Tuesday, June 21, 2016

Batas maksimal ganti ban besar pada MX-King & Vixion plus ban mana yang cocok agar pas kelihatan lebih besar

 Bagi sahabat bikers penunggang motor MX-King / Vixion dan mau melebarkan ukuran bannya tanpa ganti velg berikut ini tipsnya memilih ban yang cocok untuk ganti ban yang sesuai, soalnya salah pilih ukuran sedikit saja gak tambah besar malah kelihatan kecil bannya (pengalaman saudaraku pemilik MX-King). untuk penggantian ban depan untuk Jupiter MX-King biar handling gak terlalu berubah saranku besarin sedikit dari ukuran aslinya yaitu cukup ukuran 80/90/17, bila lebih dari itu bisa tapi handling akan berat, apalagi buat manuver butuh extra tenaga dari biasanya buat belok. saudaraku pemilik jupiter MX-King soalnya pernah ganti ban lebih dari itu hasilnya seperti yang aku bilang barusan, makanya dibalikin ukuran 80/90/17 tadi.

untuk motor Vixion bila ganti ban belakang ukuran 120 terlalu mahal bisa di akal dengan beli ban 110 yang 110/60/-17 dipasng di velg orinya sudah terlihat besar seperti ukuran 120. ya kalau bisa sih mending tetap 120 tapi kalau kepepet bisa dicoba soalnya saat penggantian ban di toko ban banyak yang melakukannya dan ternyata pas terlihat seperti 120. bila ingin ban malah lebih besar ya tipsku satunya bisa di jadikan masukan. memang berapa sih lebar maksimal memasang ban belakang untuk Vixion dan MX-King tanpa ganti velg? jawabannya ya 150, tapi macem-macem ya ada yang 150/70/17 adan yang 150/60/17. kalau punya saudaraku memakai 150/60/17 karena bila yang memakai 150/70/17 katanya keliahtan jelek mendonat katanya. tapi itu selera masing-masing, terserah bikers milih yang mana.

kenapa gak 140 saja bro? ya kalau 140 mending 130 saja soalnya beda tipis, untuk lengkapnya baca disini saja. jadi karena itu mending langsung lompat ke ukuran 150. untuk ukuran 160 sudah gak bisa soalnya sudah pres arm bannya, dan selain itu juga velgnya kurang besar jadinya akan telihat kurang serasi. untuk urusan akselerasi ya jangan tanya ya, namanya saja ban dilebarin kerasa berat dari biasanya itu wajar hehehe. mungkin ini saja yang bisa aku share, kalau ada kekurangan dalam tulisanku / ada yang salah bisa dikasi tau lewat komentar. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

 gambar bisa dilihat dibawah ini


 ban terlalu besar bagian belakang sedangkan depannya kecil kan kelihatan janggal, jadi dibesarin dikit saja ukuran 80/90/17 jangan lebih dari itu karena handling akan beruba secara extreme.



Ban MX-King yang sudah ganti ukuran 150/60-17.

bisa sahabat bikers lihat gambar atas/bawah sudah mepet banget sama arm rodanya, jadi cukup yang 150 saja batas maksimalnya.

baca juga :
- Tips agar ban Jupiter MX-King yang sudah di besarkan ukurannya tidak lemot

61 comments:

Unknown said...

permisi gan mau nanya nih klo mengganti ban ukrn 150/60-17 buat mx king ada yg dirubah ngga ya spakbor dalem dan aram rodanya? soalnya sy sdh beli ban ukran 150/60-17.tapi blom sy pasang takut aram nya ngga muat dan mentok di spakbor dalem.sblumnya trimakasih gan untuk infonya.

Unknown said...

Bang mau tanya itu mx king pake spakboard kolong apa ya? Mohon bang informasinya keren spakboardnya bang

Risdiken said...

untuk bro Hadi : jangan takut bro, pas kok ban 150/60/17 soalnya di gambar kan ukuran seperti itu. pas 100% tapi memang mepet sih tapi masih pas tanpa ganti apapun.

untuk bro Rizal : itu memakai punya Byson tapi gak plug and play sih, tapi gampang masangnya di akal sendiri oleh saudaraku

Unknown said...

Saya punya motor mx king ban depannya mau di ganti ukuran 100/80 bisa nggak?

Unknown said...

ok trimakasih mas bro kini motor mx king 150 sy sdh pake ban blakang 150/60-17 dan ban depan80/90-17 lebih anteng di trek lurus apa lg di jln yg jerawatan alias bolong2 ngacir terus.trimakasih mas brooo

Risdiken said...

buat bro arfan : nanti aku tanya saudaraku bro, kalaupun bisa handling mungkin akan berkurang kelincahannya.

buat bro Hadi Putra : iya, sama-sama bro

Unknown said...

Bro, aku mau ganti ban biar nge donat dan gambot nih, mendingan 140/70 atau 150/60 yah bro? Tolong dibantu.. Trims

Risdiken said...

mohon maaf bro Fazli saya baru bales. kalau pengen terlihat gambot ya 150/60 seperti MX-King Saudaraku.

Risdiken said...

untuk bro Arfan maaf lama banget baru tanyakan hehehehe. kalau ban 100/80/17 di pasang kayaknya kurang cocok bro, malah kelihatan kecil seperti ukuran 80/90/17.

Unknown said...

Bro Kalo ban depan mx king diganti 90/80-17 bisa ga? atau 90/90 mentok ke spakbor ga ya?
mksh.

Risdiken said...

kalau 90/80-17 sepertinya bisa, kalau yang 90/90 gak bisa bro

Anonymous said...

kalo depan pakai 80/80 kira2 gimana ya?

Unknown said...

Gan kira-kira sampai berapa ratus gan

Unknown said...

Mau nanya juga bro, merk ban ukuran 150/60 yg digunakan saudaramu itu apa ya klo boleh tau. Soalnya kn ada merk yg bilangan ukurannya sama, tpi ukuran aslinya lebih besar atau bahkan lebih kecil. Terima kasih

Unknown said...

Sama juga, itu kn klo saya ukur jarak antara ban belakang sama yg samping kanannya itu (nggak tau namanya) itu cuman satu jari, sedangkan perbedaan antara ban 120/70 dn 150/60 itu sangat jauh. Bagaimana bisa bro? Ehehee

Risdiken said...

buat bro MIftah Al Farhan : ya ban micelin bro. ya aneh memang saat ban di pasang di velg, selisih banyak tapi kalau di ukur lagi setelah pasang cuma dikit selisihnya.

Anonymous said...

ban depan pakai 80/90 spakbornya gasruk gak bro?

Unknown said...

sy pake ban depan 80/90-17 aman mas bro sama sekali ngga nytuh sepak bort.dan ban blakang sy pake 150/60-17 awalnya sy jg ragu tapi mas bro risdi ken meyakinjan sy bawa ban 150/60-17 pas seperti ny digambar atas ahirnya sy pasang dan hasinya mantap, oya sy pake ban merek exato.SNI😀 depan blakang tentunya.trimakadih smoga bermanfaat.salam satu aspal biker mx king 150

Demas said...

Itu pake merk apa masbro ?

Hadian al chairaziz (8040140200) said...

Kira" ukuran 90/80 17 depan bisa gak ya, soalnya kata orang bengkel nya ga muat bakal gesek ke spakbor (mp76)

Hadian al chairaziz (8040140200) said...

Kalo ane sih blakang cukup battlax bt-39 uk 130/70

Risdiken said...

buat bro bodoamat46 : wah gak tau saya bro, kalau kira-kiraku kayaknya gak bisa. tapi aku lihat di google dulu ada yang bisa. entah itu di modif atau memng asli.

Unknown said...

Bang bro, sebelumnya makasih infonya. Klu IRC 80/90-17 sama ga ukurannya sama micelin ygbsitu pake?

dapuk said...

Bang mau nanya, kalo ban depan pake ukuran 80/80 bakalan mentok ke spakbor gaa yaa?? Makasih banggg

Unknown said...

kalo bisa ban belakangnya jangar terlalu besar bro, punya tmenku mxking ban blakangya di ganti yang lebih besar rantai nya dalam 2 thn udah putus 2x. mnding ban standar aj kawan...

Unknown said...

di sering turing jarak jauh n daerah pegunungan. jadi rantainya mkin gak mampu dengan ban seukuran ninja FI

Unknown said...

bnyak terima kasih infonya sangat bermanfaat bang salam satu aspal bang

Risdiken said...

Buat Bro Septianto Wirawan : wah kalau 2x putus dalam setahun parah itu bro berarti. apa di rawat rantainya, apa sekedar di pakai di biarin saja sampai kadang-kadang kkendor? untuk menyiasatinya bro bisa membesarkan ukuran gearnya plus ganti rantai. lengkapnay buka link ini bro : https://risdiken900.blogspot.co.id/2017/04/tips-agar-ban-jupiter-mx-king-yang.html

buat Bro Piece Gumilang : iya alhamdulillah bro bisa bermanfaat buat sampean dan sahabat bikers lainnya.

Risdiken said...

buat bro Daffa Putra : 80/80/17 maksudnya bro? kalau iya menurutku gak bisa bro velgnya kan besar. kalau pakai velg lebih kecil bisa bro. kalau depan bhisa, lebih lebar tapi akan terlihat lebih tipis

Unknown said...

numpang tanya bro, motor saya jupiter mx 135cc bro, misal saya mau ganti velg tapak lebar, dan ban besar skitar ukuran sama dengan yg diatas, pendapatnya gimana bro?

Risdiken said...

buat maschoy Ndury : ya gak masalah bro, kelihatan keren kok. tapi kalau begitu ya harus melakukan banyak ubahan gak langsung plug and play. selamat mencoba ya.

Unknown said...

kira kira apa aja bro yang diubah??

Rafly said...

Om kalo mau ganti velg mx king yg belakang pke ban 90/80 pke velg apa ya om..yg PnP aja

Kang DIKO said...

Maaf gan mau tanya, saya ganti ban depan MX King dengan Ukuran 90/80/17 masih gasruk ke spakbor, ada masukan untuk mengganti sepakbornya Kira-kira pake spakbor apa.?

Risdiken said...

Maaf Kang Diko baru balas. kalau menurut saya mending di tinggikan dudukan spakbornya bro. d bengkel bisa kok. nyari dudukan plat di bor lebih ke atas tempat bautnya jadi akan naik spakbornya jadinya. kalau nyari spakbor motor lain takutnya kebesaran. jadi ada baiknya konsultasi ke bengkel yang biasa ngakal body bro. rata-rata bisa bro bengkel rumahan. selamat mencoba ya semoga berhasil. sekali lagi mohon maaf telat.

Ary said...

Akang? Kasih tips dong, saya mau ninggiin shock belakang mx king?

Risdiken said...

ada dua cara bro :

1. di belikan ganjalan pada shock belakangnya. biasanya di bengkel mungkin ada part itu. jadi
ganjalan itu di taro di shocknya biar tinggi.

2. belikan shock aftermarket ada bro.

semoga membantu.

Unknown said...

Mas broo mau tanya, kalo ban depan di ganti ke 90/80-17 apa perlu pasang plat tambahan untuk menaikkan slebor?
apa tggl lsg pasang aja ban nya.
trims.

Unknown said...

Om bro aku mo tanya soal. Ane niat ganti Ganti ban mx king ke ukuran 2.50 depan 2.75 blakang. Ada saran ga pake velg racing motor/merk apa. Yg ga tralu banyak/ribet ubahan, asal bukan RCB,Axio atau jari2, yg kira2 dibawah 1 jt. Mohon saranya. Makasih..

Unknown said...

Om bro aku mo tanya soal. Ane niat ganti Ganti ban mx king ke ukuran 2.50 depan 2.75 blakang. Ada saran ga pake velg racing motor/merk apa. Yg ga tralu banyak/ribet ubahan, asal bukan RCB,Axio atau jari2, yg kira2 dibawah 1 jt. Mohon saranya. Makasih..

Rendy (cawank/jaktim)

Risdiken said...

untuk ukuran bannya saya gak ngerti bro, pakai bahasa sekarang saja misal 120/70/17 (standard, kalau 2.50 gak ngerti maksudnya hehehehehe. terus bahasa penulisan bro saya kurang ngerti mohon maaf ya. bisa tanya lagi saja di ig saya risdikrn900

Unknown said...

Hehehe iya maaf om. Bahasa jman skolah dulu. Mungkin sekarang biasa dikenal dengan ukuran 70/80 - 80/90-17.
Ukuran standar ban motor bebek semisal Jupi Z. Kmaren smpet nanya mx king pale velg racing. biar muat ukuran ban kaya gitu agak sulit. Ada tp bnyak ubahan. Paling gampang mang pakai velg RCB. Itu pun ga Pnp. Masih ada ubahan di bagian depan.

RIO said...

gan,kreta ane mx king 150,mw ganti ban depan 90/80-17 dan blakang 150/60-17 merk swallow,bisa masuk pa gak tu y gan,ke swing arm kenak pa gk y kira2,gmna pndpat agan(maaf y msih awam)

Risdiken said...

Bro Rendy, Mohon maafbanget baru balas dan saya kalau ban kecil kurang ngerti. mohon maaf bro ya.

Bro Rio untuk untuk ban depan gak bisa, bisanya 80/90-17 atau kalau pengen ceper 80/80-17.
sedankan ban belakang bisa ukuran itu.

Unknown said...

Bro, saya mau ganti ban blkg MXking pakai Pirelli AngelCity 140/70, kira² gesrek spakbornya ga ya? Apakah bakal mendonat atau ninggi nabrak spakbor? Mhn share nya suhu. Tks

Risdiken said...

Lebih baik 150/60 bro, kalau 140/70 kemungkinan meninggi kena spakbor. pengalaman sering lihat Vixion bannya seperti itu kurang besar ngotak, kurang mantap.

agus_saudi said...

Bos..bisa minta sarannya?ane skrg punya velg jari2 uk 2.15 dpn..2.50 blkg,untuk ukuran tsb sekiranya dpn pakai ban ukuran 100/70 blkg 150/60 bagus gak y?

agus_saudi said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Gan kta orang bengkel resmi gk msuk ban ukran 150/60 17 swallow,pdhal blom dcoba sma org tu

Unknown said...

klo pke ban besar d blakang,jgn lupa ganti gir blakang yg lbih besar.klo pke gir standar mx king,kasian buring/lahar as mesin,bakal goyang secara perlahan, apalagi klo pke motor nya kasar.
share pengalam pribadi.

Risdiken said...

Iya pasti di besarkan gearnya bro. Itu pakai gear R15 V2

Risdiken said...

Ini tipsnya pakai gear besar: https://risdiken900.blogspot.com/2017/04/tips-agar-ban-jupiter-mx-king-yang.html?m=1

Unknown said...

Bang itu ngerusak ga
Ke Gier ranteya kalo pake 150/60
Dan si abang merek apa tu ban ya

Unknown said...

Mas bro kalo ukuran ban 80/90 17 sama semua kan merk ban apa aja,,

Risdiken said...

Unknow 1 : gak ngerusak gear kok, cuma tentu tarikan jadi lemot bila gak di besarkan gearnya. selengkapnya besarkan gear yang pas : https://risdiken900.blogspot.com/2017/04/tips-agar-ban-jupiter-mx-king-yang.html?m=1

unknow 2 : beda merk beda ukuran walau di tulisan sama bro, pengalaman ngecek soalnya.

Anonymous said...

Bro kl depan kukasih 70/80 . Sedangkan belakang 120/60 . jadi lebih lincah ketmbang standar buat penggunaan harian di kawasan yg padat dan banyak tikungan?

Risdiken said...

kalau depan lebih baik 80/80 lebih enak buat nikung, kalau belakang standar gpp, kalau 120/60 ban jadi terlalu tipis, kuatirnya bisa kena vleg jalan gak enak. mending 130/70. maaf baru balas bro

TabaTebelet Cutting Hair said...

permisi gan mau nanya...mk king ban belakang dipasang ban ukuran120/80 bagus gak gan??

Beni said...

Velg standar mx king BELAKANG paling kecil size ban berapa om? Bisa pakai size 90?

Unknown said...

Maaf bro mau nanya, itu spakbor kolong pakai punya mtor apa ya, ko itu warnaya bisa pas banget gitu?

Anonymous said...

Mau nanya kk kalau ban ukuran 140/70/17 apakah masih keliatan bagus dan tidak mendonat ? Dan setiap merk ban itu berbeda2 dan ban apakah yg rekomend untuk di pake supaya tdk keliatan mendonat ?? Terima kasih sebelumx kk