Thursday, March 17, 2016

Mengganti kampas rem

semua orang yang punya motor pasti pernah ganti kampas rem, begitu juga denganku. nah ternyata setelah mencoba-coba macem-macem kampas rem aku mencoba menulisnya. untuk bikers yang uang berkecukupan mungkin sudah pasti beli kampas rem yang ori, tapi tidak semuanya begitu karena terkadang uang sangat pas-pasan jadi beli yang merk bukan asli pabrikan motornya. tapi gak selalu bikers beli merk yang bukan asli pabrikan karena ngirit, terkadang mau beli yang asli tapi tidak tersedia jadi cuma jual yang gak ori akhirnya kepaksa memakai yang gak asli pabrikan merknya. atau malah juga sengaja di bilang gak ada sama penjualnya agar merk bukan asli pabrikan biar laku.

selain merk bukan asli pabrikn sebut saja after market kalau gak salah istilahnya juga ada part yang palsu. nah aku akan jelaskan mengenai kampar rem ini. kalau yang ori tentu kelebihannya lebih bagus kualitas kampas remnya. waktu pemakaiannya juga bisa di bilang lama bisa bertahun-tahun tergantung bikersnya juga. karena itu harga part ori terutama kampas rem agak sedikit mahal dari kampas rem yang merk after market. kalau kampas rem yang gak ori memang murah tapi kelemahannya cepat sekali habis kampas remnya. aku hitung antara kampas rem ori dan gak ori harga memang beda tapi keawetan jauh lebih awet yang ori.

tapi kelebihan kampas rem yang after market/gak ori ini entah cuma perasaan saja atau beneran kalau sudah luamyan lama makin pakem pengeremannya daripada yang ori. jadi kerasa bedanya, cuma itu kelebihannya. kalau kelemahannya ya itu tadi cepet banget habis, apalagi buat jalan turun dari tanjakan buat ngerem terus menerus pasti cepet banget habis. kalau curam tanjakannya dan ngeremnya juga extra bisa-bisa 2 kali naik turun gunung sudah habis (pengalamanku). kalau di pakai di jalan biasa gak sampai setahun habis. padahal kalau memakai yang ori gak habis-habis bisa sampai 2 tahun tergantung yang memakai tadi.

kalau kampas merk ori tapi sebenarnya palsu ini yang patut di waspadai, karena harganya sama dengan yang ori tapi kualitas sama dengan yang merk gak ori. bahkan bisa-bisa lebih parah yang palsu. sayangnya aku gak bisa bedain, jadi aku ke bengkel resmi motor ganti kampas rem kalau di rasa cepet habsi dan rasanya beda gak kayak kampas rem biasanya berarti palsu dan aku gak balik ke bengkel itu, nyari bengkel resmi lain yang menjul beneran asli partnya. ya ini ceritaku, sampai akhirnya ada bengkel resi besar walau antri lama setelah pasang ternyata asli soalnya aku test di gunung bolak balik gak habis-habis, kalau yang palsu 2X saja habis seperti yang aku bilang tadi.

jadi saranku kalau mau lebih awet yang tentu memakai yang ori, pasti ketahanan kampas lebih lama habisnya, dengan harga agak mahal dikit tapi keawetan selisih jauh jadi sangat rekomendasi. bukan berarti yang gak merk asli pabrikan gak bagus, mungkin saja ada yang jual dengan kaulitas lebih bagus. kemudian yang cepat habis tadi ada sisih lebihnya yaitu pengereman jadi lebih pakem entah kenapa bisa begitu. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: