Monday, March 28, 2016

R25 motor andalanku buat tanjakan tajam berkali-kali ada efeknya

kemarin aku beneran merasa galau, itu karena saat menyalakan motorku baru beneran terdengan keras suara cek cek cek pada motorku ini. itu kemungkinan besar menandakan rantai camratnya bermasalah. hal itu terjadi karena aku buat tanjakan yang extrim dengan beban yang berat. aku sama adikku bisa tembus 130 kg lebih, itupun belum termasuk tas yang berisi kamera dan perlengkapan lainnya. karena itu gak heran bila rantai camrat/ketengnya bermasalah bila di gunakan menanjak tanjam. memang sih sudah setahun lebih, tapi jarak tempuh motor ini kan masih sedikit tapi rantai camratnya sudah kena masalah, sedih juga jadinya. mau ke bengkel lagi belum ada duit harus bersabar dulu >_<. yang bikin aku penasaran apa Ninja 250 2 silinder juga seperti itu?

sebenarnya saudaraku ingetin aku kalau sayang motor 2 silinder 250cc buat tanjakan apalagi boncengan. ya aku sendiri sering buat boncengan di tanjakan tajam tapi gak apa-apa jadi kurang aku hiraukan, aplagi buat tanjakan motor ini sangat terisi tenaganya. berhubung keseringan efeknya ternyata baru kerasa. jadi saranku buat biker pengguna motor 250cc 2 silinder (Ninja & R25) mending kalau boncengan dengan kedua orang memiliki berat yang extra mending jangan di buat tanjakan, takutnya akan ada efeknya seperti motorku ini. kalau beratnya 60+50/60+60 kurang lebih masih gak masalah, tapi di atas itu buat tanjakan wah gak jamin motor akan tetap normal. kalau normal ya bersyukulah berarti motornya kuat banget. 

satu lagi, saat naik ya jangan terlalu betot gas terlalu kencang, memang tenaga ngisi terus tapi tentu ada efeknya seperti motorku ini. kerasa ngisi terus di tanjakan tajam tenaganya aku betot keras makin kuat naiknya dan makin kencang tapi eh ada efeknya tadi T_T. kalau motornya memakai knalpot racing/brong pasti gak begitu kedengaran kalau rantai camratnya bermalah, jadi saranku kalau habis tanjakan begitu bawa ke bengkel buat di cek agar tidak menjalar kemana-mana kerusakannya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: