Friday, June 3, 2016

Tips inreyen vario 125/150cc

sudah lebih 2000 km si vario menemaniku melakukan perjalanan kemana-mana tapi urusan kerja bukan touring hehehehe. maklum belum bisa ninggalin si kecil ^_^. mungkin bulan puasa menjadi titik awal perjalananku kembali. tapi sekarang tidak sedang membahas touring, melainkan membahas inreyern vario 150cc. ya mungkin bisa dibuat untuk 125cc jadi aku tulis 125/150cc. ya sebenarnya baca buku petunjuk sudah cukup tapi aku sedikit mengkoreksi apa yang ada di buku petujuk. nah di buku panduan aku baca motor vario 150 gak boleh di geber terlalu kencang dan kecepatan terlalu tinggi sebelum lewat 1000 km. nah buat sahabat bikers biar motor gak ada banyak masalah lebih baik nurut buku. tapi menurutku lebih baik lagi setelah lewat 2000 km baru bisa geberdengan kencang dan kecepatan tinggi biar maksmal motornya di inreyen. 

 selain bisa bikin maksimal mungkin sedikit berkurang dari gangguan motor terkena trobel bila inreyen dengan benar. trobelnya bisa macem-macem, dari timbul bunyi aneh/berisik pada motor dan bisa juga motor cepet panas mesinnya kalau belum 2000 km di geber kencang. aku sendiri ngalamin makanya share. aku kira sudah di atas 1000 km sudah bisa aku ajak ngebut, eh ternyata nyala lampu merah di motor yang menandakan suhu mesin motor terlalu panas dan harus berhenti. akupun berhenti sejenak biar adem mesin baru lanjutkan lagi. jadi saat suhu tinggi dengan tanda lampu menyala merah di dindikator segera menepi dan langsung matikan mesin. baru setelah beberapa saat kemudian di nyalakan lagi baru normal. tapi ingat jangan di buat ngebut kembali dulu karena belum benar-benar dingin.

memang ini motor ada radiatornya, tapi walaupun pendingin cairan tetap saja panas pada motor terlalu tinggi jadi harus berhenti daripa ada kerusakan. bukannya gak fungsi radiatornya, cuman karena masa inreyen masih sempit dalamnya, jadi cepet panas mesin kalau masih sempit di geber terlalu kencang. setelah lewat 2000 km jarak tempuhnya aku coba geber sampai lari 110km/h lebih aman-aman saja gak nyala lagi indikator suhu panasnya. memang akselerasi Vario 150/125 kencang, tapi ingat kalau sering gas terlalu kencang sering-seringlah cek air radiatornya, karena aku kasi penuh air radiatornya sudah berkurang setengahnya dengan jarak tempuh 1500 km. mungkin bagi yang gak begitu suka gas penuh/berkecepatan tinggi dengan vario ini ya gak perlu terlalu sering cek karena dulu aku buat santai awet, lama habisnya. itulah sedikit tips saat masa inreyen Vario 150/125 agar lebih baik lagi motornya. semoga manfaat ^_^ salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

3 comments:

Unknown said...

Makasih atas petunjuknya

Motivasi dan kabar berita said...

Mimin yg budiman, mau tanyak, aku inriyen motor vario150 new 2018. Di bawah KM 100 lgsg aku geber gaspoll tapi 2x perjalanan saja. Apa itu mempengaruhi mesin pada motor tsb. Thx admin

Risdiken said...

iya bisa pengaruh bro walau dikit. kalau gak merasa ada yang aneh berarti gak apa-apa tapi jangan di coba lagi ^_^