Saturday, March 25, 2017

gear di perbesar tapi top speed gak turun malah stabil, kok bisa ya?

Akhirnya saudaraku berhasil melakukan eksperimen memperbesar gear Blade 125 Fi agar di tanjakan tidak terlalu ngotot mesinnya. Nah setelah gear depan belakang di ganti dengan ukuran 46 yang belakang aku coba memang lebih responsif tarikannya. Kata orang sih top speed turun drastis bila di besarin jauh dari ukuran aslinyaarnya, tapi kata saudaraku cuma turun 5km/h pergear kecepatannya. Mendengar itu aku jadi pengen ubah si Supra Helm In di rumah kayak gitu saja biar kuat tanjakan curam walau boncengan. Tapi ya gak sekarang,  nunggu ada kesempatan dulu. Suatu ketik aku berksempatan mencoba langsung saat motorku kepakai semua. Aku meminjam untuk beli perlalatan kerja ke Sidoarjo.

Nah saat aku test memang tenaga lebih kerasa dari sebelum di besarkan gearnya. Aku juga mengira top speed jelas turun soalnya gear sudah lebih lebar. Dan gearnya memang bikin top speed turun dikit antara 2-3 kerasa cepet minta oper gear. Tapi saat masakin gear ke level 4 dan gas pool ternyata masih bisa tembus 100km/h top speednya padahal sudah di perbesar gearnya, malah 100km/h lebih dikit. Aku jadi kaget soalnya dulu gear normal lari 100km/h rasanya goyang-goyang motornya. Maksimal 95km/h buar gak goyang-goyang. Ya ini kan gak normal, motor bebek lain saja bisa 100km/h tanpa ada goyang-goyang seperti itu. Si Helm In saja gak masalah. Tapi kini setelah di besarin gearnya jadi ukuran 46 top speed gak turun malah lari 100km/h stabil. Benar-benar aneh tapi menguntungkan hehehe. 

Apa saja yang di ganti oleh saudaraku? 1. Gear ukuran 46 belakang milik GL series yang asesoris, yang asli gak ada yang jual di sini ukuran segitu jadinya ambil yang asesoris. 2. Gear depan juga punya GL ori. Kemudian rantai milik MegaPro yang di potong 1 biar pas. Setelah itu bagian gear belakang di bor beberapa bagian agar lebih pas saat di pasang dan gak gampang troubel/kena masalah. Langsung pasang bisa, tapi biar lebih bagus lagi tadi di bor buat bautnya. Tapi sayang belum sempat nyoba di tanjakan. Nanti kalau ada waktu aku coba seberapa kuat ini motor setelah di ganti gearnya saat menanjak tajam. Salam bikers salam persaudaraan apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: