Wednesday, September 5, 2018

Ganti oli di semprot udara gak aman? Ini pengalamanku


Nah beberapa orang pernah berpendapat kalau ganti oli jangan di semprot udara biar cepet turun olinya, kalau nekat berpotensi banget mengalami masalah. Nah benar apa gak sih Risdiken memang gak bisa pastikan, tapi Risdiken punya pengalaman mengenai ini. Jujur Risdiken lebih milih nurut pendapat di atas nyari amannya karena tentu takut kenapa-napa motor kesayangan. Jadi pas ganti oli sendiri tentu Risdiken biarin oli menetes sendiri sampai benar-benar habis jadi nunggu agak lama. 

Setelah itu baru deh tuangkan olinya ke mesin motor. Itu pas oli sendiri ya, Risdiken gak ambil resiko. Lah pas ruepot banget dan motor mau di pake urusan kerja ganti oli gak sempat mau gimana lagi ganti oli ke bengkel (resmi dan biasa). Nah di bengkel itu namanya rame kan ngejar cepatnya kan biar gak lama-lama konsumen nunggu, jadi jalan pintas saja di semprot angin biar langsung bersih. Baru setelah itu oli di tuangkan seperti biasanya (ngeri pas begitu hehehe). 

Ganti oli selesai beres bayarnya gas deh urusan kerja. Dan syukur motor gak apa-apa dan itupun berulang kali sampai bertahun-tahun gak ada masalah walau di semprot. Ingat ya pas gak sempat ganti sendiri, kalau sempat ya proses sendiri beres sesuai prosedur biar aman. Contoh motor yang sering terpaksa isi oli di bengkel si helm in dan Vario 150 ya seperti kataku tadi fine-fine saja. Walau begitu bukan berarti aku bilang salah kalau motor di semprot angin mesinnya berpotensi rusak. 
Buktinya ya kalau isi sendiri aku lakukan prosedur itu. Cuma karena terpaksa keadaan saja ke bengkel dan akhirnya di semprot. Jadi saranku kalau susah ganti sendiri jangan terlalu takut ke bengkel bila nanti di semprot biar olinya keluar, tapi jelas lebih baik lagi prosedur di atas di lakukan. Gak perlu terlalu kuatir.  Ini pendapatku saja ya, sahabat bikers sekalian punya pendapat lain? 

No comments: