Saturday, March 11, 2017

Semua yang serba tradisional mulai di tinggalkan


Ya aku lihat-lihat belakangan ini semua ayng serba tradisional mulai di tinggalkan. mulai dari makanan tradisional, makanan dan lainnya. gambar di atas makanan khas Jawa namanya putu, dulu makanan ini populer banget, yang beli selalu antri dan ayng jualanpun banyak, tiap berkeliaran selalu penjual ayng beda tapi dengan rasa yang sama enaknya. sekarang tiap lewat jarang banget yang beli. es lilin, waaah jaman aku masih kecil ini suka banget, teman-teman dulu selalu beli. saat enak-enak bermain terdengar suara klinting-klinting orang jualan es lilin kadang berjalan/bawa sepeda pancal. anak-anak pada pulang minta ibunya uang buat beli es. yang jualanpun laris manis dulu, pastinya laku. sekarang, klinting-klinting eh gak satupun yang beli sekarang. keliling desa kini gak ada yang beli jadinya jualan ke pasar dan hanya duduk-duduk saja.

walaupun begitu nafas tua penjual es lilin gak menyerah dan terus berjuang. begitu juga mainan, dulu mainan mobil-mobilan dari kayu sudah menjadi mainan yang keren banget, aku saja pengen, sayang orang tua belum bisa belikan dulu. mainan dari kayu ini ada yang bentuk mobil/truck, kuda-kudaan, pistol dan lainnya. sangat populer dulu, dan kalau di pikir ramah lingkungan sekali kan dari kayu. satu lagi mainan bentuk ayam dengan 2 roda di dorong bunyi klitik-klitik masih ada yang jual ternyata. ya nasibnya mainan & makanan tradisional itu sudah beda. kalau mainan sekarang banyak mainan modern dari plastik, itu masih mending, yang paling di minati adalah tablet/smartphone. bayangkan anak masih kecil belum sekolah saja sudah pandai main game smartphone dan mengoprasikannya sangat lancar, apalagi kalau sudah besar pasti lebih dalam lagi mengerti tentang gadget.

makanya gak heran mainan tradisional di tingglakan, anak jaman sekarang sebagaian besar gak mau dengan mainan tradisional. ya di desa masih mungkin lumayan  banyak tapi tentu gak sebanyak dulu, mainan modern sudah menjangkau desa. begitu juga makanan, dulu makanan tradisonal sangat populer, sekarang sih iya, tapi tertentu saja gak semuanya. kebanyakan sudah kurang di minati, masyarakat sudah banyak yang suka makanan modern dan sebra instan. contoh fast food, mie instan dan berbagai jenis makanan baru yang makin di gemari. itu dari makanan dan dan mainan anak, belum lainnya temasuk kebudayaan ayng mulai terkikis jaman. ya kalau kebudayaan yang buruk sih harus di tinggalkan, tapi yang positif tentu harus di lestarikan sebagai warisan yang berharga,

entah sampai kapan hal-hal yang serba tradisional ini bertahan? jualan mainan tradisional kurang laku, bahkan hapir gak laku. makanan juga begitu yang sederhana juga sudah mulai di tinggalkan. apa tinggal nunggu waktu sampai benar-benar hilang sesuatu serba tradisional di sini?

No comments: