Thursday, September 6, 2018

Beli moge baru? Siap-siap naik harga lagi!


Hufff sebagai seorang bikers mendengar berita seperti judul di atas bikin ngelus dada. Gimana gak ngelus dada, harga moge 500cc ke atas akan naik lagi! dulu jaman ER6N awal rilis masih Rp.90 jutaan kini sudah jadi Z650 sudah tembus Rp.160 jutaan karena pajak barang mewah. Mesin sama cuma ada dikit ubahan selisih naiknya cukur drastis makanya sekarang kawasaki jualan ini moge lumayan seret. Rentang harga segitu bisa dapat Z800! pastinya bikers lebih milih Z800 walau bekas karena sudah 4 silinder, lebih wah dan biasanya kan moge gak terlalu sering pakai jadi seperti baru. 

Lebih worted lah. Nah yang seperti ini saja sudah sesak lihat harga baru yang murah jadi mahal yang mahal lebih mahal lagi, eh malah di naikin lagi. Terakhir lihat ZX636 baru kini tembus Rp.299 juta entah spesial edition atau apalah yang tertinggi segitu. Dulu moge 600cc 4 silinder 200 jutaan kini mulai naik ke 300 jutaan tambah lagi entah naik berapa banyak lagi? Di luar harga segitu mungkin sudah dapat H2 sudah termasuk pajak, disini cuma 600cc hehehe. Katanya peminatnya cukup kecil jadi gak ada masalah toh yang beli semua orang mampu. 

What!!!! Itu ngawur, kalau gak terjun di dunia roda dua terutama moge gak bakal tau berapa banyak peminatnya. Risdiken kenal seseorang spesialis jual beli motor sport 250cc ke atas terutama moge, sering dia beli moge bekas di jual lagi dan terjual dengan cepat! makelar moge sampai lapis 2. Seumpama harga ZX6R 180 juta dari si penjual eh di jual makelar moge 220 juta itupun ternyata di makelari 2 orang. Gila banget kan jualan moge sampai berlapis-lapis makelarnya. 

Itu membuktikan pasar moge itu besar walau gak sebanyak motor di bawahnya. Hargai bekas juga merangkak naik tapi masih laris. Bisa beli baru jelas beda lagi pridenya. Apalagi bila beli baru secara leasing antara baru dan bekas selisih dikit angsurannya (tapi beda bank dan tertentu saja). jadi bila leasing malah baru lebih worted, sehingga yang beli baru tetap banyak walau bekas sudah menjamur dan lebih murah. 

Ya sebagian kecil sih kalau beli leasing, tapi tetap saja menambah angka penjualan yang baru hehehe. Jadi bila bilang sedikit itu jelas salah, bila di naikin lagi harganya jelas merana bikers yang beli baru. Memang terlihat yang beli orang tajir semua, tapi sebenarnya kelas menengah ada yang incar dan ngumpulin dengan susah payah, kalau naik pasti merana (hehehe ada yang mau beli Z900 tau begini bisa susah seseorang ntar sahabat tau sendiri). 

Kalau sudah separah ini bekas jelas naik juga, bahkan NP juga mulai ada tanda-tandanya. Bikers disini jadi harus lebih bersabar lagi bila ingin beli moge terutama baru bila uang pas-pasan. Selain motor, mobil mewah juga naik di atas 3000cc, selamat datang di kerjaan pajak hehehe. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

Video :



No comments: