Tuesday, September 18, 2018

Akhirnya Vario 150 jadi seperti baru lagi


Setelah 2,5 tahun lebih pemakaian si Vario ini, baru kemaren aku servis. Ya memang kalau aku pribadi motor gak rewel gak aku servis kan gak ada masalah. Cuma oli saja rutin dan bbm yang bagus sudah enak terus. Berhubung vanbelnya sudah geol-geol pas buat jalan agak menanjak dan di atas 100km/h juga kerasa ya ganti saja sekalian servis. Memang tarikan mulai loyo sebelum servis, oli telat dan vanbelnya sudah gak enak. Langsung mumpung ada waktu gelandang ke bengkel ahas terdekat. 

Vanbel dan part lain yang aku gak ngerti. 

Ya cukup kuat vanbelnya ya 41100 baru ganti tapi aman, bahkan aku kan kalau narik gas selalu joss san suka lewat tanjakan. Part lainnya juga fine-fine saja. Asli badak wkwkwkwkwkwk. Setelah servis ganti oli ternyata filter udara ganti, maklum belum di bersihkan sama sekali hehehe jadi sudah penuh dengan tabah, bukan debu lagi wkwkwkwkwkwk. Oke bersihkan semua, lampu mati di belakang di ganti, filter udara juga, vanbel dan part printilan lainnya. Servis lumayan lama Risdiken tinggal kerja. Agak siang sudah di anter oleh mekanik ke rumah langsung bayar hmmm lumayan nyaris Rp.400.000. 

Ada yang tau ini apa ya? Tapi sejak di ganti, bunyi anehnya hilang. 

Murah kalau di hitung gak servis 2,5 tahun langsung servis kena segitu, kita servis bulanan atau 2 bulanan saja minimal Rp.75.000 servis ringan kalikan saja 2 tahun pasti berjuta-juta hehehe. Cuma gak sampai Rp.400rb ganti part termasuk oli andalan dan oli gardan juga sudah rasanya kayak baru lagi, lari di atas 110km/h gk kerasa nyuus. Weh kemarin setelah 105km/h berat banget, lalu vanbelnya kerasa makin lama, kini nyuus ngejar motor lainnya 150cc bisa. 
Puas deh dengan motor ini, 2 tahun cuma Rp.400.000 gak sampai motor kayak baru. Bunyi nguk-nguk juga sudah hilang, lebih enak dari baru malah hehehe. 

 Filter udaranya sudah parah, pantes ganti memang wkwkwkwkwkwk. 

Ini sih bukan debu lagi, tanah nyangkut di filter udaranya, pantesan boros dan lumayan berat tarikannya hihihi. 

Ya alhamdulillah sih kalau begini, di genjot ekstrim buat kerja dan touring masih bandel. Perawatan ya gak ngawur murah meriah kalau segitu per 2 tahun. Oke seperti baru pas di naikin dan gas memang joss tapi tentu gak fit 100% seperti dulu kurang dikit karena bunyi kamrat atau rantai keteng masih kedengar menandakan mesin cuma di bersihkan saja gak di betulin rantai ketengnya. Jadi gak se joss dulu tapi jauh lebih baik dari sebelumnya. Yang pasti mantap lagi, jelas lebih irit karena filter udara baru, vanbelnya juga ganti plus printilan lainnya yang aku sebutkan tadi. Serasa naik motor baru dengan performa sekitar 85% dari saat baru, tapi top speed gak turun ternyata. 

Ya kalau akame beda cerita hehehe, perawatan lebih ekstra soalnya ini motor sport harus lebih hati-hati biar gak kenapa-napa. Vario series jelas percaya ketangguhannya sudah pakai dari jaman karbu dulu soalnya, jadi karakter dan ketahanannya sudah hafal. Perlu servis apa sekedar ganti oli atau gimana. Ya ini Risdiken pribadi ya bila rawat motor, sahabat sekalian mungkin berbeda-beda. Pokoknya oli jangan sampai telat dan air radiatornya, asli gak bagus nanti. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: