Tuesday, March 22, 2016

Mensyukuri motor yang kita punya sekarang

Manusia memang gak pernah puas, sudah punya malah ingin punya lagi yang lebih bagus. gak akan pernah merasa cukup selalu saja kurang. dari barang elektronik seperti handphone, camera DSLR, TV dan lainnya gak terkecuali mobil & motor. di akui tau tidak, saat kita uang pas-pasan punya motor bebek/matic saja sudah cukup. tapi saat ada uang lebih lagi pikiran akan berubah dan akan merasa kurang puas dengan motornya sekarang yang akhirnya berkeinginan membeli motor baru lagi. akupun juga begitu, sudah punya motor bebek 125cc malah pengen matic padahal ya ini motor sudah cukup enak buat kerja dan harian. pengen touring juga ada motor 250cc yang siap di bawa kemana saja.

karena gak pernah puas jadinya ingin terus dan terus. ada rejeki lebih banyak dikit nafsu beli motor baru terus menghantui. tapi aku berpikir selama yang sekarang di pakai masih enak dan memenuhi kebnutuhan transport ya kenapa harus ganti? nurutin motor baru gak ada habisnya, maknya sekarang bikers di bikin bingung mau beli motor A eh ternyata keluar motor B yang terbaru, mau beli yang B saja eh yang A mau keluar yang baru lagi lebih keren dan seterusnya. jadi gak akan pernah habis nurutin motor baru. kalau yang hoby gonta ganti motor dan jual rugi motor lama sih ya beda lagi ceritnya.

dulu punya Revo 100cc saja sudah seneng banget aku. sampai punya rejeki baru nambah lagi Supra X 125 karbu dan ganti terus tiap 2 tahun karena kurang enak dikit jual, padahal kalau di perbaiki dengan benar sudah enak lagi. ya hati senang-senang saja sih nurutin begitu tapi klau sekarang aku pikir lagi sama saja buang uang belain gengsi. makanya sekarang biarpun tentangga pada ganti motor matic vario 150cc dan motor-motor baru lainnya cuma sekedar pengen saja gak harus ikutan ganti motor baru. lah motor yang lama kan masih funggsi normal gak perlu beli lagi lah.

kemduian motor 250cc juga begitu, saat berita CBR250RR kelur dan sudaha ada prototypenya wih CBR mesin baru, power lebih oke, spesifikasi juga paling oke di kelasnya dan di renderan terkahir dari motoblast.com keren. seakan pengen beli lagi padahal sudah ada motor 250cc di rumah dan itu aja jarang pakai, cuma seminggu 2-3 kali saja. ya kalau nurutin begituan gak ada habisnya, ntar Ninja model baru keluar, R25 juga lalu Suzuki, lah gak ada habisnya kayak motor biasa yang selalu update terus gak ada matinya bikin kita para bikers ngiler terus hehehehe.


 jadi aku berpikir ya sudah bisa beli ini sangat beryukur banget, akan aku rawat sebaik mungkin motornya beli dari jerih payah selama ini. apalagi prinsipku sebagai serang biker ya loyal pada motornya. jadi ada motor barupun gak gentar tetap setia pada motor yang sekarang. kalaupun pengen beli baru yang lama gak di jual dan terus di rawat dan dipakai motor lamannya. contoh motor Revo 100cc generasi pertama di gambar atas. itu motor dari jaman masih sekolah dulu sampai sekarang ada gak di jual. di tawar orang gak aku kasi soalnya ini motor selalu menemani kemanapun aku pergi sampai-sampai jadi motor riwayat dari jaman susah. 


mari kita syukuri motor kita sekarang ini sahabat bikers sekalian, biarpun ingin beli lagi jangan terlalu memaksakan kalau gak benar-benar butuh banget. seperti yang aku bilang dulu nabung sedikit demi sedikit saja sampai terkumpul buat beli cash motor baru, daripada kredit dengan bungan yang sngat tinggi. memang gak kerasa kalau kredit tapi kalau bisa hemat kan enak bisa di pergunakan untuk keperluan lain, apalagi jaman sekarang kebutuhan makin banyak. istilahnya tukar tambah, motor lama di pakai sampai ada tambahan buat beli baru kemduian di jual buat tambahan baru deh bisa lega gak di kejar-kejar hutang.

bukan berarti aku bilang begitu kredit pilihan yang salah. tergantung situasi juga. ya bila kekepet butuh banget motor/mobil buat urusan kerja biar bisa jalan dan jalan satu satunya cuma kredit ya apa boleh buat. namanya juga kebutuhan mendesak urusan kerja, kalau gak kerja gak bisa makan, biarpun kredit tapi bisa menunjang urusan pekerjaan ya gak masalah. usaha lancar dapat duit sebagian di sisihkan untuk bayar kreditan tadi. kredit memang di butuhkan tapi bila gak terlalu butuh mending jangan deh, cash aja. apalagi motor selalu baru sedang asik nabung eh keluar motor baru kan enak dapatnya yang paling baru hehehehe. 

sahabat bikers sekalian gimana? merasa bersyukur dengan motor yang sekarang apa belum puas pengen yang lebih oke lagi? sudah cukup dan menysukurinnya ya bagus, pengen baru lagi gak masalah asal dari hasil jeri payah kita sendiri secara halal tapi jangan terlalu berlebihan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: