Saturday, June 10, 2017

Salah satu penyebab motor suaranya ngelitik

Dulu aku pernah bahas mesin motor yang ngelitik kan, kini aku kembali membahasnya tapi lebih mengarah ke penyebabnya. Dulu kan bahas buat tanjakan berat/tajam bunyi tuk tuk tuk. Buat boncengan beban berat juga seperti itu. Mintanya di gas rpm tinggi terus bila berat, di buat biasa bunyi keras sekali. Aku sampai kurang nyaman setiap mamakainya. Dulu setelah di service mulai hilang, kini karena motor untuk kerja yang pakai orang banyak bukan aku saja akhirnya bunyi itu mulai terdengar. Wah ini yang pakai kasar selain aku. Benar saja, setelah di pakai aku kebdarai jadi agak kasar mesinnya.

Makin lama makin gak enak. Akhirnya aku ganti oli saja deh biar terlalu kasar sebelum di service kembali. Saat di keluarin olinya aku kaget, masa oli 0,8 liter tinggal 0,5 liter kurang dikit. Berarti olinya menguap nih. Baru kali ini oli yang aku pakai menguap. Setelah itu aku isikan olinya dan setelah di isi ajaibnya bunyi tuk tuk tadi jadi hilang. Jadi aku punya pikiran bisa jadi bunyi tuk-tuk-tuk karena oli mulai asat. Iya kalau mesin ada yang merembes, ini gak ada yang merembes kok asat, aneh kan. Jadi salah satu penyebab bunyi tuk-tuk-tuk ada oli mulai asat. Bila bunyi seperti itu saat bawa beban berat segera cek olinya. 

Kemudian bila sudah di rawat dengan baik tapi masih bunyi bisa karena pemakaiannya kasar, motor di gas rpm penuh terus tanpa ampun. Biarpun oli rutin bunyi itu biasa tetap keluar. Jadi pakai motor bebek jangan terlalu sebentar belum terlalu tinggi sudah oper gigi dan juga jangan terlalu tinggi baru oper bisa terjadi bunyi tuk-tuk-tuk. Ya seperti yang aku bahas sebelumnya kalau jaman motor karbu dulu gak gitu, mungkin bukan karena motor injeksi kayaknya setelah aku pikir-pikir lagi. Bisa jadi karena kualitas material kurang bagus. Sahabat bikers sekalian ada yang ngalamin juga? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: