Monday, March 7, 2016

Beli kendaraannya bisa, bayar pajaknya gak bisa

Saat di jalan terkadang banyak mobil mewah berkeliaran dengan gagahnya. aku lihat wih asik juga ini mobil, kalau punya mantep nih. begitu juga pas moge lewat juga begitu, apalagi kedengaran suaranya yang meraung hehehe. nah saat aku iseng menghafal plat nomor kendaraan mewah itu aku cek berapa sih pajaknya? setelah aku cek di e-samsat tulisan nomor tidak ada/tidak cocok. lho kok gak ada? berarti mobil/motor itu memakai plat nomor palsu! kalau begitu bisa jadi itu motor/mobil bodong kok memakai plat palsu. atau mungkin mereka bisa belinya tapi gak mau bayar pajaknya karena terlalu tinggi. tapi gak semuanya begitu, sebagian ada yang asli plat nomornya.
 
ya sebenarnya kalau level bisa beli motor moge atau mobil mewah sekelas pajero/fortuner kan pengasilannya banyak, pajak segitu gak begitu berarti sih seharusnya. tapi ya belum tentu juga, bisa saja beli dengan sangat susah payah dan sampai kebeli. saat bayar pajaknya ya di biarin saja gak di bayar karena terlalu tinggi bagi mereka dan di kasi plat nomor palsu bila platnya sudah gak berlaku. jadi aku sempat heran mobil mewah/moge aku cek banyak yang bodong & plat palsu. hal itu dilakukan untuk mengakali pajak yang kelewat mahal walau bisa bayar enggan membayar karena hitungannya terlalu tinggi bagi mereka. ya untuk kelas fortuner tahun 2015 saja pajaknya Rp.6.000.000 lebih dikit, sedangkan moge Rp.4.000.000-8.000.000 tergantung jenis mogenya (cek di e-samsat motor/mobil yang lewat aku hafalin nomernya wkwkwkwkwk).

dan lagipula pertahun segitu kalau gak di bayar mungkin bagi mereka gak masalah, toh kalau ada pelanggaran di jalan kena polisi di sidang di tempat kena beberapa ratus ribu sudah bebas dan gak sering kan ketangkap jadi mungkin mereka berpikir lebih baik gak di bayar saja pajaknya. ya ini cuma pemikiranku saja, bisa saja berbeda karena setiap pemikiran orang kan beda-beda. beli kendaraannya bisa, bayar pajaknya gak bisa, banyak lho! hehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: