Friday, June 23, 2017

situasi di mana motor sport di kalahkan matic

Dulu kan pernah di suatu postingku bahas matic kalahkan sport,  nah ini aku bahas sedikit teorinya bagaimana sport 150cc bisa kalah dari matic 125-150cc. Mungkin banyak yang gak percaya kalau matic bisa kalahkan sport, tapi nyatanya selama di jalan bisa kok. Dan tentu di jalan kan kondisi motor beda-beda, jadi tergantung kondisi motor dan ridernya. Kalau sama-sama standard kemungkinan besar tentu motor sport banyak menangnya, tapi di jalan kan gak selalu standard (kurang perawatan jadi performa down).  Jadi hal ini juga menentukan. vario 150 bisa ngejar CB150R G1, Vixion Lighting & old dan menyalipnya. Teorinya sport bisa kalah ada beberapa faktor. 

Pertama dari segi mesin kan sudah lama. Nah sudah lama itu kalau di rawat gak masalah,  tapi kalau kurang perawatan performa down gak heran bisa di salip matic apalagi sama-sama 150cc. Kedua rantai kendor juga akan ada penurunan performa. Bila di adu dengan matic yang sehat (rata-rata prima soalnya sudah banyak isi pertamax bahan bakarnya & selalu di rawat motornya plus sparepart awet) pasti sport kaget dapat di susul matic dan tersalip. Selain itu berat bikers berpengaruh. Bila pemakai motor sport badan besar dan berat sedangkan rider matic berat standard ya tentu motor sport keteteran karena sambil nahan beban berat. Kemudian faktor kebetulan. 

Bisa saja matic yang bisa ngalahin sport kebetulan dapat produksi paling bagus dan prima sehingga performa juga di atas rata-rata matic lainnya dengan jenis yang sama. Kemudian joki atau ridernya juga berpengaruh, kalau rider sport kurang berani sedangkan yang matic sebaliknya ya bisa menang kan maticnya. Jadi sport kalah dengan matic itu mungkin banget tapi tergantung situasi motor. Rata-rata sport kalah biasa karena ada masalah pada motornya walau gak besar tapi sudah bisa turunkan performa. Bila sehat banget akan sulit matic menyalipnya atau adu top speed. Jujur saja Vario 150 tembus 120km/h bisa banget tergantung ridernya dan perawatan motor,

 jadi potensinya ngalahin sport lumayan tinggal. Apalagi sport ban besar matic kecil padahal sama-sama 150cc. Walau di desain untuk kenyamanan berhubung transmisi otomatis dan biar gak berat saat macet rasanya ringan gas juga di bikin enteng, hasilnya kemungkinan menang lawan sport 150cc ada, apalagi N-MAX dan Aerox 155 yang plus VVA, Di tangan bikers yang lihat pastinya bisa banget nyalip motor sport 150cc. Sport kalah dengan matic bukan serta merta karena matic lebih baik tapi ada kondisinya. Ada pendapat? Silahkan di kolom komentar. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: