Wednesday, March 9, 2016

Pengalaman touring dengan motor matic

Memang orang gak boleh terlalu benci bila gak suka, seperti aku ini. dulu gak suka matic dengan segala alasan pokonya. kemudian suatu saat orang tua membeli motor matic 110cc yaitu Vario Techno generasi pertama. awalnya gak gak suka, tapi terkadang memakainya pas motor bebekku gak ada sedang di pakai. akhirnya aku mencoba motor matic dan ternyata nyaman banget dan akselerasi juga cepat O_O. lama kelaman aku jadi senang. tapi saat vario 110 aku gak pernah pakai touring. yang sering ya motor supra x 125. sampai kemudian si supra terjual buat tambahan beli motor CBR250R generasi pertama sehingga aku kalau touring dengan motor biasa ya dengan Revo 100cc generasi pertama.

sampai akhirnya keluargaku kembali beli motor matic 125cc Vario berpengapian injeksi yang pertama sebelum yang sekarang ini. nah ini motor langung aku pakai kerja jadi sudah bisa klop dengan motornya aku hehehehe. sudah hafal manuver dan kecepatannya jadi seakan terbang rasanya karena sangat stabil gak ada getarn/goyang plus nyaman bikin betah naik motor ini. karena sering lewat medan yang tidak begitu kenal aku enggan bawa si CBR setiap kali touring, jadi aku bawa paling 1-2 bulan sekali, sedangkan si Vario hampir setiap minggu aku bawa keluar touring. motor Vario 125 ini semakin sering aku pakai semenjak CBR aku jual buat tambahan beli mobil. 

ya sebenarnya aku lebih suka motor, tapi keluarga banyak yang pengen mobil kepaksa jual. heheh saat motorku di bawa yang beli perasaan sedih ada, good bye my partner. sejak terjual motor sportku, ini motor sudah jadi motor utama untuk touring karena gak ada motor lain. ada Revo 100cc sudah gak kuat buat touring karena jeroan sudah lemes, bahkan sudah diganti belum bisa kayak dulu karena buat bawa barang berat urusan kerja hehehehe. jadi vario 125 ini sangat aku andalkan saat touring. sudah sampai mana sja pokonya ini motor aku bawa. jadi meninggalkan banyak kesan sebenarnya motor vario 125 ini. bahkan sampai beli motor 250cc lagi tetap si vario aku sering pakai.

dari pengalamanku ini aku bisa simpulkan motor matic ternyata oke juga buat touring daripada motor bebek. pertama tempat duduknya lebih empuk, kedua performanya juga sangat tidak mengecewakan, ketiga buat tanjakan juga kuat. total berat antara aku dan temanku 120kg lebih buat tanjakan tajam dan curam tetap kuat. bahkan kalau sendiri lawan motor sport 150cc sekelas vixion/megapro ini bisa ngacir lebih cepat saat naik di tanjakan. buat touring jarak jauh juga gak capek, 176 km gak begitu lelah. padahal yang bawa motor sport yang biasanya adu kencang malah capek dan istirhat berkali-kali hehehe. 


nah beberapa orang bilang bahaya touring pakai matic soalnya kalau vanbellnya putus susah aplagi malam hari, kalau motor sport/bebek kan masih bisa di benerin sendiri kalau gak ada bengkel. menurutku gak sepenuhnya benar soalnya gak smua motor matic vanbellnya gampang putus. cuma beberapa merk saja. aku sudah buktikan dan beberapa teman yang bercerita tentang motornya gak ganti-ganti vanbell sampai 30.000 km gak putus walau sudah bener-bener gak enak hehehe. dan merk satuny malah sering, belum sampai 20.000 km sudah gampang putus (hehehe nyiksa nih puluhan km gak ganti). touring pakai matic jarak jauh ya aman dan nyaman saja, aku sendiri sudah buktikan, tapi sebelum touring jarak jauh perhatikan rem, ban dan olinya biar optimal buat perjalanan jarak jauh. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: