Saturday, September 10, 2016

Idling stop system pada motor, seberapa perlukah untuk bikers?

Idling stop system yang biasanya ada motor matic seperti Vario pasti sudah banyak yang bahas di blog karena sudah dari dulu teknologi ini ada. nah kali ini aku jga membahasnya, mungkin isinya hampir sama dengan yang lainnya, cuma ini versiku berdasarkan pengalaman saat menggunakan motor Vario 150. untuk pertama memakai sih lumayan. kalau macet lumayan lama mesin mati dan saat mau jalan tinggal gas sudah nyala mesinnya. menurutku sendiri enak sih, tapi saat mesin mati ternyata lampu depan masih menyala. kalau sebentar sih gak apa-apa, kalau macet lama apa gak takut tekor akinya ya? mungkin tidak, kan pabrikan biasanya gak main-main kalau meriset motor, tapi ya jadi gak enak saja rasanya.

kemudian pada saat setelah service pertama kali kok jadi gak normal idling stopnya. kalau sudah jalan dengan jarak lumayan jauh baru bisa on. aku kira rusak, tapi kata teman-teman sesama pengguna motor ada idling stopnya juga begitu. malah ada yang bilang kalau dia tau seperti itu wajar dari mekanik service resminya. masalahnya kalau nunggu terlalu lama baru bisa aktif ISSnya kan jadi gak berguna. masa orang muter-muter bila gak terlalu jauh gak bisa nyala ISSnya soalnya harus jauh dulu biar ngisi (kayak aki saja)? kalau deket tapi macet gimana gak bisa nyala? kalau seperti itu kan sama saja gak pakai. mending gak usah saja sekalian.

terkadang gak terlalu jauh juga nyala saat kecepatan motor tinggi, jadi istilahnya ngecas dulu hehehehehe. kalau ISS seperti itu ya sebenarnya gak perlu teknologi seperti itu, sia-sia jadinya. tapi kalau seperti semestinya luamyan sih. kalau agg starter baru nih aku acungi jempol soalnya enak gak berisik saat nyalakan mesinnya. kalau agg starter beneran perlu dan sangat manfaat. anehnya Yamaha juga mau aplikasikan teknologi ISS ini pada motornya padahal menurutku kurang manfaat. kalau semestinya sih ya gak masalah kayak aku bilang barusan, tapi kalau kayak motor kompetitornya persis yang setelah service harus ngecas dulu baru bisa nyala ya rugi mending gak perlu, yang perlu di ikuti ya teknologi agg starternya. 

itu yang aku dan teman-teman pakai kan di motor Honda yang entry level, kalau sekelas PCX apa beda ya ISSnya? sahabat bikers sekalian gimana ISSnya? normal apa kayak aku butuh jalan lumayan lama dulu baru bisa on ISSnya? salam bikers salam persaudaran, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: