Wednesday, March 2, 2016

Moge di jalan memakai knalpot racing perlu asal bukan yang brong yang super berisik


judul di atas merupakan pendapat pribadiku saja yang ingin aku tulis. nah kenapa aku sampai menulis begitu? alasannya jelas, masyarakat disini terutama bikers masih banyak yang kurang ngerti tata cara menggunakan jalan yang benar. memang terlihat sepele tapi sebenarnya bisa terjadi kecelakan sewaktu-waktu bila tidak di patuhi. seumpama mau belok kanan/kiri saat di tengah tidak menyalakan sein, ini sangat fatal soalnya ketia tidak ada sinyal mau belok biasanya pemakai jalan di belakang kendaraan yang hendak belok itu mau menyalip bila di rasa kurang cepat, nah saat mau nyalip tiba-tiba yang mau di salip berbelok tanpa sein kan bisa terjadi kecelakaan.

tidak hanya itu, terkadang juga menyebrang atau mau kejalan raya tidak menoleh dulu ada kendaraan lewat atau gak. bila pengguna kendaraan yang lain sudah berada di jalur yang benar walau gak seberapa cepat bisa menabrak orang yang mau menyebrang karena yang mau menyebrang tanpa melihat dulu. makanya sering aku di jalan main klakson untuk beri peringatan agar gak meyebrang karena tanpa lihat langsung sikat. nah karena situasi seperti ini kan bisa berbahaya kalau sedang memakai moge, jadi menurutku perlu juga pakai kenalpot racing yang bunyinya lumayan kencang bukan tipe yang suaranya sangat kencang.

kalau yang terlalu kencang ya gak baik juga, polusi suara karena walau di dengar bak motor balap cuma tetap saja gak enak kalau terlalu kencang. memang ada yang kayak gitu? ada kok aku sering lihat moge pakai knalpot racing tapi gak terlalu kencang suaranya. jadi tujuannya bukan untuk arogansi ya, kalau untuk arogansi gak boleh, biasanya malah klakson di copot dan main bleyer/geber mesin dengan kencang agar pengguna jalan lain minggir. nah itu yang gak boleh karena arogan, sedangkan kalau knalpot racing yang gak terlalu brisik kan dari jauh sudah denger ada moge walau gak terlalu kencang suaranya jadi biasanya bikers/pengguna jalan lain respect dan minggir (bila gak arogan). apalagi yang mau nyebrang dan mau melakukan kesalahan di jalan mereka tahan dulu karena tau ada motor kencang lewat.

walau begitu bukan berarti aku membenarkan moge melaju kencang se'enaknya. motor apapun sebenarnya boleh saja melaju kencang asal keadaan/situasi memungkinkan seperti di jalan yang lurus dan gak ada belokan/tempat menyebrang semabrangan di jalan. kalau pengguna jalan pada sadar dan menggunakan jalan dengan benar, walau agak kencang kan gak msalah bagi bikers/pengendara mobil melaju dengan kecepatan luamyan tinggi dengan jalur yang benar. biasanya kan gak begitu, sudah pelan eh di tengah, mau ke kiri juga penuh kendraan yang pelan. kan kasian kalau kayak gitu, seharusnya bisa lebih cepat lewat jalur yang benar malah jadi lambat.

ya kalau mau pelan memang harus jalur kiri, biar yang melaju agak cepat bisa lewat jalur kanan dan sampai tujun tepat waktu sesuai perhitungan. jalan raya milik orang banyak gak ada yang terganggu walau dengan kecepatan berbeda bila melaju dengan kecepatan sesuai jalur, ya kan? aku terinspirasi nulis ini saat di jalan bertemu Z1000. saat itu aku memang salah di jalur kanan tapi pelan jadi ini moge kasi tau lewat suaranya. tapi karena gak terlalu kencang suaranya aku kira lawan arah mogenya mau lewat tapi ternyat di belakang. langsung aku gak sengaja minggir dikit wush lewat Z1000. wah asik juga ini moge, suaranya gak terlalu berisik walau racing tapi suaranya mantap. salam bikers salam persaudaraan  apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: