Tuesday, September 20, 2016

mengakal sendiri tempat isi air radiator R25 yang bocor

 air radiator mulai menetes secara tiba-tiba

Sebenarnya tempat isi air radiator agak bocor dulu setelah jatuh bodo di parkiran dekat rumah. setelah itu netes dikit demi sedikit tapi gak masalah. 1,5 tahun berlalu ya buktinya air radiator gak berkurang walau kadang ada tetesannya. nah setelah ada recall bulan lalu motorku kan aku ganti air radiatornya sekalian dan anehnya setelah beberapa minggu kok air radiatornya kosong blong padahal baru di isi. ya aku sih gak masalah aku isi lagi. kalau bocor kan kelihatan airnya menetes dan mengering di body mesin seperti gambar nomer 2. tapi itu gak ada rembesan/tetesan tapi air radiator habis >_<. ya aku sih gak ambil pusing, langsung saja isi kembali dan beberapa saat kemudian ternyata tetesannya makin banyak.

kemudian setelah aku biarin beberapa hari makin parah, air radiator memenuhi lantai rumah. ya apa boleh buat bongkar ringan nih. setelah di bongkar sedikit ketahuan penyakitnya. ternyata bagian masukin baut untuk penutup air radiator bocor (lihat gambar 1), jadinya air mengalir lewat situ. ya kalau gak parah seperti dulu sih gak masalah, lah ini memenuhi lantai terus bikin gak nyaman jadi bongkar seperti yang aku bilang barusan. ternyata sudah gak bisa di perbaiki, aku buka malah tambah besar bocornya jadi makin asat air radiatornya. parahnya bocor tempat air radiator makin menggila (lihat gambar nomor 2). akhirnya setelah makin parah dengan air radiator yang sedikit aku ke Sidoarjo kota unuk penggantian tempat isi air radiator. eh setelah dealer aku datangin gak ada satupun yang sedia malah di sarankan ke Surabaya.

ya aku sih gak masalah harus ke Surabaya, masalahnya air radiatornya hampir habis, takutnya di tengah jalan gak sampai dealer habis dan sampai di sanapun barang gak ada kan gak lucu. ya daripada dorong motor yang berat dengan jarak yang jauh aku pulang saja, kalaupun aku isi radiatornya juga mancur keluar lagi kan sia-sia saja. apalagi saat itu keadaan repot banget gak memungkinkan ke Surabaya segera, jadi harus putar otak nih daripada air radiator benar-benar kering 100%. rencananya telp dulu ke bengkel Surabaya tapi gak memungkinkan kesana jadinya di akal. aku tanya saudaraku dia punya ide.

ternyata cuma butuh mika transparan dan lem alteco dan di tempelin ke tempat air radiator yang bocor seperti gambar no 3. ternyata alteco yang cepat kering nempel di tempat isi air radiator gak bisa kering, ya bisa tapi lama banget. ya aku cuma bisa bersabar saja setelah kering coba aku lihat masih ngembes/bocor apa gak? karena terpaksa ya tempat baut yang satunya aku tutup total dengan lem, cuma yang satunya lagi aku biarin karena bocornya gak parah aku biarin baut tetap bisa msuk, cuma di lem bagian yang bocor saja. jadinya masih bisa di tutup krmbali setelah di lem.

ya setelah nunggu setengah hari akhirnya kering lemnya dan di isi air radiator lagi. beres juga akhirnya dengan cuma biaya beli lem alteco seharga Rp.5000 plus mika transparan tempat isi air raditornya normal. tapi ini buat sementara saja sambil pesan isi tempat air radiator di dealer yamaha terdekat. mungkin gak di ganti gak masalah tapi kan gak ada salahnya tetap di ganti kan cuma Rp.25000 saja tempat isi air radiator buat R25nya. itulah pengalamanku saat air radiator mengalami kebocoran. sahabat bikers sekalian ada yang ngalamin juga? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: