Monday, June 6, 2016

Pengalaman mengganti macam-macam ban, ternyata tiap ukuran dan jenis ban begitu terasa bedanya

Kali ini aku akan bercerita pengalaman ganti ban. sebenarnya tidak ban motorku saja tapi punya saudaraku juga. aku tertarik menulisnya karena dari pengalamanku memang ada perbedaan yang benar-benar kerasa beda tiap ban dan ukurannya. ada juga hal yang bikin bingung dan aneh & kesal saat penggantiannya jadi makin ingin menulisnya ^_^.

1. yang pertama Supra X Helm In 125 punya si adik. dari awal aku memakainya rasanya seperti gak mood memakai motor ini. memang tarikan awal lumayan untuk ukuran motor bebek, jarak menengah apalagi sampai sampai atas tarikannya makin lemot. saat aku cek speednya cuma mentok 90km/h. kalaupun bertambah lama banget dan hampir gak mungkin nyentuh 100km/h. aku benern kecewa, kenapa supra kok selemot ini di putaran atas? dulu Supra X 125 karbu gigi 3 saja bisa nyetuh 100km/h walau yang akhirnya jadi lemot gigi 4nya. itu masih gak masalah kan motor 125cc wajarnya memang bisa nyentuh top speed 100km/h minimal dan bisa sampai 110km/h bila beruntung. nah itu si helm in kok drop banget top speednya?

sampai beberapa tahun aku mengira memang dari motornya kurang oke karena motor 125cc kok lari 100km/h susah banget, padahal Revo 100cc punyaku dulu saja bisa lari 100km/h. setelah bannya sudah tipis waktunya ganti ban aku menggunakan ban ukuran standardnya. setelah ganti ban aku kaget, lho kok enteng gini? wah bannya yang enak. aku berpikir begitu awalnya. setelah aku bawa pulang ternyata ban ukurannya beda! ban Supra X 125 Helm In ternyata saat aku pakai dulu sudah gak standard karena di ganti adik aku baru inget saat sudah ganti ban. dan di ganti itu dengan ukuran ban lebih lebar. padahal lebih dikit lebarnya tapi kerasa pada motor. 

saat ban agak lebar nyentuh 95km/h saja sudah beruntung, sedangkan dengan ban ukuran aslinya meraih 100km/h bisa di capai dengan gak begitu sulit, malah bisa terus nambah top speednya. jadi ganti ban ternyata beneran ngefek ke top speed. akselerasi nambah dikit dan juga top speed setelah bannya tadi di normalkan ukurannya. berarti selama ini aku salah tentang si supra x 125 helm in ini, walau dimensi bodynya besar tapi ternyata bisa lari lumyan kencang, apalagi di ganti dengan busi racing. 

2. kedua mengganti ban standard vario 125 dengan ban tubeless. ban tubeless untuk vario 125 generasi pertama tentu gak ada, jadi bila ingin ban tubeless harus ganti sendiri. nah antara ban tubeless dan ban biasa saat dikendarai ada yang beda. sebenarnya bukan dari jenis ban tubeless.bukan, tapi ukiran pada ban itu sendiri yang beda rasanya bila sudah nyentuh aspal. yang standard belum tubeless aku pakai rasanya enjoy banget, kita bisa merasakan sensasinya ketika ban berputar di aspal. 

setelah habis ganti ban tubeless yang kebetulan gak ada ukiran ban yang mirip rasanya beda. saat berputar di aspal lho kok kerasa kurang enjoy di ganti ban? tarikan lebih enak tapi rasa enjoynya hilang? ya ternyata itu tadi ganti jenis ukiran ban membuat sensasi berkendaraanya juga berubah. tiap ukiran akan tentu beda rasanya bila di jalan, aku baru ngerti akhirnya setelah ganti ban.

3. Ganti ban standard jadi lebih besar juga harus gk boleh sembarangan, salah pasang/pilih ukuran sedikit saja bisa gak tambah besar malah tambah kecil. lho kok bisa? ya itu juga bikin bingung aku dan saudaraku, malahan saudaraku terlanjur beli jadinya gak tambah besar malah tambah kecil kelihatannya yang hasilnya bikin saudaraku kecewa. bisa di bayangkan, terlanjur beli eh malah kelihtan tambah kecil pasti kan down rasanya. itu dilakukan pada motor blade 125 FI miliknya. ban belakang standardnya 80/90/17 biar lebar ukurnnya pilih yang 100 tapi 100 yang keseluruhannya 100/80/17. ya kata yang jual sih oke-oke saja tambah besar tambah keren, tapi setelah di pasang malah jadi kelihatan kecil padahal ukuran bannya lebih lebar 2 digit.
gak cuma pengaruh pada tampilan ukuran saja, handlingnya juga akan pengaruh bila ban di ganti lebih besar. biasanya paling kerasa ban bagian depan bila di ganti agak besar dari standardnya handling jadi gak bisa selincah ketika ban masih normal. apalagi dibesarin terlalu besar, memang ridingnya lebih enak tapi handling jadi lebih susah ditekuk dalam manuver. jadi harus benar-benar hati-hati dan dipikir dulu kalau mau ganti ban, salah pilih jadi terlalu kecil, benar milihnya tapi terlalu over juga jadi lebih berat motor nariknya. kalau ban belakang bedanya mungkin performa saja yang agak menurun bila di besarin sepeti yang aku tulis, tapi itu tadi juga jangan sembarangan ganti ukuran ban. 

CBR 250R generasi pertama saudaraku diganti jadi ukuran 150 handling tambah enak dan manuver juga makin enak sayang performa bisa menurun karena bannya agak lebar jadi berat seperti kasus Supra X helm In punya adik yang di atas. untuk Jupiter MX-King kalau dibesarin max memang 130/70/17 masih pas dan kelihatan besar, bahkan hampir sama dengan ban 140. kalau lebih besar lagi masih bisa sih velg dan armnya, cuma itu tadi bila di pasang akan kelihatan sama saja ukurannya dengan yang 130 bila velgnya tetap yang standard. jadi bila ingin yang lebih besar dari 130 bannya harus ganti velg. nah anehnya sepertinya velg MX-King lebih besar dari velg motor sport 150cc lainnya, mkanya biarpun bannya 120 kelihatan seperti 130 dan itu juga akan aku bahas nanti bila sudah cukup bahan untuk di bahas. segini dulu yang bisa aku tilis sahabat bikers sekalian. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

2 comments:

Abah said...

Kalau Supra X berarti mending pake ukuran standard ya?

Anonymous said...

ku ganti juga ban bebek dari 90 ke 100 di supra 100. Sayangnya mentok di besi yang seperti pegangan rem. Tapi aku tetap seneng karena lari lurusnya lebih terasa stabil.