Wednesday, November 16, 2016

Testride singkat N-Max, suspensi kerasnya hilang?

Akhirnya kesampaian juga tesride N-Max hehehehe. dulu penasaran katanya gini gitu dan bla bla bla ya jadinya aku juga pengen tau rasanya. mau pinjem siapa yang mau minjemin? temanku gak ada yang punya N-Max sih. nah kebetulan tadi mobil di bawah ortu dan di cucikan biar gak lama nunggu di tinggal pulang dan pinjem motornya yang nyuci. pas enak-enak kerja di suruh ambil mobil. ya okelah, kalau begitu. biasanya sih bawa Vario 150, cuma katanya varionya di pakai jadi N-Max gantinya. wah aku antusias nih. gak pikir panjang aku ke lokasi cuci mobil di jalur yang berbeda buat penuhi rasa penasaran gimana sih rasanya suspensi keras N-Max ini?

jad aku gak ke jalan raya, melainkan jalan desa yang banyak polisi tidurnya. memang sih polisi tidurnya gak terlalu ekstrim tapi ya tentu aku bisa rasain tingkatanya soalnya tiap hari hajar polisi tidur hehehehehe. oke sekeras kayak gimana kok rame banget di media dulu? aku sangat penasaran. dan setelah menghajar polisi tidur lah mananya yang keras? kok gak keras gini. menurutku malah lebih empuk ini daripada Supra X Helm in yang biasanya aku pakai. aku lihat lah ini masih standard gini suspensinya. wah nyaman kok ini ternyata. gak sekeras yang aku bayangin.

oke, berarti urusan kenyamanan sudah cukup ternyata N-Max ini. apa yang keluaran baru memang lebih empuk seperti yang di bahas di kobayogas.com? entahlah, pokonya aku coba jadi kaget ternyata gak keras sama sekali menurutku. kemudian mesinnya sih ya lumayan, khas yamaha yang bila di kendarai rasanya kasar suara mesinnya. vario series juga tapi di vario di naiki saat jalan enjoy rasanya. basa jawanya ngelenyer, jadi cuma bunyi saja ada yang berisik di dengar tapi mesin saat jalan dirasakan halus. kalau N-Max kerasa bunyi kasar juga ada vibrasi/getarannya sepet khas beberapa motor yamaha yang pernah aku coba (mio karbu punya ortu dan teman-teman).

jadi memang masih nyaman vario 150 menurutku, tapi ya walaupun begitu masih enak di tumpangi. pernah naik beat, mio & matic lain yang entry level? ya seperti itu tetap nyaman kok walau akan ada sedikit vibrasi yang gak terlalu mengganggu. nah sama seperti itu tapi dengan posisi duduk yang oke dan berasa besar rasanya. jadi untuk kenyamanan pada N-Max ini sudah sip gak ada masalah walau masih bisa di bilang lebih nyaman si vario. mau beli N-Max takut gak nyaman? jangan kuatir masih enak kok di kendarai. jadi suspensi keras itu sudah gak ada kayaknya, sudah oke.

lalu urusan tenaga. aku kan testnya di jalan pedesaan gak mungkin ngebut, ya aku pilih lewat jalan raya setelah uji suspensinya. ya karena lagi padat gak bisa lah ngetes full speed sampai lari di atas 100km/h. tapi untuk stop and go tenaganya masih kalah sama si vario 150. vario memang lebih berasa di putaran bawah sangat joss, tapi kalau di putaran atas & terk lurus ya pasti akan di libas N-Max ini kan ada teknologi VVAnya. jadi berasanya di putarang atas VVAnya mungkin, soalnya dari kecepatan 30km ke 50/60km/h rasanya masih lebih cepat vario sedikit. 

kalau kecepatan di atas itu ya lain cerita, N-Max pasti lebih ngacir. soalnya saat hendak naik lagi kerasa power mulai ngisi tapi gak aku teruskan jalan kan padat. ya ini yang aku rasakan, bila sahabat bikers menemukan perbedaan dari yang aku tulis wajar kan namanya motor walaupun jenisnya sama pasti akan ada perbedaan di top speed dan tenaganya seperti banyak media yang bilang dan sudah di buktikan juga oleh saudaraku. jadi secara keseluruhan aku rasakan masih nyaman dan tenaga juga gak mengecewakan, malahan joss. jadi beli N-Max sudah gak perlu takut kurang nyaman lagi, sudah nyaman kok menurutku. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

4 comments:

ZN said...

nanti R25 nya di tuker sama XMAX aja, klo udah di launching...

ZN said...

XMAX keren..

Risdiken said...
This comment has been removed by the author.
Risdiken said...

R25 motor kesayangan bro kalau bisa gak aku jual. X-Max aku kurang suka bro, lebih suka yang 150cc kayak Aerox 150/N-Max, jadi kalau ada rejeki lagi mungkin ambil salah satunya atau yang merknya lain bila sudah kelur big matic dari merk lain hehehehehe. apalagi kalau motor premium aku lebih suka sport daripada matic bro