Tuesday, September 6, 2016

Rantai keteng/camrat motor jaman sekarang gampang bermasalah?

sebagai seorang bikers yang tiap hari memakai motor dan macem-macem motor aku mulai sensitif pada mesin motor. ngomong-ngomong motor aku pikir makin lama meman motor makin bagus desainnya tapi masalah kualitas bisa jadi gak makin bagus. aku berpikir begitu karena motor lama dan sekarang dengan pemakaian yang sama yang dulu juarang trobel. munculnya trobelpun biasanya lama banget sampai 4-5 tahun baru kerasa, kalau motor tahun-tahun sekarang ya 2 tahun saja sudah sakit-sakitan hehehehe. mungkin bagi bikers yang biasa saja asal jalan dan perawatan rutin ya gak begitu kerasa efeknya, tapi kalau seperti aku suka gas pool saat memungkinkan ya kerasa banget efeknya.

dari efek penuruan kualitas bisa kena macem-macem pada motor, ada yang kampas koplingnya lebih cepet habis dari motor dulu, ketahanan mesin juga menurun, rantai camrat juga gampang kena masalah (bunyi cek cek cek pada mesin). buatku rantai camrat ini yang sering trobel saat memakai macam-macam motor. biasanya sih aku memang gas pol dari kecepatan rendah langsung melesat ke kecepatan tinggi tanpa jeda dan itupun RPM tinggi-tinggi. setelah itu motor jadi bunya cek cek cek. aku sih gak mempermasalahkan, tapi kata saudaraku itu kena rantai camratnya. kalau gak salah bila terus di biarin akselerasi akan turun gak seperti biasanya tapi konsumsi bbm juga tambah lebih boros dari biasanya. 

selain itu kalau fatal bisa menjalar ke part mesin lainnya. kalau sekedar bunyi sih gak masalah kalau performa gak turun. kalau turun, bunyi motor jadi agak berisik dan bbm juga agak boros kan gak enak. aku paling gak senengnya bisa turnin performa. padahal di motor dulu punyaku Revo 2007 saja tak geber kayak gimanapun lari kencang tanpa masalah tanpa ada bunyi cek-cek-cek yang menandakan camratnya kuat. kalau yang sekarang terutama si supra x helm in punya adik yang aku pakai sudah kerasa bunyi cek cek ceknya. performa sih gak gitu ngaruh tapi bunyinya makin kerasa. motor matic katanya sih ada rantai ketengnya entah bener apa gak. 

aku sendiri juga kerasa pada motor matic si vario 150. gejalanya juga bunyi cek-cek-cek pada vario setelah aku geber kecepatan tinggi. ya kalau aku saja sih gak masalah, tapi saat itu aku sama ispar temanku. dengan berat yang bisa tembus lebih dari 140kg jadinya ada suara seperti cek cek cek pada motor bebek. ya bisa jadi itu camratnya. soalnya aku di jalan lurus ada vario 125 sok-sokan ya aku iseng aku ladenin. vario 125 sendirian sedangkan aku boncengan dengan berat yang over. ya aku ikut gas pol gak lama bisa menyalip. dengan berat segitu vario 150 bisa lari 110km/h bisa nambah. jelas vario 125 tertinggal jauh. tapi efek bunyi cek cek cek keluar >_<.

padahal dengan vario 125 generasi pertama dulu aku boncengan dengan adik yang beratnya sedikit lebih ringan jalan hampir 110km/h gak ada masalah sama sekali. apesnya R25 punyaku juga ada bunyi seperti itu walau gak parah, tapi aku takut kenapa-kenapa juga. mau ke bengkel juga lagi banyak kebutuhan jadinya ketunda terus. nah jadi bener dong kalau rantai camrat/rantai keteng pada motor jaman sekarang gampang bermasalah? kalau sih kerasa begitu, kalau sahabat bikers sekalian gimana? salam bikers salam persaudaran, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: