Friday, March 18, 2016

Bagaimana peluang CBR250RR menumbangkan Ninja 250FI?

Sebentar lagi CBR 250RR akan keluar, paling tidak akhir tahun. mungkin banyak bikers yang penasaran bahkan ada yang pengen beli nabung dari kemarin-kemarin. dari segi desain, spesifikasi mesin dan fitur memng sangat wah. kemudian part yang di gunakan juga part yang biasa di pake moge. lalu bagaimana peluang CBR 250RR ini menumbangkan Ninja setelah R25 gagal? analisaku mengatakan masih sulit walau dengan desain, spesifikasi lebih unggul. kenapa bisa begitu? 

1. Harga motor yang bisa di bilang lebih mahal dari kompetitor walau spesifikasi memang unggul. barusan baca iwanbanaran.com katanya diusahakan di bawah Rp. 70 juta. yah kalau Ninja dapat versi ABS sedangkan CBR250RR versi biasa, apalagi statusnya motor lokal harga segitu, walau spesifikasi mumpuni tetap saja kemahalan hitungannya. kawasaki pasang harga segitu kan karena impor (dulu, sekarang kayaknya sudah lokal dari berita tmcblog.com tapi harga tetap gak turun. curang nih kawasaki hehehehe). 

2. Desain baru & spesifikasi paling oke tapi juga jadi paling ketinggalan kelak. gak cuma Ninja, R25 juga gak bisa di remehkan. harganya kan di bawah keduanya. memang sekarang seperti tidak bertaji si tsunami R25, tapi sebentar lagi usianya menginjak 2 tahun dan bisa saja hal ini menjadi moment buat Yamaha rilis R25 versi 2. seperti CBR150R yang belum genap 2 tahun sudah rilis versi baru. dengan harga paling murah tapi dapat penyempurnaan (segi desain, spesifikasi & fitur) karena sudah lihat kekuatan kompetior bisa saja ini akan menjadi serangan yang mematikan dari yamaha. 

apalagi kawasaki malah sudah lama gak ganti model, saat ganti model tentu bisa sangat mungkin lebih keren dari CBR250RR. dari jauh hari kayaknya sudah sangat siap jadi tinggal nunggu waktu. kalau desain lama dirasa kurang keren bisa saja di revisi dengan yang lebih mantap dan mesin tentu sudah sangat siap dari dulu. antara kawasaki & yamaha pastinya gak update desain body saja, tentu juga spesifikasi seperti CBR250RR. kalau sudah beigtu bisa-bisa CBR250RR akan bernasib seperti Sonic 150R yang laku di awal kemudian Satria FI keluar penjulanannya merosot drastis.

gak semudah itu rebut tahta dari Ninja, apalagi nama Ninja sudah besar. belum lagi Yamaha & Kawasaki bisa saja menyerang balik dengan merilis generasi baru motor 250cc seperti yang aku jelaskan di atas. apalagi Suzuki juga akan bersiap rilis motor 250cc juga. persaingan sangat ketat jadi menurutku peluang paling memungkinkan yaitu harganya di bikin semurah mungkin walau dengan kualitas unggulan. soalnya disini honda gak perlu laba banyak-banyak toh sudah ada motor matic yang menyokong penghasilan honda sebgian besar jadi ini motor 250cc buat flagship saja. 

flagship kalau laris kan malah bagus imagenya makin tinggi, jadi di kedepannya akan bagus buat honda sendiri. sepeti Vixion & Ninja imagenya sudah besar di mata bikers jadi tidak mudah di geser walau ada motor lain yang lebih keren/superior. jadi ini harus benar-benar di pikirkan sebelum terlambat. kalau terlalu pede bisa-bisa cuma akan jadi bulan-bulanan motor lain. contohnya ada pada saudaranya si sonic yang drop penjualannya akibat satria FI keluar lebih superior. kalau masih bersikeras harga tinggi seperti mogenya ya jangan harap bisa melampaui kawasaki, boro boro melampaui malah di kilas juga bisa. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: