Friday, March 31, 2017

Matic 180cc? bisa-bisa ngamplengin sport 150cc

akhir-akhir ini ada berita bahwa Suzuki siapkan lawan untuk N-Max yang laris kayak nasi goreng ini. dan yang bikin wah ya kubikasinya yang tembus 180cc dan di klaim lebih powerfull dari N-Max. nah kalau seperti ini ya bukan gak mungkin atau sudah pasti bisa ngamplengin motor sport 150cc. N-Max saja bisa lari 125km/h lebih, apalagi kalau suzuki beneran jual matic 180cc lebih powerful dari kompetitornya, bisa-bisa babak belur nih sport 150cc. kalau X-Max walau 250cc ini motor bukan untuk kencang, lebih ke kenyamanan, kegagahan, ekslusivitas dan tampil lebih baik. ke perofrma tentu gak akan sedahsyat sport 250cc kalau begitu. sedangkan maticnya suzuki kan dikatan lebih dari N-max segi performanya ya jelas bukan sekedar maxi scooter saja, tapi juga ke performa. ini baru mantap hehehehehe.

era motor sport 150cc bisa saja bergeser ke era maxi scooter yang berperforma prima, bukan sekedar maxi saja, tapi juga bisa mantap segi akselerasinya. hal ini sangat mungkin bila kita melihat ke masa pertama yamaha mempopulerkan matic lewat mio. selogannya saja "Mio, wanita jangan mau ketinggalan" tapi karena nyaman dan praktis pria juga suka, sampai akhirnya honda ikutan dan bikin matic yang imejnya bisa untuk semuanya. sejak saat itu motor bebek mulai tergerus penjualannya. padahal sampai banyak yang bilang dulu, cowok naik matic banci lo! dan ada sticker bertuliskan "cowok pakai matic? pakai rok saja!" tapi sekarang apa? semuanya suka matic karena lebih simple dan praktis. secara performa juga matic gak kalah, malah lebih unggul sekarang di bandingkan motor bebek (kecuali bebek super MX-King & Supra GTR).

Melihat seperti itu bukan gak mungkin hal yang sama terjadi pada motor sport 150cc. motor sport 150cc kan yang di cari performanya, kegagahannya tampilan jelas lebih dari motor bebek dan matic. tapi semenjak maxi scooter ada dan powerfull pula, peminatnya maxi scooter juga tinggi. gagah juga dapat bagaikan motor kelas mewah karena terlihat maxi dan desainnya tergolong baru di sini, performa berani di adu dengan motor sport, bikerspun harus mikir-mikir beli maxi scooter atau sport 150cc. sekarang kalau gagah sama-sama dapat, performa juga dapat, tapi salah satunya tunggangan lebih nyaman, pasti akan banyak yang milih yang ada nyamannya pula kan. memang kalau yang mencari kegagahan muscle bukan sensasi mewah akan memilih sport.

jadi bisa jadi nasib motor sport 150cc sama dengan motor bebek, tapi gak separah itu karena basisnya sudah bukan mengutamakan fungsionalitas dan ke praktisan, melainkan pasion. jadi akan tetap ada dan banyak motor sportnya (apalagi sport fairing pasti gak akan mati yang suka), tapi gak sebanyak dulu. kemungkinan seperti yang aku tulis di atas bisa banget terjadi bila melihat larisnya matic sekarang ini, tapi ya bikers sini kadang susah di tebak jadi gak semudah itu matic maxi mengeser motor sport. ada pendapat lain sahabat bikers sekalian? silahkan saja komentarnya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: