Thursday, June 30, 2016

Motor yamaha generasi berikutnya akan lebih mengguncang atau akan tetap sama seperti sekarang ini?


 Yamaha subuah brand motor yang sangat kuat nuansa sportnya. nama besar terbentuk atas kesukessan Vixion  yang mengankat penjualan terbanyak disusul Byson. tapi semua itu dulu, sekarang beda cerita. nah kesuksesan vixion sebenarnya karena modelnya yang oke dan dimensi body besar untuk ukuran motor 150cc. ngomong-ngomong model apakah motor generasi berikutnya dari yamaha akan biasa saja seperti sekarang atau malah manggebrak? kita tunggu saja ya sama-sama. kenapa aku bilang biasa saja seperti gak ada yang istimewa pada desain yamaha yang sekarang padahal banyak yang bilang sudah cukup keren?

ya bagiku kenyataannya memang gitu, coba lihat dari MX-King, memang desain sudah oke tapi bandingkan dengan versi 135cc desainnya pasti semua bilang masih bagus yang 135. kalau saja modelnya sebagus yang 135 pasti tambah laris manis ini motor. kemudian R15 juga begitu, coba kalau dari awal disini modelnya dibikin seperti R125 pasti sampai sekarang CBR akan susah ngejar penjualannya walau versi terbaru keluar sekalipun. tapi itu bila modelnya seperti R125 atau sekelas itu kerennya, nyatanya malah medel yang sekarang yang di pandang kurang bagus, gak heran CBR 150R lokal generasi pertama dengan cepat mengungguli R15 penjualannya.

kemudian R25, memang menurutku sudah bagus, tapi kalau di sandingkan dengan Ninja FI modelnya masih gak segagah Ninja FI. kalau Ninja FI dilihat dari sudut manapun bagus, kalau R25 dari beberapa sudut kurang bagus jadi ini kelemahan utamanya sehingga bikers kurang suka. apalagi material bahan bodynya masih kalah sama ninja. parahnya lagi sein standard R25 itu memakai sein Old Vixion membuatnya terlihat kurang ganteng. sudah gak seganteng Ninja FI malah ditambahain sein old vixion tambah parah deh. aku saja copot sein R25ku ganti sein lain jadi biar gak kelihatan jelek. nah faktor di atas membuat R25 susah menysul Ninja penjualannya, jadi banyak yang harus di benahi oleh yamaha pada R25.

untuk vixion advance memang sudah bagus, kalau melihat yang vixion lighting yang lighting jadi kelihatan kuno kalau di sandingan dengan yang advance, tapi bedanya kan cuma lampu depan ganti dan bagian belakangnya saja, sudah seharusnya di ganti model baru, cuma itu kekurangannya. kemudian Byson FI, dari desain menurutku sudah cukup bagus sih tapi bikers kurang suka karena rem belakangnya masih tromol, jadi terkesan gak all out pada byson yamaha yang menjadikannya susah laku di pasaran gak selaris Vixion. faktor lain byson kurang suskses karena byson sudah gak karbu lagi, sebab bikers lebih suka yang karbu daripada fi karena lebih gampang dan murah opreknya.

yang terkahir Xabre, ini motor memang laris juga tapi masih ada kekurangannya bagiku. apa itu? pertama pengambilan namanya, kalau saja MT-15 namanya pasti bakal lebih kuat imagenya kalau sudah begitu penjualanpun akan makin bertambah. kedua lampu depannya, memang sih sebagian bilang sudah bagus, tapi bagiku jelek banget. jadi desain sekeren Xabre sekarang ini terlihat kurang pas gara-gara lampu depannya begitu, kalau saja sekeren lampu depan kawasaki seperti Z250 pasti akan jadi motor 150cc paling sempuran dari segi desainnya.

nah dari bahasanku di atas terlihat yamaha kurang memaksimalkan desain motornya yang sekarang, makanya jangan heran penjualannya gak sebagus sebelumnya. hal ini bisa dijadikan yamaha pelajaran berharga agar lebih maksimal dan gak setengah-setengah dalam mendesain produk motor sport karena bikers pengguna motor sport 150cc ingin yang all out. padahal yamaha bisa bikin motor sekeren Vixion yang keren, gagah dan tangguh! tapi kenapa seperti R15, R25, MX-King dan lainnya yang seharusnya gak kalah bagus jadi terlihat biasa saja? 

ini yang harus dibenahi. memang teknologi SOHC imagenya masih kalah tapi yang di cari modelnya bukan mesinnya oleh bikers sini, toh SOHC juga sudah cukup kencang untuk motor di indonesia. buktinya saat CB 150R generasi pertama keluar malah Vixion lebih lakju karena modelnya lebih bagus. padahal yamaha sendiri yang bikin image motor sport itu harus bagus desainnya, di saat bikers sini mulai menerima seperti yang yamaha terapkan malah desainnya dibikin biasa, ini bisa saja merusak image diri sendiri dan dimanfaatkan oleh kompetior dengan makin all out, semua ilmu dari yamaha untuk menarik bikers diguankan jadi gak heran honda bisa balik keadaan. 

jadi harus dibenahi total menurutku agar bisa kembali menggebrak di dunia motor sport Indonesia. ayo yamaha buktikan kamu gak kalah dengan honda, jangan malah tenggelam dimakan gelombang ombak dari kompetitor. dulu kamu kuat sekarang bikin lebih kuat lagi! buat para fansbosy ya jangan di bakar-bakarin yamaha vs honda biarlah pasar yang berbicara agar kedua pabrikan bisa fokus pada motornya masing-masing agar persaingan lebih sehat dan menguntungkan bikers dengan produk makin bagus dari kedua pihak. salam bikes salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: