Monday, June 13, 2016

motor matic buat touring memang asik, tapi perhatikan roda & remnya

Seperti di judul, motor matic memang asik buat toruing, tinggal gas motor sudah lari kencang gak perlu oper gear. but tanjakan juga ya gas saja deh tetap kuat naik kok, malah terkadang lebih bertenaga. dinaiki lebih nyaman, tarikan enteng gak perlu oper gigi dan bagasi besar, bawa barang gak perlu assesoris tambahan. pokoknya naik motor matic memang asik pool. walaupun begitu jangan terlena karena harus memperhatikan beberapa part pada motor dan safety gear biar aman karena potensi bila ada crash terluka sangat tinggi. aku nulis ini karena baru touring pertamaku kemarin setelah lama libur jatuh karena terpleset, jadi deh dapat inspirasi nulis. 

yang pertama kalau touring di pegunungan/jalan yang menanjak harus perhatikan remnya. hal itu perlu karena bukan saat nanjaknya yang bahaya, tapi saat turun. matic kan kalau turun gak ada penahannya seperti motor sport dan bebek. jadi pas turun langsung mluncur dan kita jadinya ngandalin rem. bahayanya kalau rem cakram terlalu sering di rem terus-menerus sata turun ya bisa masuk angin/ceplos (rem jadi gak mau ngerem karena terlalu panas). untuk rem yang masih standar sih bisa lebih tahan lama, tapi kalau mau habis aduh bahaya, aku sendiri pernah dlosor gara-gara rem ceplos saat menanjak. jadi jangan sepelehkn amsalah rem ini ^_^

makanya sebelum toruing di jalan menanjak harus perhatikan rem yang paling utama bila membawa motor matic. dan cara pengereman harus hati-hati dan jangan terlalu memforsir remnya, jadi terlalu ngerem terus gak bagus bisa ceplos tadi. caranya cukup rem normal tapi kalau sudah agak lama berhenti sejenak walau jalannya masih panjang untuk mendinginkan rem, kalau sudah lumayan istirhatnya lanjut lagi, kalau begitu kan sudah aman kalau dingin kembali, buat rem bisa berfungsi normal.

kedua perhatikan rodanya. soalnya kalau roda mulai tipis biasanya licin, di tanjakan kena pasir, lumpur dan air bisa terpleset. walau baru sekalipun kalau jenis ukirannya mirip motor sport itu juga kurang bagus. jadi sebelum toruing ban perlu di perhatikan, kalau sudah saatnya ganti, ya di ganti buat keamanan berkendara, kalau masih bagus tapi jenis bannya seperti motor sport saat melaju dijalan berlumpur, pasir dan basah harus hati-hati juga karena muda terpleset. 

kedua hal yang aku tulis di atas aku saranin beneran di perhatikan sahabat bikers bila biasanya jarang cek kondisi motor agar tetap aman saat touring di jalan-jalan yang extreme, kalau asal lewat tanpa memperhatikan kondisi kotor resiko terpleset/jatuh sangat tinggi. satu lagi safty gearnya juga jangan lupa. memang yang di pakai motor matic, tapi jangan salah namanya motor potensi untuk jatuh/terpleset selalu ada, apalagi matic harus extra lagi sahabat bikers sekalian. tetap safety di jalan ya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: