Wednesday, September 5, 2018

Ritual lama pada motor yang harus di tinggalkan, mari bahas bersama


Ada yang bikin Risdiken terglitik dengan ulasan di kompas karena ada yang Risdiken lihat sendiri beberapa orang yang Risdiken kenal ada yang berpendapat begitu dan ada pula yang melakukannya hehehe. Dulu mendiang saudaraku yang wafat bilang, alah mesin motor baru gak perlu lama-lama inreyen soalnya dari sananya sudah di bikin gak terlalu singset atau apalah, pokoknya dari pabrikan sudah di atur biar lebih praktis. Dan juga manasin motor gak perlu terlalu lama. 

Sebentar sudah cukup. Kemudian saudaraku yang satunya lagi malah termakan omongan orang kalau motor maticnya (Vario 150) gak di kick starter dulu berulang kali saat manasin nanti bisa gawat katanya. Ya Risdiken cukup tersenyum, gawat dari mana? Takut mesin rusak? Malah sebaliknya (baca di postingan kompas link di bawah ini). Takut mesin rusak gak rata olinya saat di panasin? Juga gak mungkin, nyatanya Vario series terbaru kick starter di  hilangkan. 

Aki soak? Risdiken hampir 3 tahun gak pakai kick starter aki baik-baik saja kok. Malahan kick starter sampai rusak gak pernah aku gunakan sama sekali tapi mesin masih normal badak hehehe. Bahkan Risdiken ngerti sendiri saat pertama Vario lama gak di nyalain (pagi hari) mesin seperti berputar kencang dan gak sampai 1 menit berdenyut normal. Nah kemungkinan saat itu sistem pada motor baru berfungsi. 

Setelah tugasnya selesai balik lagi normal bunyi motornya (Z800 kalau gak salah juga gitu tapi agak lama berhentinya).  Dan itu jadi membenarkan bahwa ritual kick starter berulang pada motor jaman sekarang gak berlaku lagi. Silahkan pendapatnya sahabat bikers sekalian. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

Link kompas click disini 

No comments: