Wednesday, September 14, 2016

kalau bisa pakai helm yang kualitasnya bagus & Helm Full Face biar lebih aman di jalan





Naik Ninja 2 Tak tapi gak memakai helm full face sangat di sayangkan. 

Di jalan apalagi yang naik motor tentu helm di butuhkan bukan agar tidak di tangkap polisi tapi biar aman di jalan. nah helm ini kan macem-macem tergantung selera bikers mau yang full face atau biasa. dan harganya pun macam-macam tergantung merk dan kekuatannya. semakin mahal gak cuma semakin bagus tapi ketahanannya juga semakin kuat. aku dulu gak begitu suka yang full face. yang biasa saja sudah enak dan aman. tapi saat beli motor sport saudaraku menganjurkan kalau aku harus punya helm full face, apalagi kan sport 250cc jadi sangat di anjurkan. ya memang ada benarnya dia nganjurin begitu setelah memakai helm full face dan memakainya selama beberapa tahun, karena setelah memakai helm full face itu kebetulan aku pernah jatuh berkali-kali. 

akibat crash yang cukup parah sampai berguling-guling aku bak pembalap moto gp >_<

jatuhnya gak tanggung tanggung, dalam kecepatan 80km/h aku menabrak motor lain karena motor itu memotong jalan saat motor sudah dekat bagnet jaraknya, akibatnya akupun jatuh. aku jatuhnya gak main-main, dalam keadaan lari sekencang itu aku langsung dlosor berguling-guling dan tentu kepalaku juga ikut berputar-putar di atas aspal. kalau saja memakai helm biasa pasti kaca depan sudah pecah dan wajahku nyentuh aspal yang mengakibatkan wajahku bisa luka parah karena benturan & berputar di aspal cukup keras dan berkali-kali sampai terkahir keseret beberapa meter. berhubung pakai full face ya alhamdulillah aman. si pemotong jalan tau aku berguling-guling cukup parah di aspal langsung kabur gak bertanggung jawab.

kemudian saat touring pertama dengan Vario 150 juga begitu, dalam keadaan turun tanjakan tentu aku sambil ngerem. karena sambil nggerem kena lumpur di jalan menurun akupun dlosor lagi. aku jatuh dan kepalaku terseret di aspal cukup parah (penututran si ispar sahabatku di belakang). tapi syukur gak apa-apa. kalau helm biasa waduh cerita bisa berbeda. padahal jatuhnya cukup parah sampai kepala terseret di aspal bahkan berguling-guling tapi alhamdulillah gak ada luka di kepala 100% aman. iya itu karena memakai helm full face. kalau helm biasa gimana? tergantung helmnya juga, kalau yang bagus mungkin masih mending kalau jatuh gak sampai bagian depan nyentuh aspal masih aman. kalau yang abal-abal asal helm bisa terluka kepala.

beberapa minggu lalu entah di blog mas Ipan pertamax7 entah mbah Bonsai aku baca ibu dan anak boncengan gak tau kenapa tiba-tiba di temukan jatuh dan ditemukan darah di bagian wajahnya. dari posisi jatuh yang terlihat di gambar sepertinya ya jatuh biasa dan membentur aspal kepalanya, tapi kenapa sampai gak sadar dan mengelurakan darah ya? aku saja dulu kalau jatuh seperti itu pernah, malah yang aku ceritakan di atas lebih parah tapi kok gak apa-apa sedangkan ibu dana nak tadi langsung pingsan? dari analisaku mungkin memakai helm biasa itupun bukan yang bagus kayaknya, soalnya jatuh sedikit kepala sudah terluka. 

sama seperti temanku si yayak dulu saat kerja sempat kecelakaan, kepalanya yang sudah terlindung helm membentur aspal dan dia pingsan gegar otak ringan. helmnyapun retak, sudah kayak gitu dia masih nekat pakai helm itu lagi. jadi sama antara si ibu yang benceng anak dan yayak temanku jatuhnya dan sama-sama terluka sedangan aku alhamdulillah aman. selain 2 kejadian yang menimpa ibu dan anak & yayak tadi aku tau ada banyak kecelakaan yang melibatkan bikers memakai helm biasa dan terluka di bagian kepala lumayan parah bahkan ada yang cukup parah. jadi sudah bisa di simpulkan helm biasa apalagi yang abal-abal kualitasnya ya gak bisa maksimal menjaga kepala kita dari bahaya di jalan. 

jadi jangan motornya saja yang bagus, helm juga bagus seharusnya demi keamanan kita sendiri. motor boleh jelek/biasa saja tapi helm harus bagus agar lebih aman di jalan dari kejadian tak terduga. kalau motor bagus ya harus lebih bagus lagi helmnya. kalau duit pas-pasan gimana? ya bisa nabung dikit-dikit sampai cukup untuk beli yang bagus. tentu aku sangat menganjurkan full face helmnya karena aku sendiri selama memakai full face helmnya sangat terlindungi. memang semua kejadian Tuhan  yang ngatur tapi kalau gak usaha kan ya tetap saja bunuh diri namanya. jadi harus ada iktiarnya ^_^. salam biker salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

di bawah ini gambar helmku setelah melakukan perjalanan dari tahun 2012 sampai sekarang dan mengalami crash berkali-kali. semoga gak terjadi lagi 

 tuh kan parah banget helmnya. karena berkali-kali crash parah jadinya helm jadi jelek


 nah bagian kanan-kiris emua bnya goresan, termasuk kaca helm, cuma sudah aku ganti karena gak bisa lihat kacanya penuh goresan saat crash berguling-guling dulu.

 sampai banyak yang pecah begini, untung aku gak kenapa-kenapa. syukur pada Tuhan

sudah saatnya update nih helmnya hehehehehe

No comments: