang aneh segera selidiki. apa benar bila ganti saprepart semahal ini atau gak, ya kita tanya-tanya dulu kan juga gak apa-apa sekalipun bayar ongkos ceknya kan murah. mari lebih berhati-hati dalam memilih bengkel ya sahabat bikers & pembaca sekalian. salam ^_^.

No comments: