Friday, March 17, 2017

sebenaranya lebih baik jangan remeh walau bawa motor dekat harus bawa helm


Kemarin saat ke warung soto bersama anak istri aku melihat kecelakaan secara langsung. kecelakaan sesama motor yang senggolan dan akhirnya jatuh. ya gak sekali aku melihat seperti itu, sering di depan mata sendiri di jalan yang sama. aku melihatnya ngeri, ya semoga gak terjadi padaku, sudah sering jatuh, kapok aku. ya penyebabnya macem-macem, ada yang zig-zag akhirnya nyenggol yang sebalahnya, ada yang dari lawan arah sama-sama terlalu ke tengah akhirnya tabrakan, dan termasuk menyebrang. karena kepadatan tingkat tinggi akhirnya jadi seperti itu, oriang ada yang kurang sabar jadi slintungan dan akibatnya bisa kecelakaan. ya untungnya kebanyakan yang aku lihat pakai helm, jadi masih aman. gak sedikit juga yang gak pakai helm yang berakibat bila luka pada kepala makin fatal. ya kalau masih gegar otak sih mendingan, kalau sampai meninggal di tempat kan ya parah sekali itu. nah kebanyakan masyarakat sini, termasuk aku juga kalau jaraknya dekat remeh gak pakai helm. ah cuma di sana saja beberapa ratus meter gak usah pakai helm. kadang ada yang bilang begitu, ya ada benarnya sih, kan dekat, tapi namanya kecelakaan mau dekat atau jauh kalau sudah terjadi ya sama saja gak ada yang beda, parah akibatnya.

 aku begitu karena tempat kecelakaan yang sering terjadi bukan di jalan raya, tapi di jalan desa yang lumayan lebar lokasinya dekat rumahku. ya kalau di situ rawan kecelakaan walau dekat gak bawa helm kan juga bahaya banget. memang biasanya kalau dekat pelan, tapi namanya apes kita gak tau, sering juga sudah pelan eh masih di tabrak juga oleh rider lain yang ngebut/kurang hati-hati. aslinya sih gak ada kompromi, dekat jauh harus pakai helm demi keselamatan bersama, tapi kayaknya gak mungkind deh itu terjadi ^_^ hehehe. pakai helm kan juga bagian dari iktiar, jadi sebenarnya gak ada salahnya jarak dekat tetap pakai helm. aku saja kemarin-kemarin hampir ketabrak ibu-ibu naik motor. ya tau sendiri ya sahabat bikers sekalian yang suka buka blog besar seperti om kobayogas, iwanbanaran, bonsaibiker atau blog lainnya, kalau ibu-ibu yang bawa motor sering bikin masalah walau gak semuanya begitu, tapi sering banget. bahkan aku juga hampir jadi korbannya. ceritanya saat habis pulang kerja aku pulang rumah saja, di tengah perjalanan ada ibu-ibu naik motor nyalain sein ke kiri ya sudah aku jalan saja, kan mau belok ibu-ibunya. dan ternyata aku hampir ketabrak eh ibu-ibunya malah marah! 

padahal yang salah kan dia, lurus kok sein nyala sebelah kiri yang menandakan mau belok. hmm bikin kesel saja, mau aku marahin keburu jauh. ya kebayang kan kalau ketabrak dan gak pakai helm bisa fatal bila ada crash seperti itu. pakai motor walau jaraknya dekat? jangan kompromi bro, kalau bisa pakai helm saja ya biar lebih aman & jangan lupa ber'doa juga ^_^. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: