Friday, June 24, 2016

Vario 150 lebih cocok minum Pertamax Plus daripada Pertamax?

Kemarin saat ambil motor adik di kuliahnya karena sudah gak di pakai aku mengambilnya bersama saudaraku pemilik MX-King. nah kebetulan saat itu bahan bakarnya habis si vario 150 jadinya isi ke pom. karena pertamax ramai dan pertamax plus sepi akupun iseng nyoba pertamax plus karena harga selisih dikit tapi performa lebih maksimal. ya isi deh itu motor Rp. 25 ribu saja, setelah itu tancap gas. walau beratku dikisaran 75kg kurang lebih dan saudaraku juga segitu, tapi tarikan lebih enteng dari sebelumnya. aku sih mikirnya wajar kan lebih tinggi oktannya jadi performanya oke.

tapi saat perjalanan pulang aku lihat terus bahan bakarnya kok gak berkurang pada speedonya. aneh sekali, biasanya memakai pertamax 92 aku isi Rp.20 ribu cepet berkurang metran bbmnya, kalau pertamax plus kok gak habis-habis padahal kecepatan hampir sama. aku buat harian dekat-dekat aja boros memakai pertamax 92 eh memakai pertamax plus kok lebih awet. saat sampai rumahpun meterannya gak berkurang sedikitpun, aku beneran kaget banget. biasanya paling minimal berkurang 2 digit meteran bahan bakarnya bila surabaya-porong pp dengan pertamax 92, eh sekarang sama sekali gak berkurang saat memakai pertamax plus meteran bahan bakar di speedonya. 

apa bener begitu? sepertinya iya soalnya beneran gak habis-habis aku rasain sendiri sampe kaget banget dan gak percaya padahal kenyataanya seperti itu. tapi kan ini cuma sekali, aku coba pembuktian lagi bila ada kesempatan.  aku gak habis pikir, padahal pertamax kok masih boros, aku kira mesinnya ada yang gak beres gara-gara salah inreyen dulu, tapi ini di kasi minum pertamax plus seharusnya konsumsi bahan bakarnya kurang lebih sama ini malah lebih irit tapi lebih bertenaga. padahal biasanya di MX-King saudaraku dan R25ku pakai pertamax plus dan pertamax 92 gak ngefek masalah iritnya sama saja kayaknya cuma beda performa saja dikit.

jadi saranku bila sahabat bikers memakai vario 150 dan gak pernah isi premium cuma pertamax saja mending aku saranin pertamax plus saja sekalian lebih mahal dikit tapi mesin lebih irit dan bertenaga. tapi itu bila di dekat sahabat bikers ada yang jualan pertamax plus di pomnya, soalnya gak semua pom jual pertamax plus. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

2 comments:

Selamet Hariadi said...

Nice info Gan, gimana kalau dengan pertalite?

Risdiken said...

Wah kalau pertalite ya jelas lebih irit pertamax bro dan tenaga terasa ngedrop bila biasa pakai pertamax terus turun ke pertalite